Sukses

5 Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Ruam popok pada bayi sering membuat si Kecil jadi rewel. Berikut cara mengatasi ruam popok pada bayi yang bisa Anda lakukan di rumah.

Klikdokter.com, Jakarta Bayi dan balita sering mengalami ruang popok atau diaper rash. Kondisi ini bisa menimbulkan iritasi hebat dan memicu kerusakan pada kulit bayi. Oleh karenanya Anda perlu segera mengatasi ruam popok pada bayi untuk mencegah kondisi tersebut makin memburuk. 

Ruam popok pada bayi biasanya ditandai oleh kulit yang kemerahan pada daerah bokong, lipatan paha, dan genital. Selain menimbulkan bercak kemerahan, ruam popok juga menimbulkan rasa gatal dan nyeri yang sangat mengganggu bayi. Akibatnya anak jadi lebih rewel dan mudah menangis jika mengalami gangguan kesehatan ini.

Cara mengatasi ruam popok

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter ada lima cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Berikut pemaparannya: 

  1. Sering mengganti popok bayi

Jika popok bayi terasa sudah penuh dan kotor, segera ganti popok yang sedang digunakan dengan yang baru. Urine atau tinja yang menempel pada kulit bayi terlalu lama dapat mengiritasi kulit bayi yang masih sangat sensitif. Ketika Anda mengganti popok bayi, ini akan mengurangi risiko iritasi akibat paparan urine dan tinja yang menempel di kulit. 

Dilansir dari WebMD, Anda disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengganti popok bayi. Hal ini guna mencegah kuman dan bakteri yang menempel pada kulit tangan Anda, berpindah ke kulit bayi. 

  1. Cuci bokong bayi dengan air

Saat mengganti popok bayi, jangan lupa untuk mencuci bokong bayi dengan air yang mengalir terlebih dahulu. Ini penting dilakukan untuk menghilangkan sisa tinja atau urine yang masih menempel di kulit bayi.

Disarankan untuk tidak menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol untuk mengelap bokong bayi. Tisu basah yang mengandung alkohol dan pewangi dapat mengiritasi kulit bayi.

Jika sedang berada di luar rumah dan tidak memungkinkan untuk mengganti popok di kamar mandi, Anda bisa menggunakan tisu basah bebas alkohol. Tisu basah seperti ini diformulasikan lembut dan cocok untuk kulit bayi.

  1. Jangan lupa keringkan

Setelah dicuci, keringkan bokong bayi dengan handuk kering atau tisu kering. Namun, jangan menggosok daerah bokong bayi karena dapat mengiritasi kulit. Biarkan bokong bayi kering sebelum menggunakan popok.

  1. Pilih popok yang tidak terlalu sempit

Popok yang terlalu sempit dapat menyebabkan munculnya ruam popok. Hal ini karena terjadinya gesekan antara popok dengan kulit bayi, sehingga memicu lecet di area bokong maupun lipatan paha. Untuk itu, gunakanlah popok dengan ukuran yang sesuai untuk ukuran bayi Anda.

  1. Gunakan losion khusus ruam popok

Terdapat beberapa produk bayi yang khusus diformulasikan untuk mencegah ruam popok. Oleskan krim atau losion tersebut pada daerah bokong dan lipatan-lipatan di sekitar bokong dan genital untuk mencegah iritasi.

Pilihlah produk losion yang mengandung allantoin yang berperan sebagai anti iritasi dan mengandung zinc. Bahan ini berkhasiat meredakan ruam kemerahan akibat iritasi atau pemakaian popok yang terlalu lama dan terlalu ketat.

Nah, Anda bisa menyotek tips mengatasi ruam popok pada bayi di atas jika si Kecil di rumah mengalami kondisi ini. Kuncinya adalah Anda harus selalu menjaga kebersihan popok si Kecil. Jika sudah penuh dan lama dipakai, segera ganti dengan yang baru.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar