Sukses

Manfaat Tidur Siang yang Penting untuk Anda

Tidur siang dipercaya memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. Apa saja manfaat tidur siang? Simak manfaat tidur siang bagi kesehatan di sini.

Saat masih anak-anak, waktu tidur siang nyaris tak pernah dilewatkan. Namun, semakin dewasa dan sudah sibuk dengan pekerjaan, jam istirahat tersebut mulai ditinggalkan.

Padahal, meski hanya sebentar, tidur siang bisa memberikan efek positif bagi tubuh Anda. Apa manfaat tidur siang bagi kesehatan? Berikut daftarnya.

1. Memperbaiki Memori

Tidur siang mampu membuat Anda lebih mudah mengingat apa yang telah dipelajari di siang hari, setara dengan tidur tanpa terganggu di malam hari.

Dengan tidur siang, Anda akan terhindar dari lupa, persepsi indera, serta ingatan verbal.

1 dari 4 halaman

2. Lebih Mudah Menghubungkan Fakta

Tidur siang membuat Anda lebih mudah menyambungkan fakta-fakta yang baru dipelajari. Anda pun lebih mudah menangkap konsep secara keseluruhan.

Ditemukan bahwa mereka yang tidur siang lebih mudah menyatukan informasi yang didapat di siang hari.

Artikel Lainnya: Bagaimana Posisi Tidur Terbaik bagi Tubuh Anda?

3. Memperbaiki Suasana Hati

Mungkin tak disadari, tetapi salah satu manfaat tidur siang adalah untuk memperbaiki suasana hati, lho! Jadi, ketika Anda merasa sedih, cobalah untuk tidur siang agar suasana hati dapat meningkat.

Tidur siang atau bahkan beristirahat dengan berbaring saja akan mampu memperbaiki mood Anda di sisa hari.

4. Lebih Baik dari Kafein

Tidur siang lebih efektif dibanding kafein saat Anda merasa lelah di saat harus tetap bekerja atau belajar. Dibandingkan dengan kafein, tidur siang lebih membawa manfaat pada ingatan yang lebih baik.

2 dari 4 halaman

5. Mengurangi Stres

Ketika berada di bawah banyak tekanan, tidur siang mampu mengurangi stres dan meningkatkan daya tahan tubuh. Para ahli percaya bahwa tidur siang selama 30 menit dapat mewujudkan hal ini.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Tidur siang selama 45-60 menit mampu menurunkan tekanan darah setelah mengalami suatu stres psikis.

Dengan tidur siang, tubuh Anda dapat pulih kembali dari situasi yang menekan, baik yang mengganggu fisik maupun psikis.

7. Jadi Lebih Kreatif

Pernahkah Anda terbangun dengan ide yang cemerlang? Tidur fase REM atau rapid eye movement mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan pencitraan dan mimpi.

Tidur siang dengan fase REM dapat membantu Anda menggabungkan ide baru atau jawaban yang Anda butuhkan. Fase ini biasanya dimulai 70-90 menit setelah Anda terlelap.

Artikel Lainnya: Berbagai Kebiasaan Sebelum Tidur yang Baik untuk Kesehatan

3 dari 4 halaman

8. Lebih Mudah Tidur di Malam Hari

Meski terkesan tidak logis, manfaat tidur siang ternyata mampu membantu lansia memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.

Studi menunjukkan, tidur siang selama 30 menit, antara pukul 1-3 siang, yang digabungkan dengan latihan aerobik intensitas sedang seperti berjalan atau peregangan di malam hari, dapat memperbaiki kualitas tidur di malam hari. Kesehatan fisik maupun psikis juga mampu meningkat.

9. Penting untuk Anak

Tak hanya untuk dewasa, tidur siang juga penting untuk balita karena penting untuk pembelajaran dan perkembangan di usia tersebut.

Balita yang tidur siang secara rutin lebih mudah mengingat apa yang sudah dipelajari. Karena memori jangka pendek terbatas di usia tersebut, balita masih membutuhkan lebih banyak tidur, agar memori dapat lebih melekat ke otak.

10. Mengurangi Kantuk di Siang Hari

Pada dewasa muda, memiliki kebiasaan tidur siang ternyata mampu mengurangi rasa kantuk di siang hari. Mereka juga cenderung memiliki performa berpikir dan pengaturan emosi yang lebih baik.

Anda tertarik mendapatkan manfaat tidur siang bagi kesehatan di atas? Jika situasinya memungkinkan, tak ada salahnya Anda terlelap sejenak.

Sisihkan waktu 10-20 menit saja di siang hari alias power nap. Jangan terlalu lama agar setelah bangun tidak merasakan efek negatif dari tidur siang.

Dapatkan informasi seputar kesehatan lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

Referensi:

Sleep Foundation. Napping. https://www.sleepfoundation.org/sleep-hygiene/napping

WebMD. Health Benefits of Napping. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-health-benefits-of-napping

0 Komentar

Belum ada komentar