Sukses

Tips Menjaga Kesehatan Saat Merawat Orang Sakit

Saat merawat orang sakit, diperlukan daya tahan tubuh yang kuat agar tak ikut sakit. Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Saat merawat orang sakit, terutama pada mereka yang sakit karena infeksi virus atau bakteri, memang membutuhkan kekuatan ekstra. Kekuatan ekstra yang dimaksud di sini adalah daya tahan tubuh yang mumpuni. Sebab, jika tidak, Anda justru bisa ikut sakit.

Sayangnya, Anda yang sedang merawat orang sakit justru kerap melupakan kesehatan diri sendiri. Misalnya saja, rela tidak tidur sama sekali, makan tidak teratur atau malah makan bekas orang yang sakit, dan kelelahan karena harus ke sana kemari. Jika itu dilakukan terus selama beberapa hari, maka yang terjadi adalah tubuh Anda bisa “tumbang”.

Merawat orang sakit tanpa ikutan sakit? Ini caranya!

Supaya orang yang sakit bisa sembuh total dan Anda tetap dalam keadaan sehat, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Tenang saja, tugas Anda dalam merawat orang yang sakit tidak akan terbengkalai meski melakukan cara-cara yang dianjurkan di bawah ini:

  • Lebih sering mencuci tangan dan gunakan masker

Sering mencuci tangan mungkin akan lebih mudah dilakukan ketimbang menggunakan masker saat merawat orang sakit. Mengapa?

Sebab, orang yang sakit, terutama jika itu adalah orang terdekat, terkadang bisa tersinggung ketika Anda menggunakan masker. Menurutnya, Anda terkesan jijik dengan mereka.

Padahal, kondisi itu bisa dicegah jika sedari awal Anda menjelaskan kepada orang yang sakit bahwa itu hanya upaya pencegahan. Kalau Anda ikut tertular, maka tak ada yang merawatnya, bukan?

Sementara untuk cuci tangan, hal tersebut memang mesti sering dilakukan bila sedang merawat orang sakit. Pasalnya, tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering berkontak dengan si pasien, sehingga kemungkinan penularan penyakit dari tangan juga sangat besar.

Jika Anda terlalu repot untuk bolak-balik mencuci tangan dengan air mengalir, dr. Atika dari KlikDokter menganjurkan untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang mengandung sekurang-kurangan 60 persen alkohol.

 

  • Perbanyak asupan bergizi, bila perlu konsumsi vitamin

Langkah selanjutnya yang wajib Anda terapkan adalah mengonsumsi makanan bergizi. Ya, bukan cuma orang sakit saja yang membutuhkan makanan bergizi, Anda yang menjaganya pun tentu membutuhkannya.

Perbanyaklah asupan sayur, buah, dan protein agar daya tahan tubuh lebih terjaga serta tidak mudah tertular penyakit. Pilih juga makanan yang banyak mengandung vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

Bila mencukupi kebutuhan vitamin dari makanan memang tidak memungkinkan (karena keterbatasan rumah makan di sekitar rumah sakit dan lain sebagainya), konsumsilah suplemen vitamin sesuai dosis yang dianjurkan.

  • Tetap cukupi kebutuhan tidur Anda

Anda pasti tidak bisa tidur dengan tenang saat buah hati, orang tua, saudara, sahabat, atau pasangan sedang sakit. Namun, Anda juga mesti menyayangi diri sendiri. Sempatkan diri untuk tidur agar Anda tetap punya kekuatan untuk menjaga mereka.

Anda bisa mencuri kesempatan untuk tidur saat si pasien juga tidur. Sebelumnya pun Anda bisa berpesan, jika dia membutuhkan bantuan, tetapi Anda sedang tertidur, jangan sungkan untuk membangunkan. Baik itu dengan cara memanggil, menggoyangkan tubuh Anda, atau membunyikan sesuatu.

  • Menjaga secara bergantian

Akan lebih baik memang ketika Anda bisa bergantian dengan orang lain dalam menjaga orang yang sakit. Misalnya, jika yang sedang sakit adalah orang tua, maka Anda bisa mengatur jadwal dengan kakak atau adik untuk berjaga.

Menjaga secara bergantian bisa memberikan waktu bagi orang yang merawat untuk membersihkan diri, makan yang benar, dan beristirahat cukup. Dengan begitu, dia tetap fit untuk bisa menjaga si pasien di waktu berikutnya.

Lagi pula, beda orang juga pasti beda cerita. Orang yang sakit jadi bisa mendengarkan berbagai cerita yang berbeda, sehingga dia tidak akan merasa bosan.

  • Jangan gunakan alat makan atau benda lain yang sering digunakannya

Ini sangat berlaku untuk Anda yang sedang merawat orang dengan penyakit menular. Hindari penggunaan alat makan secara bersama-sama. Selain itu, jangan menggunakan kain, seperti selimut, yang sudah digunakan demi mencegah penularan.

Jika yang Anda rawat adalah orang dengan penyakit tidak menular dan Anda tahu bahwa dia belum bisa makan banyak. Anda bisa memisahkan makanan tersebut sedari awal. Sehingga, yang Anda konsumsi bukanlah makanan sisa.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan saat merawat orang sakit yang bisa Anda terapkan. Mudah, bukan? Ingatlah bahwa akan sangat repot bila Anda juga sakit. Oleh sebab itu, paling tidak harus ada satu orang sehat, supaya bisa tetap menjaga pihak yang sakit.

[MS/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar