Sukses

Ini Pengaruh Kesehatan Gigi dan Mulut pada Tubuh

Jangan anggap remeh masalah gigi dan mulut. Sebab, kondisi tersebut bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tidak sedikit orang yang masih mengabaikan kesehatan gigi dan mulut. Padahal, mulut merupakan tempat masuknya makanan ke dalam tubuh. Jika terdapat masalah pada gigi dan mulut, tentu akan menghambat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Hal inilah yang bisa menyebabkan munculnya masalah kesehatan pada bagian tubuh lain.

Seperti area tubuh lainnya, rongga mulut dipenuhi 500 jenis bakteri baik dan jahat dalam jumlah yang seimbang. Meskipun sebagian besar bakteri tersebut tidak berbahaya, beberapa di antaranya tetap dapat menimbulkan penyakit di bagian tubuh lainnya jika daya tahan tubuh Anda menurun.

 

1 dari 3 halaman

Pengaruh Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Tubuh

Ada hubungan yang erat antara kesehatan gigi dan mulut dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dari anak-anak hingga orang dewasa, akan merasakan dampaknya jika kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga. Misal, anak kecil yang giginya rusak maka bisa menurun rasa percaya dirinya dan kekurangan gizi karena susah makan.

Di usia produktif, jika mengalami sakit gigi, akan mengganggu produktivitas kerja dan menghambat sosialisasi. Pada lansia, jika tidak memiliki gigi yang cukup, maka bisa menurunkan kualitas hidupnya.

Artikel Lainnya: 7 Masalah Gigi dan Mulut yang Sering Dialami Orang Dewasa

Menurut sebuah penelitian, kesehatan gigi dan mulut memang tak bisa dipisahkan dari kesehatan bagian tubuh lainnya. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa peradangan gusi bisa memperburuk kondisi penyakit, salah satunya diabetes. Begitu juga sebaliknya, penderita diabetes ternyata lebih rentan terhadap penyakit gusi atau periodontal.

Tanda-tanda awal penyakit HIV juga muncul di dalam mulut. Sementara sariawan bisa menandakan adanya penyakit Crohn, yaitu penyakit radang usus kronis. Tak hanya itu, gusi berdarah juga bisa menandakan adanya gangguan di sistem peredaran darah.

2 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Dengan perawatan gigi serta mulut yang baik, biasanya bakteri-bakteri di dalam mulut tetap dapat dikendalikan. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah langkah penting yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa caranya:

1. Gosok Gigi Secara Teratur

Sikatlah gigi Anda setidaknya 2 kali sehari, selama 2 menit pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Jangan lupa untuk menyikat permukaan lidah supaya tidak bau mulut.

Artikel Lainnya: 5 Penyakit Akibat Malas Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

2. Gunakan Obat Kumur dan Dental Floss

Gunakan obat kumur dan lakukan dental floss untuk menghilangkan partikel sisa makanan yang masih menempel di sela-sela gigi, yang mungkin tidak terjangkau hanya dengan sikat gigi. Hal ini dapat mencegah supaya tidak terjadi lubang pada gigi.

3. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Perbanyaklah makanan berserat untuk menjaga kebersihan gigi. Karena serat membutuhkan proses mengunyah dan hal ini akan mengaktifkan daya self cleansing gigi. Tak hanya itu, makanan berserat juga membantu mencegah penyakit stroke, diabetes, dan kanker.

Batasi konsumsi camilan manis yang mengandung gula tinggi. Anda tentu tahu bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula bisa merusak gigi, serta memicu obesitas.

4. Rutin Periksa ke Dokter Gigi

Jadwalkan pemeriksaan dengan dokter gigi secara rutin, minimal 6 bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan agar masalah gigi dan mulut dapat terdeteksi secara dini dan ditangani dengan lebih mudah.

5. Hindari Kebiasaan-Kebiasaan Buruk

Contohnya adalah merokok dan minum minuman bersoda. Jadi jauhilah kebiasaan tersebut agar terhindar dari penyakit kanker mulut, penyakit jantung, penyakit paru-paru, dan diabetes.

Kini, Anda sudah tahu bagaimana kesehatan gigi dan mulut bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh sebab itu, jangan pernah lagi mengabaikan perawatannya. Sebab, dengan kesehatan gigi dan mulut yang baik, maka kesehatan tubuh pun dapat ikut terjaga.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut, tanya langsung pada ahlinya melalui Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY/ RS]

12 Komentar