Sukses

Cara Tangkas Mengatasi Nyeri Haid Hingga Tuntas

Sering tersiksa gara-gara mengalami nyeri haid? Anda bisa mengatasi keluhan nyeri haid tersebut hingga tuntas dengan cara sederhana berikut.

Klikdokter.com, Jakarta Saat menstruasi wanita biasanya merasakan nyeri haid. Ada beragam cara untuk mengatasi nyeri haid yang biasanya dilakukan. Namun tentu tidak semua cara bisa menghilangkan nyeri haid hingga tuntas.

Ya, nyeri haid memang lazim dialami oleh kebanyakan wanita setiap bulannya. Kondisi ini bisa terjadi secara normal, namun juga bisa dilatari oleh adanya penyakit tertentu seperti endometriosis.

Tenang, Anda tidak perlu panik. Nyeri haid umumnya terjadi akibat kondisi yang tidak berbahaya. Menurut dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, keadaan ini juga tidak memerlukan bantuan khusus dari medis untuk mengatasinya. Karena, ada cara-cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi nyeri haid. Apa saja?

1. Kompres dengan air hangat

“Cara ini memang terdengar jadul, tapi mengompres perut dengan air hangat terbukti mampu meredakan rasa nyeri haid,” ujar dr. Nabila.

Mengompres perut dengan air hangat akan membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi sensasi nyeri haid. Untuk melakukannya, memasukkan air hangat ke dalam botol, lalu balut botol tersebut dengan menggunakan handuk tipis. Letakkan botol di bagian perut yang terasa nyeri.

“Lakukan cara ini setiap kali Anda merasakan nyeri, agar rasa sakit bisa perlahan hilang,” tutur dr. Nabila

2. Olahraga

Olahraga mungkin menjadi aktivitas paling dihindari ketika Anda mengalami nyeri haid. Padahal, tetap bergerak secara aktif justru membuat keluhan tersebut berkurang dan peredaran darah menjadi lebih lancar. Hal ini dikarenakan adanya pelepasan hormon endorfin ketika berolahraga yang mampu menghilangkan rasa nyeri haid. 

“Tidak perlu olahraga yang berat. Jika Anda hobi menari, bisa ikut kelas aerobik atau zumba. Jika ingin yang lebih simpel, bisa juga jalan santai selama 30 hingga 60 menit,” kata dr. Nabila.

3. Konsumsi minuman hangat

Konsumsi minuman hangat juga bisa bermanfaat untuk meredakan nyeri haid. Salah satu jenis minuman hangat yang bisa dijadikan pilihan adalah teh.

Anda bisa meminum segelas teh hangat dengan rasa peppermint sebelum jadwal haid datang. Hal ini berguna untuk mencegah rasa nyeri menyerang Anda ketika datang bulan. 

4. Minum susu 

Beberapa studi membuktikan bahwa susu dapat membantu meredakan nyeri haid. Mengutip pendapat dr. Sara Elisa Wijono MRes dari KlikDokter, zat kalsium pada susu adalah yang dinilai bermanfaat untuk meredakan nyeri haid. Meski alasan pastinya belum jelas, diperkirakan otot yang kekurangan kalsium akan terasa lebih tegang sehingga dapat memicu rasa nyeri atau kram saat haid

“Untuk menghindari nyeri haid, sebaiknya konsumsi susu rendah lemak. Hindari susu tinggi lemak, karena berpotensi memperburuk keluhan yang Anda alami,” tutur dr. Sara.

5. Pola makan sehat 

Mengonsumsi banyak sayur dan mengurangi makanan berlemak dapat membantu mengurangi rasa nyeri haid.

“Jika Anda ingin mengonsumsi makanan yang berlemak, pilihlah alpukat, kacang-kacangan atau minyak zaitun. Ini karena makanan-makanan tersebut mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh,” ujar dr. Nabila. 

6. Minum obat antinyeri

Jika cara alami telah dilakukan tapi nyeri haid belum juga hilang, Anda bisa mengonsumsi obat antinyeri untuk mengatasinya.

“Pilih obat antinyeri yang memang dianjurkan oleh dokter. Jika rasa nyeri terjadi berkelanjutan, segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat. Nyeri yang berlebihan dan berlangsung lama bisa menjadi tanda bahwa ada yang salah dengan perut Anda,” pungkas dr. Nabila. 

Nyeri haid adalah kondisi yang umumnya terjadi secara normal pada wanita usia subur setiap bulannya. Supaya kondisi ini tidak menganggu rutinitas sehari-hari, lakukan cara mengatasi nyeri haid yang dijelaskan di atas. Namun, jika nyeri tak kunjung reda atau malah semakin berat dan berlangsung lebih lama dari yang seharusnya, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar