Sukses

7 Jurus agar Lansia Selalu Sehat

Meski sudah renta, lansia bisa tetap hidup dengan sehat dan bahagia di hari tua dengan melakukan tips ini.

Klikdokter.com, Jakarta Memasuki masa lanjut usia (lansia), kondisi tubuh biasanya sudah tidak prima seperti dahulu. Perubahan demi perubahan mulai muncul seiring usia yang terus bertambah, terutama kondisi kesehatan. Meski begitu, bukan berarti lansia tidak bisa kembali sehat dan menikmati kehidupan seperti dahulu, lo!

Berikut adalah tips yang bisa dilakukan agar lansia selalu sehat dan dapat menikmati kehidupan yang berkualitas di hari tua:

1. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Dilansir Senior for health, cara pertama yang bisa dilakukan agar memiliki tubuh yang sehat meski sudah lansia adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Apabila pola makan sehat seperti ini diimbangi dengan olahraga teratur, risiko terjadinya obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes tipe 2, serta osteoporosis bisa diminimalkan.

Karena itu, makanan cepat saji harus dihindari. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan kaya vitamin, mineral, serat, dan rendah lemak maupun kolesterol seperti sayur atau buah-buahan.

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan setiap hari juga bisa membuat tubuh tetap sehat meski sudah lansia. Air putih, jus buah atau sayuran tanpa tambahan gula adalah jenis minuman yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan cairan ini.

Fakta menyebutkan bahwa mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari turut membantu organ-organ penting untuk berfungsi dengan maksimal. Hal ini turut menekan risiko terjadinya beragam masalah kesehatan.

3. Menghindari rokok

Berhenti merokok merupakan langkah penting yang harus Anda ambil untuk meningkatkan kesehatan di hari tua. Seperti diketahui, rokok merupakan “mesin pembunuh” yang bisa secara instan menyebabkan terjadinya kanker, stroke dan gagal jantung. Merokok juga dipercaya bisa menyebabkan disfungsi ereksi pada pria lansia. 

4. Durasi tidur yang cukup

Seiring usia yang bertambah, keluhan tentang komplikasi tidur akan semakin tinggi. Komplikasi-komplikasi ini termasuk dengan keluhan insomnia, sering terbangun di malam hari, dan sering merasa mengantuk pada siang hari.

Guna menghindari terjadinya gangguan kesehatan, kembangkanlah kebiasaan tidur sehat yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas setiap malam. Caranya, pastikan kamar tidur Anda memiliki suhu yang sejuk dengan pencahayaan yang redup. Jika takut dengan kegelapan, Anda bisa menggunakan lampu meja sebagai sumber pencahayaan. Selain itu, mendengarkan musik lembut dan mandi air hangat sebelum tidur juga bisa membantu Anda tidur lebih pulas dan nyenyak di malam hari. 

5. Jaga berat badan tetap ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor risiko dari sejumlah penyakit berbahaya, seperti diabetes, penyakit jantung dan hipertensi. Oleh karena itu, agar hari tua tidak terganggu dengan penyakit-penyakit tersebut, Anda mesti mampu menurunkan berat badan ke rentang ideal.

Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah berolahraga secara rutin dan sesuai kemampuan. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi porsi kalori agar kelebihan berat badan bisa benar-benar teratasi.

6. Kontrol ke dokter secara rutin

Seiring usia, risiko terjadinya masalah kesehatan semakin meningkat. Oleh karena itu, lansia dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter agar dapat dilakukan deteksi dan pengobatan sedini mungkin jika terdapat masalah kesehatan tertentu.

7. Kelola stres dengan baik

Cobalah untuk mengendalikan stres dengan olahraga atau melakukan relaksasi. Anda juga bisa menyisihkan waktu untuk tetap aktif secara sosial dengan keluarga dan teman-teman di komunitas, agar pikiran tidak terlalu tertekan akan hal-hal yang tidak seharusnya dipikirkan berlebihan. Mengelola stres dengan baik dapat memberikan beragam manfaat baik untuk kondisi mental dan kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

Memiliki tubuh sehat dan kehidupan yang bahagia meski sudah lansia bukanlah angan-angan belaka. Dengan tips di atas, diharapkan Anda bisa mencapai itu semua. Namun, apabila Anda adalah lansia yang sudah telanjur mengalami penurunan kondisi kesehatan, jangan tunda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sebaik-baiknya.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar