Sukses

5 Minuman yang Baik Diminum Anak

Selain orang dewasa, anak juga butuh asupan cairan yang sehat setiap pagi. Berikut ini adalah minuman yang baik diminum anak untuk sarapan.

Klikdokter.com, Jakarta Pada dasarnya, apa yang dikonsumsi anak tiap pagi harus mengandung nutrisi esensial untuk mendukung aktivitasnya. Tak cuma makanan, tetapi juga minuman. Ada beberapa jenis minuman yang baik diminum anak setiap pagi.

Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan, pemilihan minuman yang baik untuk anak ini tentu saja didasarkan pada kandungan gizi yang berguna untuk anak.

Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis asupan cairan yang bisa diminum anak di pagi hari atau pada saat sarapan:

1. Air putih

Biasakan anak untuk minum air putih pada pagi hari. Air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan dan berbagai proses vital dalam tubuh anak, termasuk pengaturan suhu tubuh dan fungsi organ.

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid, dari KlikDokter, kebutuhan air putih anak bervariasi, tergantung aktivitas dan usianya.

“Namun secara umum, pada anak berusia di bawah 8 tahun membutuhkan air putih sebanyak 1.000-1.300 mililiter per hari. Anak yang lebih besar membutuhkan air putih sebanyak 1.300-1.500 militer (perempuan) dan 1.500-1.700 mililiter (laki-laki),” terang dr. Resthie.

Asupan air putih bisa didapatkan dengan mengonsumsi air putih saja atau mencampurnya menjadi jus buah.

Tidak seperti minuman lainnya, air putih tidak mengandung kalori, sehingga kecil kemungkinannya membuat anak merasa kenyang ketika jam makan. Ini penting apalagi jika anak Anda adalah seorang picky eater.

Lebih dari itu, cukup minum air berguna untuk menjaga berat badan ideal, mengurangi risiko gigi berlubang, dan meningkatkan fungsi otak anak. Dehidrasi dapat berdampak buruk pada kesehatan, seperti potensi penurunan fungsi otak, konstipasi, dan kelelahan.

2. Air kelapa

Dikutip dari laman Healthline, air kelapa menyediakan sejumlah nutrisi penting termasuk vitamin C, magnesium, dan kalium. Ketiganya penting bagi anak-anak.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit.

“Air kelapa murni (tanpa campuran bahan lain) mengandung 5,45 kalori, 1,3 gram gula, 61 mg potasium, dan 5,45 mg sodium,” katanya. Itu semua dapat dapat menjaga keseimbangan elektrolit agar tubuh anak tetap terhidrasi dengan baik.

Biasanya, air kelapa dikonsumsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga atau saat seseorang sedang diare.

3. Susu

Susu mengandung banyak sekali nutrisi penting yang dapat menunjang kesehatan anak.Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc(Hons), juga dari KlikDokter, anak yang cenderung minum susu cenderung tidak akan mengonsumsi minuman yang tidak sehat, misalnya minuman bersoda.

Kebiasaan minum susu amat baik bagi kesehatan karena susu kaya akan nutrisi. Minuman ini juga dapat menjaga kebutuhan cairan tubuh, karena 87 persen kandungannya adalah air.”

“Vitamin A dalam susu baik untuk mata, sedangkan vitamin C merupakan antioksidan bagi tubuh. Vitamin B bermanfaat bagi metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, dan vitamin B12 berpengaruh terhadap fungsi darah. Ada pula kandungan vitamin D dan K, yang diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anak,” papar dr. Jesslyn.

Jika anak-anak tidak minum susu, Anda dapat menggantinya dengan produk olahan susu seperti keju atau yoghurt, atau makanan lainnya yang mengandung kalsium dan vitamin D.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Smoothies

Minum smoothies adalah cara mudah untuk menyelipkan buah dan sayuran ke dalam menu harian anak. Ada banyak sayuran yang bisa menjadi campuran smoothies, seperti kale, bayam, bahkan kembang kol. Kreatiflah dalam mencampur berbagai bahan.

Campurkan sayuran atau buah dengan susu (dairy atau non-dairy) tanpa pemanis. Anda juga bisa menambahkan bahan sehat lainnya seperti bubuk kakao, air kelapa murni, alpukat, dan lain-lain.

Hindari membeli smoothies di swalayan atau restoran, karena kebanyakan sudah ditambahkan pemanis. Lebih baik buat sendiri di rumah dan libatkan anak agar ia bersemangat meminumnya.

Mengingat smoothies tinggi kalori, Anda bisa menawarkannya kepada anak sebagai camilan.

5. Susu nabati tanpa pemanis

Susu nabati banyak menjadi alternatif bagi anak-anak yang punya alergi susu atau intoleransi laktosa. Misalnya susu kedelai, almon, kelapa, oat, dan lain-lain. Sebisa mungkin, pilihlah produk yang tidak mengandung pemanis.

Produk susu nabati dengan pemanis bisa tinggi akan gula dan pemanis buatan. Susu nabati tanpa pemanis bisa menjadi minuman rendah kalori anak, campuran smoothies, oatmeal, atau sup.

Menyajikan makanan anak dengan minuman rendah kalori mencegah anak kekenyangan hanya dari minumannya. Plus, banyak susu nabati yang menawarkan beragam vitamin dan mineral, dan sering melewati proses fortifikasi seperti kalsium, vitamin B12, dan D.

Itulah lima jenis minuman yang baik diminum anak setiap pagi. Selain baik untuk kesehatannya, minuman-minuman tersebut juga dapat membantu menambah asupan cairan yang ia butuhkan. Dengan demikian fungsi organ-organ tubuhnya bisa berjalan dengan baik dalam menyokong tumbuh kembangnya secara optimal.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar