Sukses

Inilah 3 Manfaat Latihan Yoga untuk Lansia

Asal tepat memilih jenisnya, yoga bisa dilakukan usia berapa saja. Bagi lansia, yoga bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Klikdokter.com, Jakarta Meski sudah berusia senja, bukan berarti harus kehilangan semangat, pasrah, dan sakit-sakitan. Jangan malas, lansia tetap harus berolahraga. Cobalah latihan yoga, karena manfaatnya besar untuk membantu lansia lebih sehat. Selain itu juga menjaga keseimbangan tubuh lansia, serta membangun kekuatan lewat gerakan low-impact yang mengalir.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter, gerakan yoga sangat baik untuk melatih fleksibilitas dan keseimbangan. “Lansia yang rutin berlatih yoga akan memiliki risiko jatuh yang lebih rendah,” kata dr. Sara.

Jika Anda ingin memulainya, pastikan berlatih yoga dengan instruktur yang kompeten—bukan lewat video tutorial di YouTube atau sejenisnya—untuk menekan risiko cedera. Ajak teman atau anggota keluarga lain agar lebih bersemangat.

Jenis yoga yang sesuai untuk lansia

Umumnya, yoga bisa dilakukan dengan aman oleh lansia. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Lansia harus benar-benar memehami kondisi dan kebutuhan tubuhnya. Misalnya, jika menderita artritis, mobilitas terbatas, atau kondisi kesehatan lainnya, ada modifikasi untuk setiap pose yoga untuk mengakomodasi kebutuhan fisik tiap individu.

Jenis yoga yang pas untuk lansia bergantung pada beberapa hal, yaitu usia, tingkat kebugaran, serta kemampuan fisik. Jika Anda baru berolahraga untuk yang pertama kalinya (setelah absen sekian lama) atau sudah kehilangan bentuk otot dan fleksibilitas, Anda dianjurkan untuk berlatih Hatha yoga.

Jika tak bisa menemukan kelas yoga khusus lansia, Anda bisa memilih kelas pemula. Selain Hatha, Iyengar yoga juga baik untuk lansia karena menekankan pada postur tubuh lewat penggunaan alat peraga. Opsi lainnya adalah Viniyoga dan Kripalu yoga.

Selain itu, yoga yang gerakannya disesuaikan dengan kondisi fisik, bukannya ‘memaksa’ tubuh untuk melakukan pose tertentu. Ini disebut sebagai adaptive yoga. Misalnya pada yoga yang menggunakan bangku (chair yoga), semua pose dilakukan dengan dukungan kursi, sehingga cocok untuk lansia yang mobilitasnya terbatas. Ada pula yoga air (water yoga) yang membuat tubuh terasa ringan dan bisa bergerak lebih mudah.

Manfaat yoga untuk lansia

Jika dilakukan dengan rutin, manfaat yoga untuk lansia antara lain:

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Latihan yoga dapat memperbaiki postur tubuh serta membantu lansia penderita artritis untuk memperluas jangkauan gerak mereka. Selain itu, beberapa penelitian menemukan, praktik yoga yang bervariasi mampu meningkatkan rasa percaya diri, sehingga lansia akan terbebas dari gangguan cemas serta depresi.  

  • Peningkatan fungsi eksekutif otak dan ketahanan emosional

Tak hanya itu, sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal medis “International Psychogeriatrics” melakukan penelitian terhadap partisipan dewasa yang lebih tua (di atas 55 tahun) dengan gangguan kognitif ringan.

Mereka lalu dibagi ke dalam dua grup dan menghabiskan waktu 12 minggu berlatih yoga Kundalini. Hasilnya, kedua grup menunjukkan peningkatan memori. Tetapi, grup yang melakukan yoga lebih memperlihatkan peningkatan fungsi eksekutif otak dan ketahanan emosional. Menurut peneliti, nyanyian dalam yoga Kundalini bisa memperkuat kemampuan verbal dan visual para lansia.

  • Risiko jatuh menurun

Hasil menarik lainnya terlihat dari sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal “Complementary Therapies in Medicine” tahun 2017. Studi tersebut mengungkap angka kejadian lansia jatuh menurun hingga 48 persen dalam kurun waktu 6 bulan setelah partisipan ikut kelas yoga, dibandingkan dengan 6 bulan sebelumnya.

Dikatakan oleh dr. Sara, latihan yoga untuk lansia pada dasarnya berupa olah pernapasan dan peregangan tubuh. “Ketika lansia berlatih yoga secara rutin, ia dapat melatih diri agar selalu tenang dan bahagia dalam menjalani kehidupan di usia tua,” pungkas dr. Sara.

Jangan biarkan usia senja menggerogoti semangat Anda untuk berolahraga. Cobalah untuk tetap aktif, salah satunya adalah dengan yoga. Manfaatnya untuk lansia banyak sekali. Jadi, siapkah Anda untuk berlatih yoga?

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar