Sukses

10 Manfaat Tidur Siang yang Penting untuk Anda

Manfaat tidur siang untuk kesehatan ternyata tidak bisa diremehkan begitu saja. Simak uraiannya dalam artikel ini.

Klikdokter.com, Jakarta Waktu Anda masih bocah, manfaat tidur siang mungkin tidak pernah ada dalam benak Anda. Saat itu, tidur siang lebih seperti sebuah keharusan yang dicanangkan oleh orang tua Anda. Padahal, ada sederet manfaat tidur siang yang sebenarnya sangat sayang untuk dilewatkan.

Uniknya, meski tidur siang punya segudang manfaat, saat seseorang dewasa dan mulai sibuk bekerja, kebiasaan tidur siang justru sering ditinggalkan. Tentu saja tidur siang sebenarnya tidak perlu Anda lakukan berlama-lama. Meski Anda lakukan hanya sebentar, tidur siang juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan Anda.

Jika Anda tidak percaya, inilah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tidur siang, meski hanya sebentar:

1. Meningkatkan daya ingat

Banyak studi yang menunjukkan bahwa tidur punya peran dalam penyimpanan memori. Tidur siang dapat membantu Anda mengingat hal-hal yang Anda pelajari sebelumnya, dengan kapasitas sebesar tidur malam. Tidur siang berfungsi untuk mencegah Anda melupakan hal-hal seperti kemampuan motorik, respons pancaindra, serta ingatan verbal.

2. Meningkatkan kemampuan mengolah informasi

Tak hanya membantu mengingat lebih baik tentang apa saja yang dipelajari, tetapi tidur siang juga bisa membantu otak menemukan koneksi dari berbagai data atau informasi untuk menemukan “gambaran besar”.

Dalam satu studi, mereka yang rutin tidur siang lebih mudah untuk mengumpulkan dan mengolah informasi yang mereka dapat sebelumnya.

3. Lebih konsisten

Saat melakukan tugas berulang, kinerja Anda akan menurun seiring berjalannya hari. Beberapa studi menemukan bahwa tidur siang dapat membantu membuat performa kerja lebih konsisten.

4. Memperbaiki suasana hati

Jika merasa sedih atau tak bersemangat, tidurlah sejenak untuk memperbaiki suasana hati (mood) Anda. Jangankan tidur siang, sekadar berbaring tanpa tertidur juga sama efeknya.

Para ahli mengatakan, relaksasi yang berasal dari berbaring dan beristirahat adalah pendongkrak suasana hati, baik Anda tertidur atau tidak.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Menambah tenaga dan semangat

Capek kerja atau mengantuk setelah makan siang? Kata dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc(Hons), tidur siang dapat menjaga tenaga yang tersisa di tubuh sekaligus mengusir rasa kantuk.

“Tidur siang singkat juga bisa mengembalikan tenaga dari kelelahan, sehingga semangat jadi bertambah untuk menjalani sisa hari,” kata dr. Jesslyn.

6. Meningkatkan konsentrasi

“Jika saraf sudah tenang setelah tidur siang singkat, maka konsentrasi juga bisa bertambah,” ujar dr. Jesslyn. Anda bisa kembali beraktivitas dengan tubuh yang lebih segar dan lebih fokus.

7. Mengurangi stres

Beban kerja yang menumpuk, ada masalah keluarga, atau menerima perlakuan semena-mena dari bos di kantor tentu bisa bikin stres. Kata dr. Jesslyn, sebuah penelitian dari Allegheny College, Amerika Serikat, mengatakan bahwa tidur siang singkat dapat membantu tubuh mengatasi kecemasan dan stres.

8. Menyehatkan jantung

Terdapat satu studi yang menemukan bahwa mereka yang tidur siang selama 45-60 menit memiliki tekanan darah yang lebih rendah setelah melalui stres mental. Artinya, tidur siang dapat membantu tubuh pulih dari situasi yang penuh tekanan.

9. Lebih kreatif

Pernahkan ketika terbangun dari tidur, ide-ide mengalir deras? Tidur REM, umumnya 70-90 menit setelah tertidur, mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan bahasa visual atau kiasan, serta mimpi. Tidur siang dengan tidur REM membuat membuat Anda mengombinasikan ide-ide dengan cara baru serta menyelesaikan masalah.

10. Tidur malam jadi lebih baik

Meski kebanyakan berpikiran sebaliknya, tetapi ada satu studi yang menemukan bahwa tidur siang pada orang dewasa yang berusia lebih tua dapat meningkatkan kualitas tidur pada malam hari.

Studi menunjukkan, tidur siang selama 30 menit antara jam 1-3 siang, dikombinasikan dengan latihan fisik sedang seperti jalan kaki dan peregangan pada malam hari, dapat meningkatkan tidur malam. Selain itu, kesehatan fisik dan mental juga dilaporkan lebih baik.

2 dari 3 halaman

Tips agar tidur siang efektif

Jika dilakukan dengan tepat, tidur siang menawarkan berbagai manfaat. Dianjurkan oleh dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc, dari KlikDokter, berikut ini adalah tips agar tidur siang Anda efektif.

  • Sesuaikan waktu tidur siang

Idealnya, durasi tidur siang adalah 20-30 menit. Hindari tidur siang lebih dari 1 jam, kerena bisa bikin Anda bingung dan grogi saat terbangun, serta berpotensi mengganggu jam malam.

  • Cari tempat yang gelap, tenang, sejuk

Meredupkan cahaya dan menjauhkan diri dari bising dapat membantu Anda tertidur lebih cepat. Selain itu, kata dr. Nitish udara yang sejuk juga akan membuat Anda lebih nyaman untuk beristirahat sejenak.

  • Rencanakan tidur siang

“Waktu tidur siang yang teratur dan terencana dapat membuat tubuh terbiasa dengan rutinitas, serta membantu untuk tertidur lebih cepat dan terbangun lebih mudah,” jelas dr. Nitish.

  • Perhatikan jadwal konsumsi kafein

Secara umum, asupan kafein – baik dalam kopi maupun minuman lainnya – akan membuat seseorang terajaga. Karenanya, sesuaikan waktu konsumsi kafein dengan jadwal tidur siang, agar tidak mengganggu kemudahan tertidur.

Mulai sekarang, yuk jadikan tidur siang sebagai salah satu kebiasaan sehat. Tak perlu lama-lama, manfaat tidur siang sudah bisa Anda dapatkan kok meski Anda hanya terlelap 20-30. Namun agar hasilnya lebih maksimal, kombinasikan juga dengan pola hidup sehat lainnya, ya, seperti rutin berolah raga, mengonsumsi makanan bergizi dan menghindari stres.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar