Sukses

5 Kebiasaan yang Bikin Bibir Pecah-pecah Makin Memburuk

Kebiasaan sehari-hari sering membuat bibir pecah-pecah semakin memburuk. Usahakan untuk menghindarinya.

Klikdokter.com, Jakarta Bibir pecah-pecah tentunya menjadi salah satu masalah kecantikan yang patut mendapat perhatian lebih. Sebab, bibir adalah salah satu anggota tubuh yang kerap menjadi pusat perhatian dan simbol sensualitas seorang wanita.

Namun, ada beberapa kebiasaan yang sering Anda lakukan justru membuat bibir semakin pecah-pecah. Apa saja kebiasaan itu?

Hindari kebiasaan penyebab bibir pecah-pecah

Berikut ini adalah beberapa aktivitas harian yang berisiko menyebabkan bibir pecah-pecah. Bisa jadi, Anda sering melakukannya, tapi tak menyadari akibatnya.

  1. Menggunakan produk lipstik yang berjenis matte

Setiap wanita pasti menggunakan pemulas bibir atau lisptik. Tren jenis lipstik yang tengah ramai digunakan saat ini yaitu yang berjenis matte karena dianggap lebih tahan lama menempel pada bibir dan tidak mudah hilang saat makan dan minum.

Lipstik ini sangat digemari karena hasilnya yang cantik di bibir dan tahan lama. Namun hati-hati, lisptik matte yang digunakan dalam jangka waktu lama bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah.

  1. Minum kafein dan soda

Kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein serta soda ternyata bisa membuat bibir kering semakin memburuk. Pasalnya, minuman ini bersifat diuretik atau menarik cairan dalam tubuh.

Tidak heran, ketika banyak minum kopi, teh ataupun soda, Anda menjadi sering bolak-balik ke kamar kecil. Akibatnya, tubuh akan kehilangan banyak cairan dan Anda pun rentan mengalami dehidrasi. Nah, dehidrasi ini tentu dapat mempengaruhi kondisi bibir menjadi pecah-pecah atau semakin memburuk.

  1. Pelembap bibir yang tidak cocok

Penggunaan lip balm atau pelembap bibir disarankan untuk menambah kelembapan pada bibir. Namun, salah dalam memilih jenis lip balm justru membuat bibir Anda semakin kering dan pecah-pecah.

Misalnya saja untuk lip balm yang mengandung pewangi ataupun pewarna. Kedua zat ini sebenarnya tidak diperlukan. Dan rata-rata pelembap tersebut kurang memberikan kelembapan pada bibir dibandingkan lip balm yang tidak berwarna dan tidak memiliki wangi.

Selain itu, hindari lip balm yang mengandung asam salisilat. Lebih baik, pilihlah yang menggunakan bahan alami.

  1. Menjilat dan menggigit bibir

Ketika merasa tidak nyaman dengan kondisi bibir yang pecah-pecah, biasanya orang cenderung lebih sering menjilat bibir sendiri. Hal ini dianggap dapat membasahi bibir agar lebih lembap.

Padahal, air liur tidak dapat melembapkan, justru dapat membuat lapisan bibir terkelupas. Kebiasaan menggigit bibir serta menarik-narik lapisan bibir juga sebaiknya dihindari. Sebab, hal ini akan membuat lapisan kulit bibir menjadi pecah-pecah bahkan berdarah.

  1. Konsumsi makanan pedas

Menyantap makanan pedas dapat membuat kondisi bibir pecah-pecah yang Anda alami makin buruk. Perlu Anda ketahui, makanan ini dapat membuat bibir semakin panas, merekah, merah dan menyebabkan tidak nyaman.

Lapisan kulit bibir pun bisa terkelupas dan berdarah bila Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

1 dari 2 halaman

Tips mencegah bibir pecah-pecah

Tak hanya dapat merusak penampilan, bibir kering dan pecah-pecah juga bisa berbahaya bila tak segera dihindari. Nah, agar tak mengalami kondisi ini, lakukanlah beberapa tips berikut ini:

  • Minum air putih minimal 8 gelas per harinya.
  • Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein serta soda.
  • Gunakan pelembap bibir atau lip balm yang tidak mengandung asam salisilat, pewangi serta pewarna.
  • Gunakan lip balm minimal 2 kali sehari, lebih baik yang sudah mengandung SPF.
  • Hindari kebiasaan menjilat dan menggigit bibir, serta mencabuti lapisan bibir yang terkelupas.
  • Jika ingin menggunakan lipstik jenis matte, sebelumnya gunakan pelembap bibir terlebih dahulu. Dan ingat, usahakan tidak menggunakan produk ini selama lebih dari 3 jam per hari. Pilihlah lipstik yang memang lembut di bibir dan mudah hilang.
  • Jika Anda adalah penggemar makanan pedas, sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Anda harus tahu batasannya kapan harus berhenti, ya.
  • Jika ingin membersihkan bibir, gunakan kapas yang lembut.

Demikianlah kebiasaan-kebiasaan yang membuat kondisi bibir pecah-pecah semakin buruk. Hindarilah kebiasaan tersebut dan ganti dengan kebiasaan lain yang lebih sehat agar bibir Anda juga bisa terjaga tetap sehat. 

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar