THT

Telinga Berdenging Bisa Diatasi dengan Obat Tetes Telinga?

dr. Karin Wiradarma, M.Gizi, Sp.GK, 21 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Telinga berdenging bisa sangat mengganggu pendengaran. Apakah kondisi ini boleh diatasi dengan obat tetes telinga?

Telinga Berdenging Bisa Diatasi dengan Obat Tetes Telinga?

Tiada angin maupun hujan, mendadak kamu mendengar suara “ngiiingg…” di telinga. Suara berdenging tersebut tidak berasal dari luar. Denging seakan muncul dari dalam kepala. 

Dalam medis, telinga berdenging disebut sebagai tinitus. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam faktor, seperti kerusakan pada telinga bagian dalam, penumpukan kotoran di telinga, gangguan saraf, hingga efek samping obat-obatan tertentu.

Apapun penyebabnya, telinga berdenging sangatlah mengganggu. Kamu mungkin berpikir untuk segera mengatasinya pakai obat tetes telinga dengan harapan bisa menghilangkan keluhan secara langsung. Apakah penggunaan obat tetes untuk telinga berdenging efektif?

Kondisi Telinga Berdenging yang Bisa Diatasi dengan Obat Tetes

Cara Mengatasi Telinga Berdengung yang Terbukti Efektif

Perlu diketahui, tidak semua masalah telinga berdenging bisa diatasi dengan obat tetes telinga. Pengobatan paling tepat harus disesuaikan dengan penyebab yang mendasari timbulnya keluhan.

Obat tetes telinga dapat diberikan jika telinga berdengung disebabkan oleh kotoran yang menumpuk. Pasalnya, obat tetes untuk telinga sakit dan berdengung bisa melunakkan kotoran sehingga kotoran bisa lebih mudah dikeluarkan. Pada akhirnya, denging di telinga bisa dihentikan. 

Artikel lainnya: Waspada, Ini Bahaya Telinga Berdenging

Obat Tetes Telinga Tidak Efektif untuk Kondisi Ini

Jenis-jenis Obat Tetes Telinga dan Cara Menggunakannya

Pada beberapa kasus, obat tetes untuk telinga berdenging tidak boleh digunakan. Alih-alih menyembuhkan, obat justru dapat menambah keparahan. 

Contohnya, ketika telinga berdenging disertai rasa nyeri hebat dan perdarahan dari telinga, sebaiknya hindari penggunaan obat tetes telinga.

Telinga berdenging disertai nyeri hebat dan keluar darah menandakan ada kerusakan pada telinga bagian dalam. Pada kondisi ini, gendang telinga mungkin bermasalah. Pemberian obat tetes telinga justru bisa memperparah kondisi karena cairan masuk ke telinga bagian dalam.

Lantas, bagaimana jika telinga berdenging akibat gangguan saraf? Penggunaan obat tetes telinga untuk masalah saraf sebenarnya tidak berbahaya. Namun, pemberian obat tidak dapat memberikan manfaat yang nyata sehingga sia-sia saja digunakan.

Begitu pula dengan kasus telinga berdenging akibat efek samping obat tertentu. Kamu boleh saja menggunakan obat tetes telinga, tetapi pengobatan yang dilakukan tidak efektif sehingga tidak memberikan hasil yang diharapkan.

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Telinga Berdengung yang Terbukti Efektif

Kesimpulan yang bisa ditarik, obat tetes telinga hanya cocok untuk mengatasi telinga berdenging akibat adanya sumbatan kotoran. Di luar itu, obat jenis ini tidak memberikan manfaat.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, #JagaSehatmu dengan berkonsultasi kepada dokter spesialis THT apabila mengalami telinga berdenging atau tinitus. Hindari langsung menggunakan obat tetes telinga, karena penggunaan obat secara tidak tepat justru bisa memperparah kondisi yang kamu alami.

Konsultasi dengan dokter THT juga bisa lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Unduh aplikasinya untuk tahu informasi lengkap dan terpercaya seputar kesehatan terkini. 

(ADT/JKT)

Tinitus