Sukses

Cara Mengatasi Terkilir Saat Panjat Pinang Lomba 17 Agustus

Ikut lomba panjat pinang saat 17 Agustus memang menyenangkan,. Untuk antisipasi, berikut cara mengatasi terkilir yang perlu Anda tahu.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu lomba yang ditunggu saat perayaan 17 Agustus adalah panjat pinang. Meski seru, lomba ini berisiko membuat pesertanya terkilir baik pada kaki atau tangannya. Karena itu, sebelum Anda ikut lomba, Anda perlu mengetahui cara mengatasi kondisi terkilir yang mungkin saja bisa menimpa salah satu peserta lomba panjat pinang.

Waspadai risiko terkilir

Dalam perlombaan panjat pinang, Anda bersama tim akan bahu-membahu mencapai puncak untuk mengambil beragam hadiah. Cara yang dilakukan mencapainya adalah saling menopang, menggendong, dan mengangkat rekan satu tim setinggi mungkin. Tak sampai di sana, Anda dan tim masih dipersulit dengan batang pinang yang dilumuri minyak atau oli.

Nah, di sinilah risiko terkilir mengintai Anda. Kondisi yang licin, posisi mengangkat, hingga memanjat berisiko membuat Anda terjatuh dan terkilir. Kondisi ini terjadi di kaki, tangan, atau bahu Anda.

Pada dasarnya, terkilir adalah cedera ligamen akibat robeknya serat-serat ligamen. Dikutip dari Mayo Clinic, ligamen adalah pita kuat dan elastis yang menghubungkan tulang dengan tulang, serta menahan persendian agar tetap berada di tempatnya. Ligamen dapat sobek sebagian, atau bisa sepenuhnya rusak.

Pada umumnya, terkilir paling sering terjadi pada pergelangan tangan, kaki, dan bahu. Ligamen yang terkilir sering membengkak dengan cepat dan terasa sakit. Semakin besar rasa sakit dan bengkak, biasanya menunjukkan semakin parah cedera tersebut.

Adapun, gejala-gejala terkilir yang dapat muncul, antara lain adalah:

  • Nyeri yang timbul tiba-tiba
  • Pergerakan yang terbatas
  • Pembengkakan
  • Lebam atau perubahan warna
  • Kekakuan otot
  • Otot terasa seperti terikat
  • Kelemahan otot.

Pada gejala yang ringan dan sedang, keluhan ini biasanya akan hilang sendiri dalam kurun waktu beberapa minggu. Namun jika keluhannya berat, maka dapat membutuhkan waktu pemulihan sampai beberapa bulan. Karena itu, sebaiknya Anda meminta pertolongan dokter.

Ini solusi terkilir

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, solusi terkilir adalah dengan metode RICE. "Yakni rest (istirahat), ice (es), compression (tekanan), dan elevation (angkat)," katanya.

Sementara itu, pijatan di area yang terkilir sebisa mungkin dihindari apalagi jika Anda mengalami terkilir akut atau baru terjadi. Sebab, kata dr. Dyan Mega, itu bisa menyebabkan peradangan yang lebih berbahaya.

Berikut metode RICE yang perlu Anda ketahui:

  • Rest (Istirahat)

Kurangi aktivitas sebisa mungkin, terutama pada 48 jam pertama setelah terjadinya cedera. Jika sudah merasa lebih baik, secara bertahap daerah yang mengalami keseleo dapat mulai digerakkan sedikit demi sedikit.

  • Ice (es)

Berikan es atau dinginkan daerah kaki yang terkilir dengan menggunakan es yang dilapisi kain atau handuk. Ini bisa Anda lakukan selama maksimal 20 menit setiap jam pada hari pertama. Pada hari berikutnya, letakkan es setiap 4 jam. Setelah 3 hari, aplikasikan kompres hangat untuk memperlancar peredaran darah.

  • Compression (penekanan)

Untuk mengurangi pembengkakan lebih lanjut sebaiknya dilakukan penekanan pada daerah yang cedera. Penekanan dapat dilakukan dengan menggunakan perban elastis atau istilah laiannya dibebat.

  • Elevation (angkat)

Jika memungkinkan, pertahankan agar daerah kaki yang mengalami terkilir berada lebih tinggi dari pada jantung agar pembengkakan yang terjadi dapat terjadi.

Perayaan HUT RI biasanya juga dimeriahkan dengan aneka lomba, termasuk panjat pinang. Jika Anda tertarik ikut lomba ini, persiapkan diri Anda dengan cara mengatasi terkilir. Pengetahuan ini berguna sebagai antisipasi jika Anda atau ada peserta lomba panjat pinang yang mengalami terkilir. Dengan mengetahui metode RICE, Anda bisa memberikan pertolongan pertama jika dibutuhkan.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar