HomeGaya hidupSeksMinyak Zaitun untuk Pelumas Seks, Apakah Aman?
Seks

Minyak Zaitun untuk Pelumas Seks, Apakah Aman?

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 16 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Minyak zaitun terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu, apa jadinya bila minyak ini digunakan untuk pelumas seks? Efektifkah?

Minyak Zaitun untuk Pelumas Seks, Apakah Aman?

Pernahkah kamu terpikir untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pelumas seks? Memakai pelumas seks bisa menjadi ide bagus untuk mencapai sensasi yang lebih dalam ketika melakukan hubungan suami istri. 

Sebab, pemakaian pelumas akan meningkatkan kenikmatan dan mencegah rasa sakit maupun iritasi akibat gesekan antara vagina dan penis.

Pelumas seks terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bahan dasarnya, yaitu air, minyak, dan silikon. 

Nah, minyak zaitun tergolong sebagai pelumas berbahan dasar minyak. Pelumas jenis ini memiliki konsistensi yang lebih tinggi, sehingga dapat bertahan lebih lama saat digunakan.

Namun, apakah aman menggunakan minyak zaitun untuk pelumas seks? Cari tahu jawabannya di bawah ini, ya.

Keamanan Penggunaan Minyak Zaitun untuk Pelumas

Banyak penelitian mengatakan bahwa minyak zaitun bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari untuk menjaga kesehatan pembuluh darah hingga membuat kulit dan rambut lebih bercahaya.

Lalu, apakah aman jika menggunakan minyak zaitun untuk pelumas seks? 

Minyak zaitun tergolong aman jika digunakan sebagai pelumas seks. Namun, ada beberapa efek samping yang bisa terjadi pada organ intim wanita akibat penggunaan minyak zaitun ini.

Berikut adalah beberapa efek samping yang dimaksud:

1. Merusak Kondom Lateks

Minyak zaitun dapat menyebabkan kerusakan pada lateks, yang sering dijadikan sebagai bahan dasar kondom. Fakta membuktikan bahwa kerusakan dapat timbul cuma dalam hitungan satu menit!

Dengan kata lain, jika kamu menggunakan kondom berbahan lateks bersamaan dengan minyak zaitun untuk pelumas seks, kondom tersebut berisiko rusak dan kehilangan fungsinya. 

Sebagai akibatnya, kehamilan mungkin saja terjadi dan kamu lebih berisiko untuk terkena penyakit menular seksual.

Artikel lainnya: Benarkah Minyak Kelapa Bisa Mengatasi Vagina Kering?

2. Menyumbat Pori-Pori

Minyak zaitun tidak mudah terserap ke kulit. Oleh karena itu, penggunaan minyak zaitun untuk pelumas seks dapat mengakibatkan sumbatan pada pori-pori di sekitar kemaluan. 

Akhirnya, kamu berisiko lebih tinggi untuk mengalami jerawat di area tersebut. Keadaan bisa semakin buruk jika kamu tidak mencucinya dengan sabun dan air mengalir setelahnya.

Tak hanya itu, pori-pori yang mengalami sumbatan juga dapat memicu iritasi pada kulit. Dalam sebuah penelitian, minyak zaitun sebenarnya melemahkan pelindung kulit terluar dan bisa menimbulkan iritasi. 

3. Lebih Berisiko Terkena Infeksi

Penggunaan minyak zaitun sebagai pelumas seks dapat memerangkap bakteri di vagina, sehingga rentan terjadi infeksi. 

Meski tidak disebutkan secara spesifik, sebuah penelitian mengklaim bahwa penggunaan pelumas jenis minyak pada vagina dapat meningkatkan risiko infeksi jamur.

4. Alergi

Walaupun kemungkinannya kecil, minyak zaitun dapat menyebabkan alergi. Alergi minyak zaitun bisa berupa ruam atau gatal-gatal.

Dengan adanya kemungkinan tersebut, kamu dianjurkan untuk melakukan skrining terlebih dahulu seperti uji tempel.

Caranya, balurkan minyak zaitun (sedikit saja) ke kulit lengan sebelum menggunakannya sebagai pelumas.

Artikel lainnya: Bolehkah Minyak Goreng Jadi Pelumas Seks?

Cara Menggunakan Minyak Zaitun sebagai Pelumas

Minyak zaitun untuk pelumas seks sebenarnya aman, asalkan digunakan dalam beberapa keadaan, seperti:

  • Dalam keadaan “kepepet” karena tidak ada alternatif pelumas lain.
  • Aktivitas seks tanpa kondom, dalam hal ini hubungan suami istri ataupun hubungan perkawinan dengan istri tunggal, artinya seorang laki-laki menikah dengan satu orang perempuan (monogami). 
  • Aktivitas seksual yang dilakukan sesekali saja untuk tujuan variasi seksual. 
  • Lakukan proses pembersihan setelah aktivitas seksual atau pencucian berulang, guna mengurangi residu dari penggunaan minyak zaitun tersebut.

Jika di luar itu, bukan tidak mungkin penggunaan minyak zaitun sebagai pelumas seks malah akan membuatmu mengalami efek samping. 

Minyak zaitun mungkin tampak aman dan efektif untuk digunakan sebagai pelumas seksual. Namun, sebenarnya tidak disarankan menggunakan minyak zaitun dengan cara ini. 

Minyak zaitun dapat merusak kondom lateks, melemahkan fungsi penghalang alami kulit, dan menyumbat pori-pori. Apalagi minyak memiliki sifat dasar menolak air, membuatnya sulit dibersihkan dan dicuci dari kain.

Ada alternatif lain yang lebih baik, termasuk pelumas berbasis air ataupun silikon berkualitas tinggi.

Masih penasaran dengan topik ini? Konsultasikan lewat Live Chat dengan dokter. Dapatkan info kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

pelumas seksMinyak ZaitunSeks

Konsultasi Dokter Terkait