Sukses

Benarkah Vitamin D Dapat Mencegah Diabetes?

Vitamin D memang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Tapi, apakah mencegah diabetes termasuk salah satunya?

Klikdokter.com, Jakarta Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa suplemen vitamin D mampu mencegah diabetes pada manusia. Ini karena vitamin D mampu meningkatkan insulin pada tubuh, yang berperan dalam mengatur kadar gula darah. Namun, apakah temuan ini benar-benar sahih sehingga dapat dijadikan sebagai acuan?

Perlu Anda tahu, diabetes adalah penyakit jangka panjang yang dapat mengganggu metabolisme gula di dalam tubuh. Penyakit ini terbagi menjadi beberapa tipe, yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes gestasional, dan sebagainya. Di antara semua jenisnya, yang paling umum dialami oleh banyak orang adalah diabetes 2. 

Vitamin D untuk diabetes

Dilansir Medical News Today, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, diabetes tipe 2 dan pre-diabetes telah memengaruhi lebih dari 100 juta orang yang ada di Amerika Serikat. Pre-diabetes adalah kondisi yang menggambarkan keadaan di mana kadar glukosa darah lebih tinggi dari normal, yang mampu meningkatkan risiko terjadinya diabetes. 

Sebuah penelitian belum lama ini menemukan pada bahwa kadar vitamin D yang lebih rendah dikaitkan dengan penurunan sensitivitas insulin yang menyebabkan terjadinya lonjakan gula darah dan berujung pada penyakit diabetes. Di Amerika Serikat, sekitar 40 persen orang dewasa terbukti kekurangan vitamin D sehingga data menyebut bahwa 40 persen orang tersebut terbukti rentan mengalami risiko diabetes tipe 2. 

Lantas, apakah itu berarti bahwa meningkatkan asupan vitamin D sejalan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2? Tidak. Dikatakan oleh dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter bahwa vitamin D dan diabetes adalah dua hal yang tidak memiliki kaitan.

“Tidak ada kaitan antara vitamin D dengan diabetes. Karena pada dasarnya, diabetes itu terjadi akibat mengonsumsi makanan manis berlebih dan penerapan gaya hidup yang tidak sehat,” ujar dr. Adeline. 

Melanjutkan penjelasannya, dr. Adeline mengatakan bahwa diabetes tipe 2 muncul akibat adanya faktor genetik, lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat.

“Karena faktor risiko utama dari diabetes tipe 2 adalah gaya hidup tidak sehat, maka perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat adalah kunci utama untuk mencegah diabetes, bukan dengan konsumsi vitamin D semata,” tutur dr. Adeline.

Manfaat vitamin D yang sebenarnya

Meski tidak mampu mencegah diabetes tipe 2, Anda tetap dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari dengan mengonsumsi daging merah, ikan sarden, salmon dan kuning telur dalam jumlah yang cukup. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin D, maka Anda akan merasakan manfaat sebagai berikut:

  • Membantu penyerapan kalsium di usus.
  • Tekanan darah lebih stabil, sehingga Anda akan terhindar dari hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi.
  • Tulang lebih kuat, sehingga Anda akan mengalami osteoporosis di kemudian hari.
  • Tidak mudah terserang penyakit, karena vitamin D mampu mengoptimalkan daya tahan tubuh.
  • Risiko kanker payudara, kanker usus, dan kanker prostat lebih rendah.
  • Mengoptimalkan proses penurunan berat badan jika dikombinasikan dengan pola makan teratur dan olahraga rutin.

Jadi, meski belum ada bukti sahih yang mengatakan bahwa vitamin D mampu mencegah diabetes tipe 2, Anda tetap wajib memenuhi kebutuhan vitamin ini setiap hari. Jika merasa Anda butuh suplemen penunjang, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter atau ahli gizi guna mengetahui dosis yang paling sesuai.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar