Sukses

6 Kiat Mengatasi Jerawat Batu pada Wajah

Mengatasi jerawat batu di wajah butuh kedisiplinan. Yuk, simak apa saja yang harus dilakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar istilah jerawat batu? Ya, jerawat atau yang bisa disebut sebagai cystic acne merupakan jerawat yang terbentuk jauh di dalam kulit yang disebabkan karena adanya penyumbatan oleh sel kulit mati di wajah. Untuk mengatasi jerawat batu ini, Anda perlu trik khusus.

Saat terkena jerawat batu, pada wajah akan muncul benjolan merah dengan ukuran yang cukup besar. Benjolan ini tentu saja menimbulkan rasa nyeri bila disentuh.

Bukan penyakit berbahaya

Jerawat sendiri merupakan gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Hal ini menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit.

Gangguan ini biasanya terdapat pada bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu wajah, punggung dan bagian atas dada.

Pada dasarnya, jerawat maupun jerawat batu bukanlah penyakit yang berbahaya. Meski demikian, jerawat batu yang tidak diobati atau tidak ditangani dengan benar, dapat menimbulkan bekas luka dan sering kali mengurangi rasa percaya diri bagi yang mengalaminya.

Lantas, adakah kiat khusus mengatasi jerawat batu pada wajah?

Lakukan ini untuk atasi jerawat batu

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, jenis jerawat apa pun, termasuk jerawat batu, cara mengatasinya sebenarnya tak sulit.

“Kalau mengatasinya di rumah tanpa pengobatan dari dokter, kuncinya hanya satu, yaitu menjaga kebersihan wajah,” ujarnya.

Jadi, jika Anda ingin benar-benar terhindar dari jerawat, ada beberapa cara sederhana lainnya yang bisa dilakukan. Dan mungkin beberapa cara di bawah ini belum pernah terpikirkan oleh Anda.

1. Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Dikatakan oleh dr. Astrid, menyentuh wajah dapat menyebabkan munculnya jerawat dan menyebabkan jerawat jadi bertambah banyak. Tanpa disadari, Anda mungkin sering menyentuh wajah dengan menggunakan telapak tangan atau ujung-ujung jari.

Hal ini dapat menciptakan peradangan dan dapat memindahkan kotoran tangan ke wajah yang bisa terperangkap dalam pori-pori kulit.

“Hindari menyentuh wajah, apalagi menyentuh jerawat dengan tangan. Sebab, pada tangan banyak terdapat kuman, terkadang juga kotor, dan kalau kumannya berpindah ke wajah, jerawatnya pasti akan semakin parah,” ujar dr. Astrid.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Perbaiki pola makan

Pola makan yang sehat tidak hanya meningkatkan kesehatan tubuh seperti jantung, otak dan sebagainya. Tapi, harus bisa menyehatkan kulit, termasuk kulit wajah. Jadi, pilih makanan yang kaya akan vitamin seperti sayur dan buah untuk menu camilan setiap hari.

“Makan kacang almond juga sebenarnya baik untuk  kesehatan kulit, jadi ya kacang-kacangan atau biji-bijian juga boleh,” tambah dr. Astrid.

3. Perbanyak minum air putih

Sekitar 80 persen tubuh manusia memang dipenuhi oleh cairan. Untuk itu, mencukupi cairan sehari-hari memang wajib dilakukan oleh setiap orang.

“Mayoritas tubuh manusia diisi oleh cairan yang disimpan di dalam kulit, sehingga membuat kulit jadi tampak lebih kenyal, bersinar dan lembap. Jadi, percuma kalau Anda pakai pelembab tapi dari dalam kulitnya sendiri tidak kekurangan air. Kulit bisa jadi kering, dan bisa tumbuh jerawat,” ucap dr. Astrid.

4. Hindari memencet atau menyentuh jerawat

Memencet jerawat justru menyebabkan jerawat jadi semakin meradang dan meninggalkan bekas luka pada wajah. Ada baiknya jika jerawat ditutup dengan menggunakan acne patch atau tahan diri Anda agar tidak memencet jerawat, apalagi mengoreknya

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Gunakan pelembap kulit

Jangan karena kulit sudah berjerawat, Anda jadi anti dengan pelembap. Anda harus tetap menggunakan pelembap guna menjaga kadar minyak dalam wajah, sehingga kelembapan kulit tetap terjaga.

Lebih lanjut dr. Astrid menjelaskan, ada dua jenis pelembap yang perlu digunakan, yakni yang memang digunakan untuk melembapkan muka, dan ada pelembap yang digunakan untuk mengunci kelembapan itu sendiri.

“Pelembap yang berfungsi untuk mengunci kelembapan misalnya yang mengandung petroleum jelly. Tapi, kalau digunakan sebelum menggunakan pelembap yang memang dikhususkan untuk melembabkan wajah, si petroleum ini tidak akan berfungsi. Karena apa? Karena tidak ada kelembapan yang harus dijaga sama dia,” jelas dr. Astrid.

Disarankan oleh dr. Astrid, gunakan dulu pelembap khusus wajah, lalu baru boleh digunakan produk yang mengandung petroleum jelly.

6. Lindungi kulit dari polusi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asap, bahan kimia, dan racun di udara dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jika Anda hidup di kota industri, tidak banyak yang dapat dilakukan untuk menghindari polusi. Namun, menggunakan tabir surya setidaknya bisa menciptakan penghalang antara kulit dan racun.

Selain itu, mengaplikasikan serum antioksidan atau memakai masker wajah juga dapat membantu mencegah radikal bebas yang dapat merusak wajah Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat batu pada wajah. Untuk perlindungan yang lebih optimal, pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, hindari menggonta-ganti produk perawatan kulit. Jika jerawat batu Anda membandel tidak ada pilihan lain kecuali periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]

1 Komentar