Sukses

Manfaat Senam Yoga untuk Lansia

Senam yoga untuk lansia bisa mengundang berbagai manfaat sehat asalkan dilakukan dengan gerakan yang tepat. Simak di sini tipsnya!

Meski sudah berusia senja, bukan berarti Anda kehilangan semangat, pasrah, dan sakit-sakitan. Jangan malas, lansia tetap harus tetap berolahraga. Cobalah latihan yoga, karena manfaatnya besar untuk membantu menjaga kesehatan lansia. 

Faktanya, senam yoga untuk lansia dapat menjaga keseimbangan tubuh serta membangun kekuatan lewat gerakan low-impact. Hal ini dapat menurunkan risiko terjatuh pada lansia.

1 dari 3 halaman

Jenis Yoga yang Sesuai untuk Lansia

Jenis yoga yang sesuai untuk lansia bergantung pada beberapa hal, yaitu usia, tingkat kebugaran, serta kemampuan fisik. 

Artikel Lainnya: 5 Gerakan Yoga untuk Membakar Kalori, Bagaimana Caranya?

Secara umum, berikut ini adalah jenis yoga yang aman untuk lansia:

  • Hatha Yoga

Hatha yoga berfokus pada postur tubuh. Latihan dalam yoga jenis ini biasanya berupa peregangan dan pengaturan pernapasan. Itu sebabnya, hatha yoga cocok untuk pemula ataupun lansia. 

  • Iyengar Yoga

Iyengar yoga bersifat metodis dan tepat, dengan penekanan kuat pada postur tubuh yang benar. Praktik yoga ini dilakukan dengan menggunakan alat peraga, seperti guling, tali pengikat, balok, dan papan miring untuk membantu mendapatkan posisi yang benar.

Iyengar yoga adalah jenis latihan yang paling baik untuk lansia dengan artritis atau kondisi kronis lainnya. 

  • Restoratif Yoga

Restoratif yoga adalah bentuk latihan meditatif yang lambat dan dirancang untuk melepaskan ketegangan secara pasif. Yoga jenis ini dilakukan tanpa peregangan, dan merupakan jenis latihan terbaik untuk lansia.

  • Yin Yoga

Yin yoga melakukan gerakan lambat dan berfokus pada menahan pose untuk waktu yang lama. Yoga jenis ini melibatkan peregangan aktif untuk jaringan ikat bagian dalam. 

  • Kundalini Yoga

Dikenal sebagai yoga kesadaran, kundalini cocok untuk lansia yang sangat tertarik pada spiritual. Yoga jenis ini menggabungkan postur fisik, latihan pernapasan, meditasi, dan nyanyian.

Artikel Lainnya: Hilangkan Stres dan Cemas dengan Yoga

2 dari 3 halaman

Manfaat Yoga bagi Lansia

Jika dilakukan secara rutin, dengan gerakan tepat dan sesuai kondisi tubuh, yoga dapat memberikan manfaat-manfaat berikut bagi lansia:

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Yoga dapat memperbaiki postur tubuh, serta membantu lansia penderita artritis untuk memperluas jangkauan gerak tubuh. 

Selain itu, gerakan yoga yang bervariasi juga mampu meningkatkan rasa percaya diri sehingga lansia akan terbebas dari gangguan cemas serta depresi.  

  1. Peningkatan Fungsi Eksekutif Otak dan Ketahanan Emosional

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal International Psychogeriatrics meneliti partisipan berusia di atas 55 tahun dengan gangguan kognitif ringan.

Hasilnya, grup yang melakukan yoga lebih memperlihatkan peningkatan fungsi eksekutif otak dan ketahanan emosional. Menurut peneliti, nyanyian dalam yoga kundalini bisa memperkuat kemampuan verbal dan visual para lansia.

  1. Menurun Risiko Terjatuh 

Studi yang dipublikasikan di jurnal Complementary Therapies in Medicine tahun 2017 menyebut, angka lansia terjatuh mengalami penurunan hingga 48 persen dalam waktu 6 bulan setelah ikut kelas yoga. 

  1. Peningkatan Pernapasan

Dalam yoga, lansia dituntut untuk berlatih pernapasan. Latihan kontrol pernapasan yoga (pranayama) dapat memperluas kapasitas paru-paru dan meningkatkan kesehatan organ ini. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Human Kinetics menemukan, wanita lansia yang berlatih yoga tiga kali sepekan selama 12 minggu mengalami peningkatan yang signifikan pada fungsi pernapasannya.

  1. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Melalui meditasi dan latihan pernapasan, yoga dapat membuat Anda lebih tenang. Penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan kadar hormon stres (kortisol) dan membantu meredakan gejala kecemasan maupun depresi. 

Dalam survei National Institutes of Health, lebih dari 85 persen orang yang melakukan yoga mengalami penurunan kadar stres.

  1. Meningkatkan Kualitas TIdur

Sensasi relaks dan tenang yang dirasakan setelah olahraga yoga secara rutin dan teratur dapat membuat lansia mengalami peningkatan durasi maupun kualitas tidur secara signifikan.

Itulah berbagai manfaat yoga bagi lansia. Semua manfaat tersebut hanya dapat dirasakan apabila melakukan gerakan yoga dengan tepat. Jadi, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter dan instruktur yoga sebelum mencobanya.

Jika Anda masih punya pertanyaan mengenai senam yoga untuk lansia, tak perlu ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar