Sukses

Perawatan Gigi yang Bisa Anda Lakukan Sendiri di Rumah

Ada beberapa perawatan gigi dan mulut yang selain bisa dilakukan dokter gigi, juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Apa saja itu?

Klikdokter.com, Jakarta Perawatan gigi dan mulut secara rutin adalah cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus ke dokter gigi setiap hari untuk melakukan perawatan. Sebab, ada beberapa perawatan gigi dan mulut yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Meski begitu, tetap saja tidak sedikit orang yang menyepelekan perawatan gigi dan mulut. Bahkan, ketika tanda-tanda kerusakan pada gigi atau penyakit gusi sudah mulai muncul.

Padahal, adanya penyakit gusi, apalagi yang tidak ditindak dengan baik, dapat menyebabkan gigi menjadi goyang dan lepas. Jika kondisi ini dibiarkan akan mudah memengaruhi kesehatan tubuh.

Perawatan gigi dan mulut di rumah

Untuk mencegah munculnya kerusakan gigi dan penyakit gusi, ada beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, bahkan kalau bisa lakukan semuanya secara rutin setiap hari. Beberapa cara tersebut, yaitu:

1. Menyikat gigi

Dengan menyikat gigi secara teratur, minimal 2 kali sehari, maka plak dan sisi makanan yang menempel di permukaan gigi akan dapat dihilangkan.

Pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut. Selain itu, gunakan juga pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menjaga agar gigi tetap kuat dan tidak mudah berlubang.

Sebaiknya jangan terburu-buru saat menyikat gigi, luangkan waktu paling tidak sekitar 2 menit untuk menyikat gigi secara keseluruhan. Lakukan dengan teknik yang tepat, yaitu dengan posisi sikat gigi sedikit miring, lalu arahkan bulu sikat ke antara gigi dan gusi.

Gosoklah gigi secara lembut dengan gerakan maju dan mundur pada 2 hingga 3 gigi. Hindari menyikat gigi terlalu keras karena dapat melukai gusi Anda.

2. Membersihkan sela-sela gigi

Umumnya, daerah celah yang sempit di antara gigi tidak bisa dijangkau hanya dengan bulu sikat saja. Anda bisa menggunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkannya. Perawatan ini dikenal juga dengan istilah flossing.

Potong sekitar 46 cm benang gigi, lalu gulung sebagian besar benang di sekitar jari tengah pada satu tangan dan sisanya pada jari tengah di tangan lainnya. Pegang benang dengan erat di antara ibu jari dan telunjuk.

Lalu, arahkan benang secara lembut ke antara gigi dengan gerakan menggosok. Hindari meletakkan benang ke gusi Anda.

Ketika benang mencapai garis gusi, lengkungkan benang ke satu gigi membentuk huruf C. Kemudian, geser benang ke ruang antara gusi dan gigi. Gunakan pula benang untuk menggosok sisi gigi dengan gerakan naik-turun secara lembut.

3. Menggunakan obat kumur

Cara lain yang dapat dilakukan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride.

Menurut American Dental Association (ADA), terdapat 2 obat kumur, yaitu obat kumur terapeutik dan kosmetik. Obat kumur terapeutik sendiri dapat membantu mencegah penyakit gusi, mengurangi jumlah plak pada gigi, serta menghapus partikel sisa makanan di dalam mulut.

Namun, perlu diketahui juga bahwa cara ini tidak dapat dilakukan sebagai pengganti menyikat gigi dan flossing.

Selain cara-cara di atas, menjaga pola makan pun tak kalah penting dalam menciptakan kesehatan gigi dan gusi yang optimal. Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah dan sayur karena dapat membantu dalam membersihkan mulut. Selain itu, hindari pula makanan atau minuman bergula tinggi yang dapat membuat gigi rusak.

Itulah beberapa perawatan gigi sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, jangan lupa untuk tetap menjadwalkan kunjungan ke dokter gigi secara berkala untuk melakukan pembersihan dan pemeriksaan gigi, minimal 6 bulan sekali. Dengan begitu, munculnya penyakit gigi atau gusi pun dapat dideteksi lebih dini, sehingga bisa segera ditangani dengan tepat.

[MS/ RVS]

1 Komentar