Sukses

8 Camilan Sehat untuk Anda di Kantor

Kalau sedang lapar di kantor, ngemil bukan masalah. Hanya saja, pilihlah camilan sehat. Apa saja ya?

Klikdokter.com, Jakarta Camilan kerap dikaitkan dengan makanan ringan yang minim nutrisi tapi kaya kalori. Akibatnya, berat badan akan mudah melonjak kalau terlalu banyak ngemil. Padahal selama Anda pilih camilan sehat, tidak ada yang salah dengan camilan.

"Camilan memang kerap dikaitkan dengan makanan penyebab naiknya berat badan. Padahal, kalau Anda lebih selektif dalam memilih, ternyata ada banyak camilan sehat," ujar dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter.

Pilihan camilan sehat di kantor

Camilan sehat tidak akan berdampak signifikan pada pertambahan berat badan. Justru dengan kandungan di dalamnya, camilan ini bisa memberikan Anda energi dan nutrisi penting bagi tubuh. Apa saja sih camilan sehat itu?

  1. Yoghurt dan buah

Yoghurt dan buah adalah kombinasi camilan sehat dan mengenyangkan di sela waktu senggang. Kaya dengan kalsium, protein, dan probiotik, ngemil yoghurt bisa membuat membuat Anda mendapatkan 150 kalori.

Satu porsi yoghurt polos adalah sumber protein non-daging yang sangat baik, setara dengan 7 ons dada ayam tanpa kulit. Pilihlah yoghurt tanpa pemanis, lalu tambahkan buah-buahan favorit Anda.

  1. Buah dan kacang segar

Terkadang camilan terbaik adalah yang paling sederhana. Buah dan kacang segar adalah salah satu contohnya. Satu pir dan selusin almond mengandung kurang dari 200 kalori dengan banyak vitamin, mineral, serat, dan lemak sehat.

Anda juga bisa mencoba campuran apel dan kacang kenari. Agar lebih menggugah selera, pasangkan buah dan kacang bersama keju. Tapi ingat, jangan banyak-banyak, ya!

  1. Salad kecil

Salad yang dingin dan renyah dapat membantu Anda kenyang sampai jam pulang tiba. Campurkan salad sayuran, buah-buahan kering, dan kacang favorit Anda ke dalam wadah yang bisa ditutup kembali. 

Tambahkan saus ketika Anda ingin memakannya. Salad ukuran kecil biasanya rendah kalori dan menawarkan banyak vitamin, mineral, dan serat.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Semangkuk sup

Salah satu camilan yang cukup sederhana cukup mudah untuk disiapkan adalah sup. Selain sehat, sup juga merupakan camilan yang mengenyangkan. Sup yang baik adalah yang mengandung paduan dari sayur-sayuran serta protein seperti kacang-kacangan, lentil, atau ayam. Bila dikonsumsi dengan porsi yang tepat, sup dapat membantu meningkatkan energi dan membantu menjaga semangat Anda selama di kantor.

  1. Sandwich ukuran kecil

Sandwich ukuran makan siang biasa mungkin terlalu besar untuk camilan sore hari. Jadi, bungkuslah versi yang lebih kecil. Pilih roti gandum, banyak sayuran, dan mungkin satu atau dua potong daging tanpa lemak. Sandwich kecil seperti ini menawarkan banyak vitamin dan mineral dengan kurang dari 300 kalori.

  1. Apel dan selai kacang

Camilan ini mirip dengan buah dan kacang, tetapi jauh lebih mengenyangkan dan enak. Apel mengandung serat tinggi dan tersedia dalam berbagai varietas mulai dari renyah dan asam sampai berair dan manis. Pasangkan dengan selai kacang atau mentega almond tanpa gula tambahan.

  1. Tuna dan biskuit

Salah satu camilan yang dapat dikonsumsi di kantor adalah paduan antara tuna dan biskuit. Kedua hal ini merupakan kombinasi yang tepat dari karbohidrat, protein, dan lemak, yang dapat membuat seseorang merasa kenyang dan berenergi.

  1. Roti gandum

Roti gandum bisa menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik karena dinilai bisa menghasilkan energi yang cukup, tapi tidak tinggi karbohidrat. Selain itu, kata dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, roti gandum merupakan pilihan sehat karena kandungan seratnya tinggi.

“Serat dalam roti gandum merupakan serat yang tidak larut dan sulit dicerna. Serat ini akan melewati saluran pencernaan dalam keadaan utuh sehingga meningkatkan berat tinja dan membantu melancarkan buang air besar,” kata dr. Fiona.

Sebagai camilan sehat, Anda bisa menambahkan topping selai buah dan madu di atas roti gandum.

Nah, jadi jangan ragu lagi untuk ngemil di sela waktu kantor yang menjemukan. Asalkan, Anda memilih camilan sehat di atas yang tidak membuat berat badan bertambah. Hasilnya, Anda justru akan kenyang dan jadi berenergi di saat bersamaan.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar