Sukses

10 Manfaat Sehat Buah Persik

Di Indonesia, mungkin buah persik (peach) kurang populer. Tapi percaya, deh, buah ini menawarkan banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Buah persik atau peach memang kurang populer dan tak mudah ditemukan. Namun, Anda harus tahu bahwa manfaat buah persik bagi kesehatan tidak bisa Anda abaikan begitu saja. Jika kebetulan melihat stok buah ini di swalayan besar, jangan ragu untuk membelinya, ya!

Buah persik juga disebut sebagai buah táo dalam bahasa Mandarin dan momo dalam bahasa Jepang. Mirip dengan buah nectarine, kulit buah persik berwarna oranye dan kuning, keemasan, aromanya harum, dan ada satu biji yang keras di tengah daging buah.

Manfaat sehat buah persik

Baik kulit maupun daging buah persik sama-sama memberikan manfaat kesehatan bagi pemakannya. Apa saja?

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Satu buah persik mengandung 15 persen vitamin C yang Anda butuhkan tiap harinya. Nutrisi ini dapat membantu tubuh menyembuhkan luka dan menjaga sistem imun tetap kuat.

Vitamin C juga dapat membantu mengenyahkan radikal bebas, kimia yang telah dikaitkan dengan kanker karena kemampuannya merusak sel-sel tubuh.

  1. Daya penglihatan lebih baik

Warna kulit buah persik bersumber dari beta karoten. Jika dikonsumsi, tubuh akan mengubahnya menjadi vitamin A.

“Vitamin A sangat penting untuk menjaga kondisi retina mata dan memelihara ketajaman penglihatan,” kata dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

  1. Melancarkan pencernaan

Satu buah persik berukuran medium menawarkan 9 persen asupan serat harian yang dibutuhkan tubuh per hari. Makanan yang tinggi serat dapat melindungi Anda dari gangguan kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, serta kanker usus besar.

Selain itu, konsumsi serat yang cukup bisa melindungi Anda dari konstipasi—buang air besar lancar!

  1. Menjaga berat badan ideal

Memiliki total kalori kurang dari 60 kalori, buah persik tidak mengandung lemak jenuh, kolesterol, ataupun natrium. Sementara itu, lebih dari 85 persen buah persik adalah air. Tak hanya itu, buah persik yang tinggi serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda terhindar dari ngemil berlebihan (apalagi makanan yang tidak sehat).

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Baik untuk sistem saraf

Menurut dr. Sepriani, buah persik kaya akan magnesium. Mineral ini baik untuk sistem saraf dan neurotransmiter di otak. Konsumsinya terbukti bermanfaat untuk mencegah gangguan cemas.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Peach juga mengandung vitamin dan zink yang tinggi. Keduanya penting untuk memperkuat sistem imunitas.

  1. Menjaga tulang dan gigi tetap sehat dan kuat

Buah persik juga dilengkapi fosfor yang jumlahnya cukup tinggi. Kata dr. Sepriani, jika buah ini dimakan bersama sumber kalsium lainnya, maka akan membantu menguatkan tulang dan gigi, menjaga kepadatan tulang, dan mencegah terjadinya osteoporosis di kemudian hari.

Selain itu, buah persik juga mengandung fluoride. Mineral yang bisa ditemukan di dalam pasta gigi ini dapat mengusir kuman di dalam mulut yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

  1. Baik untuk proses metabolisme

Buah persik juga memiliki kandungan kalium (atau potasium) yang cukup tinggi. Kalium adalah salah satu elektrolit yang penting di dalam tubuh, dan berperan dalam berbagai proses metabolisme. Senyawa ini penting untuk menjaga gerakan usus, irama jantung, dan kekuatan otot.

  1. Bersahabat dengan perut

Apabila perut sedang bermasalah, mengonsumsi buah persik kalengan mungkin ide bagus. Teksturnya halus dan lunak, kandungan seratnya lebih rendah ketimbang saat masih segar, dan mudah dicerna.

Masuk dalam daftar makanan gastrointestinal soft diet (atau diet untuk memulihkan usus), buah persik kalengan bisa membantu menenangkan sakit perut, serta meredakan diare dan perut bergas.

  1. Mencegah anemia

Juga dari KlikDokter, dr. Nadia Octavia juga turut menambahkan bahwa kandungan zat besi buah persik tergolong tinggi—100 gram buah persik kering mengandung 6 mg zat besi. Sehingga buah persik juga bisa dikonsumsi untuk mencegah anemia.

Jika Anda ingin mengonsumsi buah persik, Anda bisa memakannya langsung, dijadikan campuran smoothies, dipotong lalu dicampurkan ke dalam minuman seperti es teh atau lemonade, atau dimasak sebagai pendamping makanan utama.

Bagi Anda yang ingin merasakan manfaat buah persik, Anda bisa mencarinya di swalayan. Agar Anda bisa merasakan manfaat buah ini secara optimal, kombinasikan juga dengan beragam makanan sehat lainnya.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar