Sukses

Gigi Sensitif Tak Kunjung Reda, Ini Alasannya!

Gigi sensitif tidak dapat hilang dengan sendirinya. Anda perlu melakukan penanganan yang tepat untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Satu dari tiga orang menderita gigi sensitif. Tak hanya itu, dua dari lima orang berusia 18-35 tahun ternyata menderita gigi sensitif. Karena itulah, sebelum mengalaminya, sangat penting bagi Anda untuk mulai merawat gigi sejak usia muda.

Gigi sensitif adalah rasa ngilu yang berlangsung sebentar dan tajam saat terkena suatu rangsangan panas, dingin, serta makanan yang bersifat asam. Kondisi ini tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman ketika makan dan minum makanan panas atau dingin. Meski umumnya bersifat sementara, rasa ngilu akibat gigi sensitif harus segera ditangani agar tidak muncul lagi.

Bagaimana gigi sensitif terjadi?

Pada gigi yang sehat, bagian mahkota gigi dilapisi oleh lapisan pelindung yang disebut enamel dengan batas di bagian atas garis gusi. Adapun pada bagian bawah garis gusi terdapat lapisan sementum yang melindungi akar gigi.

Pada umumnya, gigi sensitif terjadi utamanya karena dua hal, yaitu turunnya gusi dan terkikisnya lapisan enamel. Penurunan gusi (resesi gingiva) dapat disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi terlalu keras. Terkikisnya lapisan pelindung gigi atau lapisan enamel karena paparan makanan atau minuman yang bersifat asam.                                                                            

Pada bagian bawah lapisan enamel dan sementum ini terdapat lapisan dentin yang terdapat rongga-rongga atau kanal di dalamnya. Pada gigi yang sensitif, rongga-rongga dentin ini terbuka. Saat terpapar makanan panas, minuman dingin, maupun gesekan saat menyikat gigi rasa ngilu pun datang.

Perawatan gigi sensitif

Jika Anda mengalami gigi sensitif, jangan dibiarkan. Atasi dengan Sensodyne Rapid Relief sebagai solusi cepat untuk meredakan rasa ngilu sejak pemakaian pertama.

Sensodyne Rapid Relief memiliki kandungan strontium acetate yang terbukti secara klinis dapat menangani gigi ngilu dengan cepat sejak pemakaian pertama. Zat ini berfungsi menghalangi tubuli dentin yang terbuka dan mencegah rangsangan seperti makanan panas dan dingin memicu saraf.

Hal ini didukung oleh penelitian-penelitian yang telah menunjukkan berkurangnya hipersensitivitas dentin secara langsung setelah pengaplikasian pasta yang mengandung formula strontium acetate.

Aplikasi langsung yang dimaksud adalah mengoleskan pasta gigi menggunakan jari langsung ke area gigi sensitif. Hal ini terbukti efektif dapat mengurangi sensasi ngilu akibat gigi sensitif. Untuk mendapatkan perlindungan jangka panjang, rutin menyikat gigi dua kali sehari secara teratur perlu dilakukan.

Jadi, untuk redakan gigi sensitif, mulai gunakan pasta gigi Sensodyne Rapid Relief secara teratur. Penggunaan yang rutin akan membantu meredakan rasa ngilu akibat gigi sensitif. Selain itu, lakukan pula pemeriksaan oleh dokter gigi agar masalah tidak bertambah parah. Jangan sampai gigi sensitif merusak aktivitas Anda sehari-hari.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar