Sukses

Benarkah Makan Pisang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Pisang menjadi buah favorit sebagian orang. Selain enak, buah berkulit kuning ini disinyalir dapat bantu menurunkan berat badan. Apakah benar demikian?

Hampir tidak ada orang yang bisa menolak nikmatnya pisang. Buah berkulit kuning ini bahkan sering dijadikan sebagai makanan utama orang-orang yang sedang menjalani program diet.

Bukan tanpa alasan, pisang untuk diet disinyalir mampu mengoptimalkan proses penurunan berat badan. Manfaat ini diduga berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

1 dari 3 halaman

Nutrisi Pisang yang Baik untuk Berat Badan

Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi dalam pisang yang dihubungkan dengan manfaatnya dalam menurunkan berat badan:

1. Serat

Pisang berukuran sedang bisa mengandung hingga 3 gram serat. Apabila dikonsumsi secara rutin dan teratur, serat dalam pisang dapat bantu melancarkan pencernaan dan akan memberikan sensasi kenyang lebih lama.

Studi yang mengamati lebih dari 50 penelitian mengatakan, peningkatan asupan serat sebesar 14 gram setiap hari dapat menurunkan 10 persen keseluruhan asupan energi. Hal tersebut turut berperan dalam penurunan berat badan sebesar 2 kilogram selama 4 bulan.

2. Pati Resisten

Pisang mentah sangat kaya akan pati resisten. Apa itu? Pati resisten adalah sejenis karbohidrat yang lebih sulit dicerna di usus halus.

Pati resisten akan melewati usus halus hingga ke kolon, sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Nutrien ini juga baik untuk saluran cerna, karena akan terfermentasi di kolon, sehingga memicu pertumbuhan flora baik di saluran cerna.

Konsumsi pati resisten juga memiliki efek serupa dengan serat, yaitu menimbulkan rasa kenyang lebih lama dan menunda lapar.

3. Rendah Kalori

Pisang memiliki jumlah kalori lebih rendah dari buah-buahan lain, dengan jumlah serat yang sama. Dengan kandungan serat mencapai 3 gram, kalori sebuah pisang berukuran sedang hanya sekitar 105 kalori.

Sekitar 90 persen kalori dalam pisang juga berasal dari pati resisten. Sehingga, dengan jumlah kalori tersebut, Anda tidak akan mengalami lonjakan gula darah. Anda pun tidak akan mudah merasa lapar.

Artikel lainnya: Perhatikan! Ini Cara Menghitung Berat Badan Anda

2 dari 3 halaman

Tetap Imbangi dengan Olahraga dan Nutrisi Lain

Manfaat pisang untuk menurunkan berat badan memang benar adanya. Namun, pisang tidak dapat berdiri sendiri alias mesti dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya dan olahraga teratur agar manfaatnya dapat dirasakan.

Jika hanya makan pisang tanpa diimbangi dengan makanan sehat lain dan olahraga teratur, berat badan tidak akan turun. Jadi, yang benar adalah konsumsi pisang secara rutin dan diimbangi dengan makanan sehat, serta olahraga secara teratur.

Makanan sehat yang dimaksud di sini adalah sayuran, seperti bayam, brokoli, dan wortel; serta kacang-kacangan, seperti almon, walnut, dan pistachio. Kombinasikan dengan makanan berprotein lain, seperti ikan, telur, dan daging ayam tanpa kulit.

Jangan lupa imbangi juga dengan olahraga berdurasi 30 menit, yang dilakukan minimal 5 kali dalam seminggu.

Dengan kombinasi tersebut, manfaat pisang untuk menurunkan berat badan dapat Anda rasakan dengan optimal.

Pisang adalah buah yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Sayangnya, buah ini tidak bisa berdiri sendiri untuk menurunkan berat badan. Anda perlu mengombinasikan kebiasaan makan pisang dengan asupan bergizi lain dan olahraga teratur, agar bisa meraih bobot ideal yang diinginkan.

Masih penasaran dengan manfaat pisang untuk menurunkan berat badan? Punya pertanyaan mengenai masalah kesehatan lain? Konsultasikan kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar