Sukses

Makan Torpedo Kambing Bisa Meningkatkan Stamina Pria?

Sejak dahulu sajian torpedo kambing dianggap sebagai menu yang mampu meningkatkan stamina pria. Apakah medis setuju?

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar kabar bahwa torpedo alias testis kambing bisa meningkatkan stamina bila dikonsumsi oleh pria? Kabar ini bukan merupakan hal baru, karena merupakan kepercayaan yang diwariskan secara turun-temurun di masyarakat Indonesia.

Torpedo kambing dikatakan mampu mendongkrak stamina pria karena dituding mengandung kadar testosteron yang tinggi. Beberapa orang percaya bahwa konsumsi organ tubuh kambing yang satu ini mampu meningkatkan vitalitas di atas ranjang. Itu mengapa saat hari kurban pada Idul Adha yang baru lalu, organ ini paling banyak dicari sebagian kaum pria.

Apa kata medis?

Sayangnya, kabar bahwa torpedo kambing bisa meningkatkan stamina hingga vitalitas pria ditolak mentah-mentah oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter.

"Sampai saat ini belum ada penelitian yang mempelajari kandungan torpedo kambing dan hubungannya dengan stamina atau vitalitas pria. Jadi, hingga sekarang medis masih menganggap bahwa hal tersebut hanyalah mitos belaka," ujar dr. Alvin.

"Meskipun berbentuk testis atau buah zakar, bukan berarti torpedo kambing benar-benar memberikan manfaat untuk organ yang punya bentuk sama pada manusia,” pungkasnya.

Karena hanya mitos belaka, torpedo kambing tidak bisa diandalkan untuk meningkatkan stamina dan vitalitas pria. Lantas, harus bagaimana? Apa yang sebenarnya bisa meningkatkan stamina dan vitalitas pria?

1. Rutin olahraga

Berdasarkan penjelasan dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc., MSc dari KlikDokter, olahraga dapat meningkatkan stamina fisik maupun stamina mental Anda. Orang-orang yang berolahraga secara rutin akan merasa lebih berenergi saat melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan fisik maupun mental.

"Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengikuti program olahraga secara rutin memiliki angka kejadian kelelahan akibat kerja yang lebih rendah. Selain itu, hasil dari penelitian tersebut juga mengatakan bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan menurunkan kadar stres," ujar dr. Nitish.

2. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik ternyata bisa meningkatkan stamina serta mood atau suasana hati. Fakta membuktikan bahwa mendengarkan musik yang sesuai juga dapat meningkatkan efisiensi fungsi jantung dan pembuluh darah.

“Meski belum pasti, penelitian mengungkapkan bahwa partisipan yang mendengarkan jenis musik favorit saat berolahraga memiliki laju jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak. Dengan kata lain, musik mampu meningkatkan stamina seseorang saat sedang berolahraga," kata dr. Nitish.

3. Meditasi atau yoga

Anda dapat melakukan meditasi atau yoga secara rutin, supaya merasa lebih relaks dan fokus. Apabila dilakukan secara konsisten, meditasi dan yoga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan memperbaiki stamina secara keseluruhan.

“Ini pernah dibuktikan oleh salah satu penelitian kecil yang dilakukan pada 27 mahasiswa. Penelitian tersebut mendapati bahwa berpartisipasi dalam suatu bentuk dari meditasi atau yoga dapat menurunkan tingkat stres dan memperbaiki kesejahteraan secara umum,” pungkas dr. Nitish.

Setelah tahu fakta tersebut, mengandalkan torpedo kambing untuk meningkatkan stamina pria sebenarnya hanyalah mitos. Meski demikian, bagi Anda yang gemar, mengonsumsi bagian tubuh hewan yang satu ini tidak ada larangan secara medis. Hal yang paling penting, batasi porsi agar tidak berlebihan.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar