Sukses

Camilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi saat di Kantor

Sedang asyik bekerja, namun tiba-tiba lapar di antara jam makan? Jangan sungkan untuk ngemil! Ini beberapa camilan sehat untuk di kantor yang bisa Anda jadikan pilihan.

Saat sedang asyik bekerja, perasaan lapar kadang bisa datang tanpa diduga-duga. Untuk menyiasati hal ini, Anda sebaiknya menyiapkan camilan di meja kerja. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, selama Anda memilih jenis camilan sehat.

Tidak dimungkiri, selama ini ngemil memang identik dengan peningkatan berat badan. Hal ini khususnya akan dirasakan jika Anda memilih jenis camilan yang salah.

Lantas, harus bagaimana? Tentu saja, Anda wajib memilih jenis camilan sehat yang mengandung banyak nutrisi. Jenis camilan yang seperti ini umumnya tidak menyebabkan peningkatan berat badan dengan cepat.

 

1 dari 3 halaman

Pilihan Camilan Sehat untuk di Kantor

Camilan sehat tidak akan berdampak signifikan pada peningkatan berat badan. Justru dengan kandungan di dalamnya, camilan ini bisa memberikan Anda energi dan nutrisi penting bagi tubuh. 

Artikel Lainnya: Resep Mudah Membuat Camilan Sehat untuk Anak 

Apa saja sih yang termasuk sebagai camilan sehat?

1. Yoghurt dan Buah

Yoghurt dan buah adalah kombinasi camilan sehat dan mengenyangkan di sela waktu senggang. Camilan ini kaya dengan kalsium, protein, dan probiotik, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh khususnya saluran pencernaan.

Agar manfaatnya lebih maksimal, pilihlah jenis yoghurt tanpa rasa (plain) dan tambahkan dengan beberapa potongan buah favorit Anda. 

2. Buah dan Kacang Segar

Terkadang, camilan terbaik adalah yang paling sederhana. Buah dan kacang segar adalah salah satu contohnya. 

Satu pir dan dua belas biji almond mengandung kurang dari 200 kalori, dengan banyak vitamin, mineral, serat, dan lemak sehat.

Anda juga bisa mencoba campuran apel dan kacang kenari. Agar lebih menggugah selera, pasangkan buah dan kacang bersama keju. Tapi ingat, jangan banyak-banyak, ya!

Lemak sehat yang terkandung pada kacang-kacangan baik untuk kesehatan pembuluh darah. Kacang tersebut juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang ada di dalam tubuh, sehingga meminimalkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Salad Kecil

Salad yang dingin dan renyah dapat membantu Anda kenyang sampai jam pulang tiba. Campurkan salad sayuran, buah-buahan kering, dan kacang favorit Anda ke dalam wadah yang bisa ditutup kembali. 

Tambahkan saus sesuai selera ketika Anda ingin mengonsumsinya. Anda bisa memilih saus mayonnaise rendah lemak atau dressing dengan minyak zaitun dan perasan lemon. 

Salad ukuran kecil biasanya rendah kalori dan menawarkan banyak vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

4. Semangkuk Sup

Salah satu camilan yang cukup sederhana dan mudah untuk disiapkan adalah sup. Selain sehat, sup juga merupakan camilan yang mengenyangkan. 

Sup yang baik adalah yang mengandung paduan dari sayur-sayuran, kacang-kacangan, lentil, atau ayam. Bila dikonsumsi dengan porsi yang tepat, sup dapat membantu meningkatkan energi dan membantu menjaga semangat Anda selama di kantor.

Artikel Lainnya: 8 Camilan Sehat untuk Si Kecil

5. Sandwich ukuran Kecil

Sandwich ukuran makan siang mungkin terlalu besar untuk camilan sore hari. Jadi, buatlah sandwich dengan versi yang lebih kecil. 

Gunakan roti gandum, banyak sayuran, dan mungkin satu atau dua potong daging tanpa lemak. Sandwich kecil seperti ini menawarkan banyak vitamin dan mineral, dengan kandungan kurang dari 300 kalori.

2 dari 3 halaman

Makanan Sehat ini Juga Enak

6. Apel dan Selai Kacang

Camilan ini mirip dengan buah dan kacang, tetapi jauh lebih mengenyangkan dan enak. Apel mengandung serat tinggi dan tersedia dalam berbagai varian, mulai dari renyah dan asam, sampai berair dan manis. 

Pasangkan dengan selai kacang atau mentega almond tanpa gula tambahan. Dengan demikian, kandungan nutrisinya akan lebih lengkap lagi.

7. Tuna dan Biskuit

Salah satu camilan yang dapat dikonsumsi di kantor adalah paduan antara tuna dan biskuit. Kedua hal ini merupakan kombinasi yang tepat dari karbohidrat, protein, dan lemak yang dapat membuat Anda merasa kenyang dan berenergi.

Artikel Lainnya: Cara Jitu Mengatasi Kencaduan Fast Food

Anda bisa menggunakan ikan tuna yang diolah sendiri dengan cara rebus atau tumis, atau ikan tuna kaleng. Namun, apabila memilih ikan tuna kaleng, perhatikan fakta nutrisi agar yang Anda konsumsi sepenuhnya sehat. 

8. Roti Gandum

Roti gandum bisa menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik, karena dinilai bisa menghasilkan energi yang cukup. Selain itu, roti gandum juga cenderung rendah karbohidrat namun tinggi serat.

Kandungan serat di dalam roti gandum bahkan dapat membantu melancarkan buang air besar. Oleh sebab itu, roti gandum bisa menjadi salah pilihan untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda. 

Sebagai camilan sehat, Anda dapat menambahkan topping seperti selai buah dan madu di atas roti gandum.

9. Oatmeal

Anda pasti sudah tak asing dengan oatmeal. Ya, oatmeal sering dipilih untuk mengawali hari alias sebagai sarapan. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsinya sebagai camilan di kantor. 

Oatmeal mengandung karbohidrat, serat, protein dan rendah sodium. Kombinasi tersebut sangat baik untuk mempertahankan tekanan darah. 

Penyajiannya pun cukup mudah, yaitu dengan diseduh dengan air panas atau dimasak di microwave. Anda bisa menambahkan potongan buah, kismis, atau susu sebagai pelengkap. 

10. Trail Mix

 

Trail mix adalah camilan sehat yang terdiri dari campuran kacang panggang, aneka buah kering dan biji-bijian. 

Trail mix kaya akan nutrisi dan kalori. Oleh sebab itu, Anda harus memerhatikan label nutrisi yang terdapat pada kemasan. Camilan ini bisa langsung Anda konsumsi atau bisa juga dicampur dengan bahan lain seperti yoghurt. 

Itu dia beberapa pilihan camilan sehat untuk di kantor. Mana yang menjadi favorit Anda? Pastikan untuk tetap ingat porsi saat mengonsumsinya, agar manfaat yang didapatkan sepenuhnya optimal.

Jika Anda ingin tahu ide camilan sehat lainnya, jangan sungkan untuk bertanya pada tim dokter dari KlikDokter melalui Live Chat 24 jam. Gratis, lho!

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar