Sukses

Perawatan Gigi yang Bisa Anda Lakukan Sendiri di Rumah

Merawat gigi tidak melulu harus ke dokter gigi, karena ada beberapa hal yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut cara merawat gigi di rumah.

Merawat gigi dan mulut secara rutin adalah cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus ke dokter gigi setiap hari untuk melakukan perawatan tersebut.

Untuk membantu dalam mewujudkannya, ada beberapa cara merawat gigi di rumah yang bisa dilakukan sendiri. Anda dapat memulainya dengan rutinitas harian yang sederhana, seperti: 

1. Menyikat Gigi

Menyikat gigi secara teratur adalah cara merawat gigi di rumah yang paling mudah untuk mendapatkan gigi yang bersih serta sehat.

Dengan melakukan rutinitas tersebut dua kali sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur, maka plak dan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi akan dapat dihilangkan.

Artikel Lainnya: Perlukah Gigi Berlubang Dirawat di Dokter Gigi?

1 dari 4 halaman

2. Gunakan Peralatan yang Tepat

Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan ujung sikat yang mengecil, agar sikat gigi dapat mencakup seluruh permukaan hingga ke belakang. Jangan lupa pula, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi tetap kuat dan sehat.

3. Lakukan Dental Floss

Salah satu cara merawat gigi di rumah adalah dengan melakukan dental floss. Perlu diketahui, membersihkan sela-sela gigi tidak bisa dengan bulu sikat saja. Gunakan juga dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi. Lakukanlah rutinitas ini minimal satu kali sehari.

4. Menyikat Lidah

Menyikat bagian lidah tidak boleh Anda lupakan. Hal ini membantu meminimalkan jumlah bakteri di mulut. Pastikan Anda menyikat lidah setiap hari setelah menyikat gigi.

5. Menggunakan Obat Kumur

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride.

Meski menggunakan obat kumur dapat mencegah penyakit gusi dan mengurangi jumlah plak pada gigi, serta menghilangkan sisa makanan, namun cara ini tidak dapat dilakukan sebagai pengganti menyikat gigi dan flossing.

Artikel Lainnya: Catat! Ini 4 Kebiasaan yang Pengaruhi Kesehatan Gigi

2 dari 4 halaman

6. Hindari Konsumsi Asupan Manis Secara Berlebihan

Menurut National Institutes of Health, kerusakan gigi adalah penyakit kronis paling umum pada anak-anak maupun dewasa. Makanan atau minuman yang manis adalah salah satu penyebab utamanya.

Gula dikonsumsi oleh bakteri di dalam mulut yang kemudian melepaskan asam dan menyerang gigi, sehingga menyebabkan kerusakan atau gigi berlubang. Oleh karena itu, perawatan gigi yang juga perlu dilakukan adalah minum air setelah mengonsumsi makanan manis dan batasi pula konsumsinya.

7. Jauhi Kebiasaan Buruk 

Beberapa kebiasaan buruk, seperti merokok, mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebih, menggigit-gigit suatu benda atau kuku dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya masalah pada gigi dan gusi. Karenanya, segera hentikan jika Anda memiliki kebiasaan tersebut. 

8. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa fluoride tidak hanya efektif mencegah gigi berlubang, tetapi juga dapat memperbaiki enamel gigi. Fluor adalah elemen alami yang sangat aman bila digunakan sesuai petunjuk. 

Artikel Lainnya: Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Pemutih, Efektifkah? 

3 dari 4 halaman

9. Minum Air yang Cukup

Mulut yang kering dapat meningkatkan akumulasi plak serta kerusakan gigi dan penyakit gusi. Hal ini bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, alkohol, kafein dan beberapa efek dari obat. Oleh karena itu, untuk menjaga kelembapan mulut, sangat penting untuk memperbanyak konsumsi air putih.

10. Konsumsi Makanan yang Sehat 

Cara merawat gigi di rumah yang tidak kalah penting adalah menjaga pola makan guna menciptakan kesehatan gigi dan gusi yang optimal. Perbanyaklah makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan agar gigi tetap sehat dan kuat.

Itulah beberapa cara merawat gigi di rumah yang sederhana dan dapat Anda lakukan sendiri. Namun, jangan lupa untuk tetap menjadwalkan kunjungan ke dokter gigi secara rutin minimal enam bulan sekali. Dengan begitu, munculnya penyakit gigi dan gusi dapat dideteksi sedini mungkin sehingga bisa diatasi dengan tepat.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai masalah gigi dan mulut melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[FY]

1 Komentar