Gigi Mulut

10 Pilihan Makanan untuk Bantu Atasi Gusi Berdarah

drg. Wiena Manggala Putri, 19 Agt 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Keluhan gusi berdarah dapat diatasi dengan memeriksakan diri ke dokter dan mengonsumsi makanan yang tepat. Berikut ini makanan yang bisa kamu jadikan pilihan.

10 Pilihan Makanan untuk Bantu Atasi Gusi Berdarah

Gusi berdarah atau gingivitis adalah salah satu gejala dari penyakit gusi. Kondisi ini dapat diatasi, salah satunya dengan memilih makanan yang tepat. 

Sebagian besar kasus gusi berdarah diakibatkan oleh penumpukan plak pada permukaan gigi. Plak tersebut akan mengeras sehingga membentuk karang gigi bila tidak dibersihkan dengan tepat.

Jika idak segera ditangani, gusi berdarah akan bertambah parah sehingga menyebabkan masalah tahap lanjut yang dikenal dengan istilah periodontitis. 

Selain itu, gusi berdarah bisa disebabkan oleh teknik menyikat gigi yang kurang tepat, penggunaan gigi palsu yang kurang pas, hingga kurangnya asupan vitamin pada tubuh. 

Nah, cara terbaik yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah dan mengatasi gusi berdarah adalah dengan mengubah pola makan. Berikut ini beberapa makanan untuk mengobati gusi berdarah.

1. Sayuran Hijau

Bayam, kubis, sawi, dan berbagai jenis sayuran hijau lainnya merupakan makanan kaya vitamin K. Vitamin tersebut penting untuk membantu pembekuan darah. 

Selain itu, mengonsumsi sayuran hijau dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di gusimu, sehingga bisa mencegah terjadinya risiko gusi berdarah.

2. Stroberi

Stroberi kaya akan kandungan vitamin C, yang terbukti dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Vitamin C yang ditemukan pada stroberi juga diperlukan untuk mengoptimalkan produksi kolagen. Kolagen ini berperan dalam meringankan gejala gusi berdarah dan peradangan. 

3. Apel

Apel adalah buah yang bagus untuk dikonsumsi saat gusi berdarah, karena dapat mengikis penumpukan plak di permukaan gigi.

Apel juga memiliki kandungan serat yang tinggi serta kaya akan air. Dengan mengonsumsinya secara teratur, produksi air liur juga akan optimal. 

Air liur tersebut berfungsi untuk membilas bakteri yang ada pada rongga mulut guna mencegah kerusakan. 

4. Daging Tanpa Lemak

Makanan lainnya yang baik untuk gusi berdarah adalah daging tanpa lemak. Karena itu, pilihlah daging sapi tanpa lemak saat kamu mengalami gusi berdarah. 

Kandungan mineral di dalamnya berfungsi sebagai antiradang, antioksidan, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

5. Jahe

Tahukah kamu, jahe merupakan penangkal penyakit gusi yang ampuh? Akar jahe dapat membantu melawan penyakit gusi dengan menetralkan asam yang dibentuk oleh bakteri.

Sebagai agen antiradang yang kuat, jahe juga dapat memberikan perlindungan dari penyakit periodontal yang menyebabkan hilangnya jaringan ikat dan tulang pendukung.

Artikel Lainnya: Tips Mengatasi Gusi Berdarah Usai Cabut Gigi

6. Ikan Salmon

Salmon termasuk makanan yang baik untuk mengobati gusi berdarah. Pasalnya, jenis ikan berlemak ini memiliki kandungan vitamin D dan omega-3 yang tinggi. Ada beberapa manfaat vitamin D untuk kesehatan gigi dan mulut, salah satunya mempercepat pemulihan gusi berdarah.

Kombinasi kandungan gizi tersebut membuat ikan salmon mampu mendukung kesehatan gusi. Bahkan dapat mencegah dan mengurangi gejala periodontitis.

7. Jeruk

Tak Cuma Segar, Ini Manfaat Minum Jeruk Setelah Makan Daging

Konsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalanmu dan membantu melawan infeksi gusi yang mencetuskan gusi berdarah. 

Salah satunya adalah buah jeruk yang terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. 

Kamu perlu memasukkan buah jeruk ke dalam daftar menu sehari-hari. Mengonsumsi buah jeruk dapat menjaga jaringan yang sehat di gusi dan mempercepat penyembuhan gusi berdarah.

8. Probiotik

Mengonsumsi makanan probiotik dapat bermanfaat untuk mengatasi gusi berdarah. Pasalnya, probiotik mampu mengurangi gingivitis dan plak di gigi. 

Probiotik alias bakteri baik dalam makanan fermentasi dapat menekan pertumbuhan patogen. Kehadiran patogen ini bisa merugikan kesehatan gigi dan mulutmu. 

Tak hanya itu, probiotik berguna untuk menghambat pembentukan plak, yang merupakan awal mula terjadinya gusi berdarah.

Artikel Lainnya: Coba Perhatikan, Penyebab Gusi Berdarah saat Hamil

9. Teh Hijau

Minum teh hijau dapat menghentikan pendarahan pada gusi, serta meredakan peradangan pada gusi berdarah. 

Teh hijau mengandung katekin, antioksidan alami yang dapat menurunkan respons peradangan tubuh terhadap bakteri di mulut.

Kandungan lainnya di dalam teh hijau, yaitu polifenol, merupakan antioksidan yang dapat mencegah berkembangnya bakteri penyebab karies gigi dan penyakit gusi.

10. Susu

Pastikan kamu selalu mengonsumsi susu setiap hari untuk mencegah gusi berdarah. 

Selain memperkuat tulang, mengonsumsi susu secara rutin dapat pula memperkuat gusi. Hal tersebut berkat kandungan kalsium yang ada di dalamnya.

Fakta menyebutkan, mencukupi kebutuhan kalsium setiap hari dapat membuat gusi lebih kuat sehingga mampu menahan efek buruk bakteri.

Itulah sejumlah makanan untuk membantu mengatasi gusi berdarah. Pastikan untuk mengonsumsinya secara teratur dan dalam jumlah yang tepat. Selain itu, penting untuk melakukan perawatan gigi setiap hari dengan benar. 

Segera temui dokter gigi jika kondisi gusi berdarahmu tidak kunjung membaik. Dokter gigi akan mencari penyebabnya serta penanganan yang tepat.  

Punya pertanyaan seputar kesehatan gusi dan gigi? Chat dokter gigi via Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk #JagaSehatmu selalu!

[RS]

Gusi Berdarah

Konsultasi Dokter Terkait