Sukses

Tips Mencegah Kanker Otak, Penyakit yang Menaklukkan Agung Hercules

Komedian Agung Hercules baru saja meninggal akibat kanker otak. Lalu, bagaimana cara mencegah kanker otak? Simak tips berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan. Pada Kamis (1/8) kemarin, Komedian Agung Hercules baru saja meninggal dunia. Pria bernama asli Agung Santoso yang identik dengan tubuh kekar dan rambut gondrong ini ditaklukkan oleh kanker otak setelah berjuang lebih dari 1 tahun. Lalu, bagaimana cara mencegah kanker otak?

Menurut penelitian, kejadian kanker otak di seluruh dunia mencapai 3,4 per 100.000 penduduk dan dengan angka kematian mencapai 4 dari 100.000 penduduk per tahunnya. Selain itu, angka kematian pada kanker otak ditemukan lebih tinggi pada pria.

Dalam dunia medis, tumor merupakan adanya massa atau jaringan yang tumbuh secara abnormal. Dalam hal ini, yaitu tumor yang tumbuh di jaringan otak.

Tumor memang tidak selalu ganas, sebab 70 persen tumor otak adalah tumor yang jinak. Namun, jenis kanker otak yang menyerang Agung Hercules, yaitu glioblastoma, merupakan tumor ganas (kanker) derajat IV.

Tips cegah kanker otak

Dengan mengetahui fakta tentang berbahayanya kanker otak, mungkin Anda akan merasa takut dengan penyakit ini. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya kanker disebabkan oleh banyak faktor.

Faktor genetik, usia, jenis kelamin, riwayat penyakit memang sulit untuk dicegah, tapi ada juga faktor gaya hidup yang bisa Anda modifikasi agar kanker tidak mudah menyerang. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah kanker otak:

1. Pilih makanan yang baik

Bisa dibilang, pola makan sehat saat ini tidak lagi menganut 4 Sehat 5 Sempurna, melainkan gizi lengkap dan seimbang. Anda perlu memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin, tetapi dalam jumlah yang sesuai dan seimbang.

Selain itu, hindari juga konsumsi makanan yang bersifat karsinogenik (memicu kanker), seperti makanan kaleng, daging olahan, dan bakar-bakaran.

2. Olahraga rutin

Olahraga rutin yang disarankan adalah minimal 30 menit, 3-5 kali dalam seminggu. Dengan olahraga yang teratur, Anda dapat membantu metabolisme sel menjadi lebih baik dan menghindari dari berbagai penyakit metabolik, seperti diabetes yang berhubungan dengan insulin. Selain itu, olahraga juga bisa membantu menjaga berat badan badan Anda.

3. Jaga berat badan

Insulin diketahui sebagai salah satu sel yang mempromosikan sel kanker. Pada orang dengan berat badan berlebih atau obesitas, insulin menjadi resistan dan akan meningkat di dalam tubuh, sehingga risiko kanker pun akan meningkat.

4. Hindari rokok dan alkohol

Zat dalam rokok dan alkohol diketahui bisa meningkatkan munculnya radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat memicu kanker. Namun tidak hanya pada perokok aktif, perokok pasif juga dapat terkena dampak dari kandungan radikal bebas asap rokok.

5. Istirahat yang cukup

Jika kurang istirahat, tanpa Anda sadari tubuh akan mengalami stres. Ketika stres terjadi, maka hormon stres yang dapat memicu radikal bebas akan meningkat di dalam tubuh.

6. Rutin periksa kesehatan

Tindakan ini merupakan tindakan yang penting karena salah satu pencegahan kanker adalah dengan deteksi dini. Anda bisa mendeteksi dini suatu kanker tentu jika melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Gejala kanker otak yang umum adalah nyeri kepala, mual, muntah menyembur, penurunan fungsi neurologis seperti lumpuh, gangguan kognitif, dan kejang. Jika Anda mengalami gejala ini, maka segera periksakan ke dokter.

Selain menyisakan duka bagi para keluarga, sahabat, dan penggemarnya, meninggalnya Agung Hercules juga harus membuat siapa pun waspada terhadap kanker otak. Mencegah kanker otak bisa Anda mulai dengan menjalankan pola hidup sehat seperti tips di atas. Bukan hanya kanker otak yang bisa dicegah, tapi juga kanker lainnya. Deteksi dini juga merupakan kunci agar gejala kanker dapat segera ditangani.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar