Sukses

Gejala Umum Kanker Otak yang Harus Diwaspadai

Kanker otak adalah penyakit berbahaya yang bisa memunculkan gejala yang harus diwaspadai. Apa saja ciri-ciri kanker otak? Mari ketahui di sini.

Otak adalah mesin tubuh manusia yang mengatur bagaimana tubuh bekerja. Karena itu, gangguan pada otak manusia akan berdampak pada kemampuan manusia untuk berpikir, beraktivitas, dan akhirnya mengganggu kehidupan sehari-hari. 

Salah satu gangguan pada organ otak adalah kanker otak. Pertumbuhan sel yang abnormal di otak secara umum disebut tumor otak. Setiap sel sejatinya diprogram untuk tumbuh dalam aturan tertentu, dan memiliki fungsinya masing-masing.

Namun, ada kalanya timbul sel abnormal yang tidak mengikuti aturan yang telah diprogramkan. Sel-sel ini tumbuh tidak terkendali dan menimbulkan tumor.

Tumor otak terdiri dari dua jenis, yakni tumor jinak dan tumor ganas, atau yang disebut juga dengan kanker. Tumor jinak otak biasanya tumbuh lambat, perlahan, dan umumnya tidak menimbulkan gejala yang mematikan.

Hanya saja, tumor jinak tetap akan memberikan gejala karena pertumbuhan benjolan abnormal di dalam otak akan menambah massa otak. Gejala tumor otak dapat bervariasi, tergantung jenisnya (jinak/ganas), ukuran, lokasi, dan kecepatan pertumbuhan. Namun, secara umum, ada beberapa gejala kanker otak, yaitu:

1 dari 4 halaman

1. Sakit Kepala

Tanda kanker otak yang umum adalah sakit kepala. Sakit kepala yang perlu diwaspadai adalah apabila seseorang tidak terbiasa mengalami sakit kepala yang terus-menerus sebelumnya.

Artikel lainnya: Harapan Hidup Penderita Kanker Otak

Atau bagi seseorang yang terbiasa mengalami sakit kepala atau migrain, sakit kepala yang baru ini memiliki pola yang berbeda.

Anda juga harus curiga apabila sakit kepala yang dialami terutama terjadi di pagi hari, atau semakin lama dirasakan semakin sering dengan intensitas yang semakin memberat. Sakit kepala tersebut lama-kelamaan tidak bisa diatasi lagi dengan obat sakit kepala biasa.

2. Mual dan Muntah

Selain sakit kepala, penderita tumor otak juga umumnya mengalami rasa mual, bahkan muntah. Padahal, penderita sebelumnya tidak mengalami kelainan apa pun pada pencernaan, seperti sakit mag, infeksi pencernaan, dan keracunan makanan.

2 dari 4 halaman

3. Gangguan Penglihatan

Gejala penekanan saraf otak oleh tumor atau kanker otak juga dapat menyebabkan  gangguan penglihatan.

Pandangan dapat menjadi kabur, mengalami pengelihatan ganda, atau kehilangan sebagian lapang pandang. Penderita dapat pula merasakan adanya bintik hitam yang menghalangi pandangan.

4. Kesulitan Berbicara

Kesulitan berbicara dapat juga menjadi gejala kanker otak. Bicara akan menjadi cadel atau sulit mengucapkan kata-kata tertentu, serta mengalami gangguan pendengaran.

Artikel lainnya: Apakah Sering Epilepsi Menandakan Gejala Kanker Otak?

5.Kehilangan Sensorik Lengan dan Tungkai

Penekanan pada saraf motorik juga dapat menyebabkan penderita kehilangan sensasi atau sensorik pada lengan dan tungkai. Lama-kelamaan, penderita dapat mengalami kesulitan menggerakkan lengan dan tungkai.

Saraf keseimbangan yang terganggu juga dapat membuat penderita tumor otak mengalami gangguan keseimbangan, mudah jatuh, dan limbung.

3 dari 4 halaman

6. Perubahan Kepribadian

Ciri-ciri kanker otak berikutnya adalah gangguan atau perubahan kepribadian. Misalnya, penderita linglung dan tiba-tiba menjadi kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

7. Kejang

Kejang terjadi ketika terjadi letupan listrik yang abnormal di dalam otak. Jadi, jangan sepelekan kejang. Kondisi tersebut juga dapat menjadi tanda bahaya adanya masalah pada otak.

Terlebih lagi jika orang tersebut tidak pernah memiliki riwayat kejang sebelumnya. Tumor otak dapat menyebabkan kejang karena penekanan pada struktur di sekitarnya.

8. Gangguan Ingatan

Penekanan pada otak oleh tumor dapat menyebabkan gangguan fungsi otak. Salah satu fungsi yang terganggu adalah daya ingat otak.

Gangguan ingatan yang disertai berbagai gangguan fungsi otak yang lain menandakan masalah pada otak. Segera periksakan kondisi Anda lebih lanjut.

Mulai kini, perhatikan kalau satu atau lebih gejala kanker otak di atas Anda rasakan. Dengan deteksi dan penanganan dini, peluang kesembuhan pun bisa lebih besar.

Jangan ketinggalan berita seputar penyakit, nutrisi, dan gaya hidup dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

1 Komentar