Sukses

3 Minyak Esensial yang Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Anda sering mengalami insomnia atau susah tidur? Coba gunakan sederet pilihan minyak esensial ini agar tidur nyenyak malam ini.

Klikdokter.com, Jakarta Minyak esensial atau essential oil kini tengah populer tak hanya karena berbagai aromanya yang unik, tetapi juga dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya dianggap bisa membuat tidur nyenyak.

Pilihan minyak esensial agar tidur nyenyak

Kurang tidur atau susah tidur tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Jika Anda sering mengalami susah tidur atau insomnia, beberapa minyak esensial berikut bisa Anda coba:

  1. Lavender

Salah satu jenis minyak esensial yang menjadi favorit banyak orang adalah aroma lavender (Lavandula angustifolia). Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Iranian Red Crescent Medical Journal pada tahun 2015, dari 159 wanita postpartum (yang baru melahirkan) dan diberikan aromaterapi lavender selama 8 minggu disebutkan mengalami peningkatan kualitas tidur.

Pada penelitian tersebut, para partisipan diminta menghirup aroma minyak lavender dari jarak 20 cm, kemudian minyak tersebut diletakkan juga di samping bantal hingga pagi hari. Hasilnya, para partisipan menyebutkan bahwa tidur mereka menjadi lebih nyenyak hingga keesokan harinya.

Studi lain yang dilansir pada jurnal Nursing in Critical Care di tahun 2017 menyebutkan bahwa pada sebanyak 2 persen dari 60 orang dengan penyakit jantung yang dirawat di ruangan ICU dan diminta untuk menghirup aroma lavender melaporkan bahwa kualitas tidur meningkat dan rasa cemas berkurang. 

  1. Cedarwood

Cedrol, komponen dari minyak esensial cedarwood telah terbukti secara klinis bisa meningkatkan kualitas tidur. Menurut studi yang dilansir di Journal of Physiological Anthropology, minyak esensial kayu cedar dapat meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Evidence-based and Complementary Alternative Medicine, disebutkan bahwa menghirup aroma minyak esensial cedarwood dapat membuat penderita demensia tidur lebih nyenyak dan lebih jarang terbangun di malam hari.

Pada penelitian ini, minyak esensial aroma cedarwood diletakkan pada handuk di sekitar bantal penderita demensia saat malam hari, selama 20 hari. Hasilnya, kualitas tidur pada responden pun meningkat. 

  1. Bergamot

Dalam memilih aroma minyak esensial, biasanya setiap orang memiliki aroma favorit masing-masing. Sebagian orang pun ada yang menyukai aroma buah-buahan seperti bergamot, yaitu aroma citrus.

Berdasarkan penelitian yang dilansir di jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice di tahun 2016, peneliti melakukan riset manfaat minyak esensial bergamot terhadap kualitas tidur seseorang.

Hasilnya, 94 persen responden yang diberikan minyak esensial bergamot sebelum tidur merasakan peningkatan kualitas tidur dan tidur menjadi lebih nyenyak. Bahkan, 92 persen responden menjadikan kebiasaan rutin sebelum tidur. 

Tips menggunakan minyak esensial

Ada banyak cara untuk menggunakan minyak esensial. Mulai dari dioleskan dan dipijat pada leher, pundak, diteteskan ke bantal, tempat aromaterapi bahkan ke air bak mandi.

Namun sebelum menggunakan minyak esensial, lakukan terlebih dahulu tes alergi dengan mengoleskan sedikit minyak esensial pada kulit Anda. Lihat beberapa saat apakah timbul kemerahan atau gatal. Jika tidak, maka Anda bisa lanjut menggunakannya.

Selain itu, jika Anda sedang hamil atau menyusui, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter sebelum menggunakan minyak esensial. 

Dari berbagai studi memang membuktikan bahwa menggunakan berbagai varian minyak esensial di atas dapat membantu tidur nyenyak. Jadi, jika Anda mengalami insomnia atau susah tidur di malam hari, menggunakan minyak esensial bisa Anda lakukan sebagai alternatif!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar