Sukses

Ibu Hamil Kebo, Bagaimana Penjelasan Medisnya?

Anda tidak merasakan mual ataupun sakit selama hamil? Bisa jadi Anda mengalami hamil kebo!

Klikdokter.com, Jakarta Berbeda dengan ibu hamil kebanyakan yang mengalami keluhan di pagi hari, wanita yang hamil kebo relatif tidak merasakan keluhan tersebut. Ibu hamil kebo relatif bebas dari masalah mual, muntah, dan sulit tidur. Lantas, apa arti hamil kebo sendiri menurut pandangan medis? 

Dijelaskan dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, sebenarnya istilah hamil kebo itu kan istilah orang awam. Dalam bidang medis sendiri sebenarnya tidak ada kata hamil kebo. Hamil kebo itu sendiri sebenarnya adalah ibu hamil yang tidak merasakan rasa mual atau keluhan lain yang biasa dialami oleh kebanyakan ibu hamil.

Menurut dr. Dyan Mega, pada dasarnya tidak semua ibu hamil sensitif dengan perubahan hormon yang ada. Kalau Anda tidak mengalami keluhan yang berarti selama kehamilan, Anda wajib bersyukur karena tidak semua ibu merasakan hamil kebo. 

Ditambahkan oleh dr. Dyan Mega, setiap ibu hamil punya respons masing-masing terhadap perubahan hormon. Kalau tubuhnya merespons perubahan dengan sensitif, maka ibu akan sering merasa mual, muntah, pusing dan lemas.

Tanda ibu hamil kebo

Selain tidak mengalami mual dan muntah (morning sickness), ada lagi tanda hamil kebo yang perlu Anda ketahui. Dijelaskan oleh dr. Dyan Mega, berikut adalah tanda-tandanya: 

1. Jarang merasa pusing dan nyeri

Bukan hanya tidak merasa mual, ibu hamil kebo juga sangat jarang merasa pusing dan nyeri pada pinggang. Hal ini akan membuat ibu hamil dapat beraktivitas seperti biasanya. 

2. Gampang tidur 

Keluhan lain yang sering dipermasalahkan oleh ibu hamil adalah sulit tidur di malam hari. Hal ini disebabkan adanya perubahan pada fisik ibu yang membuatnya lebih sulit bergerak dan semakin membesarnya janin. Beruntungnya, ibu hamil kebo tidak merasakan keluhan ini. Ibu hamil kebo justru lebih mudah tertidur di mana saja dan kapan saja, ketika mereka memang ingin tertidur. 

3. Tidak pilih-pilih makanan

Ciri hamil kebo lainnya ditandai dengan ibu yang tidak cerewet dalam pilih-pilih makanan. Ibu hamil kebo bisa mengonsumsi makanan apa saja tanpa harus mengeluh mual.

Tips memiliki kehamilan yang sehat

Baik itu hamil kebo maupun hamil biasa, Anda tetap perlu menjaga kehamilan dengan baik. Memiliki hamil kebo, bukan berarti Anda bebas memilih dan melakukan aktivitas sesukanya.

Adapun beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar kehamilan tetap sehat dan berjalan dengan lancar, yaitu: 

  • Perhatikan kebutuhan kalori

Untuk ibu hamil di trimester pertama, yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah berapa banyak kalori yang dibutuhkan. Sebagai acuan, enam bulan pertama kehamilan (trimester pertama dan kedua), kalori yang dibutuhkan adalah sekitar 2.000 kalori.

Adapun, ibu hamil trimester ketiga membutuhkan 2.200 kalori per hari. Tentu hal tersebut juga disesuaikan dengan berat badan, aktivitas, dan jenis kehamilannya (bayi kembar atau tidak).

  • Asupan nutrisi terbaik bagi ibu hamil

Ibu hamil juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang dianjurkan adalah yang kaya asam folat seperti telur, jeruk, asparagus, dan brokoli; serta makanan yang kaya vitamin B6 seperti pisang, kacang-kacangan, serta roti gandum.

Di samping itu, makanan yang kaya zat besi seperti sayuran hijau dan daging merah juga penting untuk dikonsumsi.

  • Lakukan yoga prenatal

Yoga prenatal menjadi salah satu aktivitas fisik yang dianjurkan untuk dilakukan ketika hamil. Selain dapat menjaga kebugaran, yoga prenatal juga dapat membantu tubuh lebih siap menghadapi persalinan dan turut serta dalam menjaga kesehatan janin.

Hamil kebo sebenarnya merupakan kondisi ketika ibu hamil tidak merasakan rasa mual atau keluhan lain yang biasa dialami oleh kebanyakan ibu hamil lainnya. Kalau Anda mengalaminya, bersyukurlah. Meski begitu, Anda tetap harus menjaga kondisi fisik dan asupan nutrisi dengan baik. Jangan mentang-mentang bisa makan semua, Anda malah kalap mengonsumsi makanan tidak bergizi, ya!

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar