Sukses

Pertolongan Pertama Kaki Keseleo Saat Lomba Balap Karung

Jangan asal urut ya, saat memberikan pertolongan pertama kaki keseleo kalau ikut lomba balap karung. Berikut cara yang tepat.

Klikdokter.com, Jakarta Meski sering terjadi, masih banyak yang belum tahu tentang pertolongan pertama kaki keseleo. Biasanya, ketika mendengar kata “keseleo”, orang langsung berpikir bahwa diurut adalah metode yang paling baik. Namun nyatanya, dalam dunia medis, itu sangat tidak dianjurkan. 

Saat mengikuti beberapa lomba dalam perayaan HUT RI – misalnya balap karung – semua partisipan sama-sama rentan mengalami kaki keseleo. Kondisi ini sangat mungkin terjadi jika Anda melompat dan bertumpu pada posisi kaki yang tidak tepat.

Penyebab kaki keseleo

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, keseleo bisa terjadi karena adanya robekan atau peregangan pada ligamen. Namun, kaki keselo dapat juga disebabkan oleh penggunaan otot yang berlebih dan tidak tepat. 

Nah, jika keseleo terjadi setelah lomba balap karung, kemungkinan itu dipicu oleh penggunaan otot yang berlebih dan tidak tepat. Ketika Anda meloncat, berlari, terpeleset, jatuh saat ikut lomba balap karung, risiko untuk mengalami kaki keseleo memang besar. 

Beberapa gejala yang timbul saat kaki keseleo, antara lain nyeri, pembengkakan, kelemahan otot, otot terasa seperti terikat, otot kaku, dan ada perubahan warna. Semua gejala ini membuat penderitanya mengalami keterbatasan bergerak.

Bagaimana pertolongan pertama kaki keseleo?

Meski keterbatasan dalam bergerak dan rasa nyeri yang dirasakan sangat mengganggu, jangan langsung menganggukkan kepala bila ada yang menawarkan jasa urut. Sebab, meski kegiatan urut-mengurut menjanjikan kesembuhan, hal tersebut juga berisiko membuat cedera semakin parah. Apalagi bila Anda mendapatkan pijatan dari orang yang tidak profesional. 

Oleh sebab itu, dr. Nadia menyarankan Anda untuk mengatasi kaki keseleo dengan metode RICE, yakni rest, ice, compression, dan elevation. Agar bisa diaplikasikan dengan benar pada kaki yang sedang cedera, simak uraian dari masing-masing tahapnya di bawah ini.

  • Istirahatkan bagian yang keseleo (rest)

Istirahat sangat dibutuhkan oleh otot yang sedang cedera. Hindari menggunakan otot yang sedang keseleo selama beberapa hari ke depan, terutama pergerakan yang terlalu kompleks dan menimbulkan rasa nyeri. 

“Namun, meski ototnya disuruh istirahat, Anda juga tak boleh mengistirahatkannya terlalu lama. Sebab, otot justru akan jadi lemah dan memperlama proses penyembuhan,” dr. Nadia menegaskan. 

  • Gunakan es untuk mengompres (ice)

Aplikasikan kompres dingin dari es batu sesegera mungkin setelah Anda mengalami cedera untuk mengurangi pembengkakan. Ingat, kompres es batu ya, bukan menempelkan es batu secara langsung di bagian yang sakit! 

Bungkus dulu es dengan handuk. Kalau Anda punya kantong kompres, itu akan jauh lebih baik. Letakkan di bagian yang sakit selama 20 menit. Ulangi setiap jam pada hari pertama keseleo. Hari berikutnya, cukup lakukan 4 jam sehari dan setelah 3 hari, ganti menjadi kompres hangat untuk melancarkan aliran darah. 

  • Beri tekanan dengan cara membungkus (compression)

Pertolongan pertama kaki keseleo selanjutnya adalah dengan membungkus area yang sakit dengan perban elastis hingga pembengkakan berkurang. “Yang penting, jangan membungkus terlalu ketat karena malah dapat mengurangi sirkulasi darah,” dia menambahkan. 

  • Mengangkat bagian yang keseleo sejajar atau lebih tinggi dari jantung (elevation)

Ini dilakukan saat Anda dalam posisi tiduran, ya. Tujuannya adalah untuk mengurangi pembengkakan. 

Sekadar tambahan, apabila kondisinya nyeri sekali, Anda dapat mengonsumsi obat pengurang rasa sakit, seperti ibuprofen atau parasetamol. Untuk mempercepat proses penyembuhan, gunakan juga obat oles yang mengandung menthol atau methysalisilat.

Itulah pertolongan pertama kaki keseleo yang bisa dilakukan setelah ikut lomba balap karung 17 Agustus. Cara ini sudah terbukti ampuh, tidak menimbulkan risiko, dan mudah dilakukan. Agar keseleo tak terjadi lagi, pastikan untuk lebih berhati-hati dan lakukan pemanasan dulu sebelum melakukan gerakan yang ekstrem plus melelahkan.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar