Kesehatan Umum

13 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Selulit

dr. Devia Irine Putri, 30 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bagi para wanita, munculnya selulit terasa mengganggu karena bisa merusak penampilan. Tapi tenang, ada banyak cara menghilangkan selulit yang dapat kamu coba.

13 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Selulit

Kulit sehat dan mulus tanpa cela adalah impian semua orang, khususnya wanita. Bagi wanita, kemunculan selulit bisa sangat meresahkan, sampai dapat menurunkan rasa percaya diri. 

Selulit adalah kerutan atau guratan pada kulit yang menyebabkan kulit tampak bergelombang, tidak rata, atau seperti kulit jeruk.

Hingga saat ini, belum ada penyebab pasti kenapa selulit bisa muncul. Namun, beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara hormon dan faktor genetik seseorang dengan timbulnya selulit. 

Selain itu, belum ada cara menghilangkan selulit yang benar-benar efektif. Namun, selulit masih bisa disamarkan. Berikut adalah beberapa tips untuk menyamarkan selulit yang dapat kamu coba. 

1. Menurunkan Berat Badan

Alat untuk Mengeluarkan Keringat, Efektifkah Menurunkan Berat Badan?

Untuk membantu mengatasi selulit, cara yang satu ini sangat penting. Pasalnya, penurunan berat badan berhubungan dengan penurunan jumlah lemak bawah kulit yang mendorong lapisan dermis. 

Oleh karena itu, pastikan kamu menurunkan berat badan dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. 

Artikel Lainnya: Cara Mudah Mengatasi Kulit Belang

2. Diet Detoksifikasi

Diet detoksifikasi dipercaya membantu menghilangkan selulit pada kulit. Pada diet ini, kamu mesti mengurangi konsumsi alkohol, kafein, karbohidrat, lemak jenuh, dan makanan olahan. 

Selain itu, kamu tidak boleh menggunakan obat tidur, laksatif, maupun obat diet. Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan seperti sayuran, buah, gandum utuh, dan serat.

3. Hentikan Kebiasaan Buruk

Gaya hidup yang kurang sehat seperti kurang bergerak dan merokok bisa menjadi penyebab munculnya selulit di tubuh. 

Jadi, untuk menghilangkan selulit, salah satu caranya adalah kamu harus menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Agar lebih mudah bagimu, cobalah untuk melakukannya perlahan-lahan dan minta bantuan ahli jika perlu.  

4. Pemijatan

Tahukah kamu bahwa melakukan pijat pada kulit bisa membantu menyamarkan selulit yang mengganggu? 

Ya, pemijatan pada kulit dianggap dapat menstimulasi pertumbuhan sel fibroblast, yang kemudian menurunkan keaktifan sel lemak. Selain itu, pemijatan juga bisa meningkatkan aliran darah. 

5. Menggunakan Krim 

Bisakah Krim Kulit Atasi Dermatitis Atopik? (rido/123rf)

Pernah dengar krim khusus selulit? Penggunaan krim ini juga dapat membantu mengurangi selulitmu

Pilihlah krim oles yang mengandung retinol karena dipercaya dapat membantu menyamarkan selulit. Kamu bisa mengoleskannya dua kali sehari, selama kurang lebih enam bulan untuk mendapatkan hasil yang baik.

Artikel Lainnya: Risiko di Balik Sedot Lemak yang Perlu Anda Tahu

6. Menggunakan Stocking

Ternyata menggunakan stocking bisa membantu menyamarkan selulit, lho! Stocking mencegah penumpukan cairan, sehingga selulit pun tampak tersamarkan. 

Namun, cara ini dapat berhasil jika kamu mengombinasikannya dengan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi seimbang dan berolahraga. 

7. Memanfaatkan Ampas Kopi

Salah satu cara untuk menghilangkan selulit adalah dengan memanfaatkan ampas kopi.

Kafein dalam ampas kopi bekerja dengan menarik cairan dari sel lemak, sehingga selulit tampak mengecil dan kulit terlihat lebih halus. Lakukan pijatan di area selulit dengan menggunakan ampas kopi.

8. Menggunakan Cuka Apel

Selain kopi, cuka apel turut dipercaya membantu mengurangi tampilan selulit. Cuka apel mengandung kalium, magnesium, dan kalsium yang dapat membuang sisa-sisa racun tubuh secara alami.

Kamu bisa memijat area yang berselulit dengan menggunakan campuran cuka apel dan madu. Pijat selama 20-30 menit dan lakukan dua kali seminggu.

9. Mengoleskan Minyak Kelapa 

Minyak Kelapa (Foto: Shutterstock)

Punya minyak kelapa di rumah? Cobalah untuk memanfaatkan bahan alami yang satu ini.

Memijat dengan minyak kelapa diyakini dapat membantu mengurangi selulit. Minyak kelapa bisa melembapkan kulit sehingga akan menyamarkan selulit.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Kerutan di Sekitar Mulut

10. Laser

Terapi laser bisa menjadi pilihan untuk mengatasi selulit. Melalui metode ini, serat tipis diselipkan di bawah kulit untuk mengirimkan panas dari sinar laser. 

Panas ini akan menghancurkan lemak, sehingga memperbaiki penampilan kulit dalam enam bulan atau lebih. 

11. Radiofrekuensi

Metode penghilang selulit lainnya adalah radiofrekuensi. Metode ini menggunakan sinar radiofrekuensi dengan suhu 52-55 derajat Celsius. 

Suhu ini dipercaya bisa mengurangi proses pembentukan lemak, sehingga selulit dapat memudar. Bonusnya, kulit pun jadi lebih kencang! 

12. Cryolipolysis

Cara kerja dari cryolipolysis adalah membekukan lemak di bawah kulit dengan menggunakan alat. Sel-sel lemak akan hancur dalam prosesnya. 

Prosedur ini non bedah dan dianggap bagus untuk mengurangi lemak di tubuh yang sulit dihilangkan dengan diet dan olahraga. Untuk memperoleh hasil yang diinginkan, diperlukan beberapa kali perawatan.  

13. Subcision

Subcision menjadi pilihan lain untuk membantu menyamarkan selulit. Prosedur ini dilakukan dengan cara menyisipkan jarum di bawah kulit untuk memutuskan ikatan jaringan penyebab selulit. 

Hasilnya bisa bertahan selama dua tahun, bahkan lebih. Selain selulit, subcision juga dapat digunakan untuk mengatasi bekas luka dan kerutan. 

Artikel Lainnya: Manfaat Mikrodermabrasi untuk Wajah Sehat dan Cantik

Meskipun belum ada cara yang dapat menghilangkan selulit sepenuhnya secara efektif dan signifikan, kamu tetap bisa berupaya untuk menguranginya secara alami dengan berolahraga.

Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan selulit yang tepat.

Cari tahu informasi lainnya seputar kesehatan kulit dengan download aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit melalui fitur Tanya Dokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

Kulit selulitkulit

Konsultasi Dokter Terkait