Sukses

Hilangkan Stres dan Cemas dengan Yoga

Saat mengalami stres dan cemas, cobalah lakukan yoga yang disebut-sebut dapat menghilangkan kedua kondisi tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Stres dan cemas bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari masalah pekerjaan, sekolah, kampus, pertemanan, percintaan, hingga aktivitas sehari-hari seperti kemacetan lalui lintas. Ada banyak cara yang ditempuh untuk menghilangkannya. Namun, salah satu yang disebut paling ampuh adalah yoga.

Setiap orang memang memiliki cara masing-masing untuk mengatasi stres dan cemas. Ada yang melakukan me-time, menjalankan hobi, pergi bersama keluarga dan teman, atau sekadar menyepi. Nah, selain aktivitas-aktivitas itu, Anda juga bisa mencoba yoga.

Apa itu yoga?

Yoga merupakan salah satu olahraga yang sudah ada sejak lama dan tak hanya berupa olah fisik, tapi juga olah pikiran dan dapat membuat Anda menjadi lebih tenang. Yoga memang sedikit berbeda dari olahraga lainnya, sebab gerakan-gerakan yang dilakukannya membutuhkan fleksibilitas ekstra dari tubuh.

Ada berbagai jenis yoga berdasarkan varian, jenis dan intensitasnya. Namun, bisa dibilang salah satu jenis yoga yang paling populer adalah hatha yoga, yang merupakan kelas yoga dasar.

Gerakan-gerakan hatha yoga pun lebih sederhana dan lebih terfokus untuk melatih setiap pose serta latihan napas. Pada umumnya, hatha yoga dilakukan oleh pemula.

Secara umum, pokok gerakan yoga adalah:

  • Pose

Pose saat melakukan yoga sangat khas dan terdiri dari serangkaian gerakan untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas. Pose yoga bervariasi, mulai dari berbaring di lantai sambil rileks sepenuhnya, hingga melakukan headstand dengan posisi kepala di bawah.

  • Pernapasan

Mengontrol pernapasan merupakan kunci penting dalam melakukan yoga. Sebab, yoga mengajarkan Anda untuk mengontrol pernapasan sembari menyelaraskan tubuh dan pikiran.

  • Meditasi atau relaksasi

Yoga juga tak sekadar melakukan berbagai pose dan latihan pernapasan saja. Akan tetapi, yoga juga dapat merilekskan dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Manfaat yoga untuk hilangkan stres dan cemas

Sebuah studi yang dilakukan oleh the University of Utah di Amerika Serikat telah meneliti manfaat melakukan yoga untuk menghilangkan stres dan cemas.

Subjek studi ini, antara lain adalah 12 orang yang sudah berpengalaman melakukan yoga, 14 orang dengan kondisi fibromyalgia (penyakit kronis yang ditandai dengan nyeri pada otot dan tulang di seluruh tubuh dan kelelahan), dan 16 sukarelawan yang sehat.

Riset ini meneliti efek yoga terhadap stres dengan melihat respons partisipan terhadap rasa nyeri. Hasilnya, saat dipaparkan terhadap rasa nyeri, partisipan yang rutin melakukan yoga memiliki toleransi paling tinggi dibandingkan dengan yang lainnya.

Sementara penelitian lain yang dilansir oleh Harvard Medical School di Amerika Serikat, melaporkan bahwa melakukan yoga dapat membantu seseorang untuk menghilangkan stres, cemas, bahkan depresi.

Yoga disebut dapat membuat seseorang lebih tenang yang manfaatnya sama seperti melakukan meditasi, relaksasi, berolahraga, atau bahkan bersosialisasi dengan orang lain.  Selain itu, yoga juda dapat menurunkan denyut jantung, menurunkan tekanan darah, dan melancarkan pernapasan.

Riset yang dipublikasikan di International Journal of Preventive Medicine pada tahun 2018 juga mendukung hal yang sama. Pada penelitian tersebut dilaporkan bahwa melakukan latihan yoga selama 12 minggu secara rutin dapat memperbaiki mood dan mengurangi tingkat kecemasan.

Tak seperti olahraga lainnya, yoga dapat berdampak juga pada sistem saraf pusat. Maka dari itu, yoga dapat menurunkan tingkat stres dan memperbaiki gejala depresi, serta penyakit mental lainnya.

Memang ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stres dan cemas, tapi salah satu yang paling disarankan dan dapat Anda coba adalah yoga. Dengan yoga, tak hanya dapat membuat pikiran lebih rileks, tubuh pun bisa menjadi lebih sehat.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar