Sukses

Kenali 3 Gangguan Pencernaan seperti Dialami Aktor Dimas Seto

Aktor sinetron Dimas Seto sempat dilarikan ke UGD karena gangguan pencernaan. Apa saja sih masalah pencernaan yang perlu diwaspadai?

Klikdokter.com, Jakarta Aktor Dimas Seto dikabarkan sedang mengalami gangguan pencernaan. Melalui penuturan sang istri, Dhini Aminarti, gangguan pencernaan itu membuat Dimas Seto harus mendapatkan perawatan dari dokter di rumah sakit.

Menurut Dhini, sang suami mengalami sakit mag. Bahkan, dilansir dari Liputan6.com, mag akut yang diderita Dimas sampai menimbulkan diare. Kondisi mag yang berujung pada diare itu pun ditanggapi oleh dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter.

Mag bisa sebabkan diare?

Menurut dr, Devia, jika seseorang hanya menderita mag, seharusnya si pasien tidak sampai menderita diare. Mag pada dasarnya hanya menimbulkan masalah di lambung saja. 

“Jika pasien merasakan lambungnya sakit, lalu disertai dengan diare, penyebabnya tidak tunggal. Ususnya pasti juga mengalami iritasi atau infeksi sehingga menimbulkan diare,” kata dr. Devia.

Sebagai contoh, penyebabnya mungkin hanya satu, misalkan makanan pedas yang terkontaminasi. Orang yang mengonsumsi makanan tersebut pasti mengalami dua hal, yakni peradangan lambung serta iritasi usus. Karena itu, bukan peradangan lambung yang membuat usus bermasalah sehingga jadi diare, melainkan faktor lain yang dapat memicu keduanya. 

Selain makanan, faktor yang kerap dianggap sepele, tapi mampu membuat seseorang kena gangguan pencernaan adalah stres. Ya, stres ternyata dapat membuat seseorang mengalami kenaikan asam lambung (gastroesophageal reflux disease/GERD) dan diare. Agar tidak mudah terkecoh oleh gangguan pencernaan di atas, yakni mag, diare, dan GERD, berikut ulasan lebih lengkapnya.

1 dari 2 halaman

Tiga jenis gangguan pencernaan yang sering dialami 

Orang awam kerap menyamaratakan antara mag dan GERD. Bahkan, semua yang terjadi pada lambung selalu dibilang mag. Padahal, gangguan di lambung bukan mag saja, lo! Yuk simak bedanya di bawah ini.

  • Tentang mag

Mag adalah peradangan di lapisan mukosa lambung. Jika mag terjadi secara tiba-tiba dan kurang dari 6 bulan, mag itu disebut mag akut. Adapun, jika mag sudah berlangsung lebih dari 6 bulan, itu dinamakan mag kronis.

Satu gejala mag yang dapat dikenali ialah nyeri yang sangat tidak nyaman. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, penyebab tersering dari sakit mag akut adalah penggunaan OAINS (obat anti-inflamasi non-steroid) dan obat kortikosteroid. 

Lalu, bagaimana dengan penyebab mag kronis? Dokter Nadia mengatakan, itu bisa juga disebabkan oleh bakteri H.Pylori, konsumsi alkohol, serta penyakit seperti diabetes, dan gagal ginjal. 

  • Tentang GERD

Normalnya, makanan dan asam lambung yang berada di dalam lambung tidak dapat naik kembali ke kerongkongan karena adanya klep yang berfungsi sebagai pintu. Pada GERD, klep ini mengalami kelemahan sehingga asam lambung bisa naik ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi. 

Saat Anda mengalami GERD, biasanya gejala yang timbul adalah dada terasa seperti terbakar, nyeri dada yang kadang menjalar ke punggung (terutama setelah makan atau berbaring), lidah terasa pahit atau asam, sulit menelan, batuk-batuk, dan tenggorokan terasa nyeri plus suara serak. 

GERD bisa dipicu oleh kebiasaan berbaring setelah makan, minum banyak alkohol dan kafein, serta stres. Apabila Anda mengalami GERD saat tidur, posisikan kepala agak tinggi dengan menggunakan bantal sebagai ganjalan untuk mendorong asam lambung kembali ke bawah. 

  • Diare

Diare adalah peningkatan jumlah buang air besar (3 kali atau lebih) dan penurunan konsistensi tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Keluhan ini disertai dengan perut melilit dan rasa mulas atau nyeri. 

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, penyebab diare yang paling sering adalah virus, lalu diikuti bakteri dan infeksi parasit. Selain itu, diare dapat pula dipicu oleh obat-obatan tertentu, penyakit non-infeksi (irritable bowel syndrome), laktosa, dan pemanis buatan. 

Mereka yang mengalami diare akibat infeksi bakteri atau parasit biasanya menyebabkan BAB berdarah dan demam. Pengobatan pun tergantung dari penyebabnya. Yang jelas, penderita diare mesti banyak minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang. 

Banyak orang mengalami tiga gangguan pencernaan yang dijelaskan di atas. Agar  Anda tak mengalami masalah pencernaan – yang sempat dialami aktor sinetron Dimas Seto – sangat penting bagi untuk memperbaiki pola hidup, khususnya pola makan dan pandai mengelola stres. Jika gangguan pencernaan Anda tidak kunjung membaik dalam dua hari, segera periksakan diri ke dokter supaya pengobatan rumahan dapat diganti dengan pengobatan medis yang lebih efektif.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar