Sukses

7 Manfaat Persahabatan bagi Kesehatan

Persahabatan tak hanya mampu membantu Anda menghadapi tantangan dalam hidup, tapi ada juga manfaatnya bagi kesehatan. Ini buktinya!

Klikdokter.com, Jakarta Bersyukurlah memiliki teman dan sahabat yang selalu ada di saat senang maupun susah, karena mereka bisa membantu Anda dalam menghadapi tantangan dalam hidup. Selain itu, persahabatan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Setiap tahunnya, tanggal 30 Juli diperingati sebagai Hari Persahabatan Internasional (International Day of Friendship). Salah satu tujuannya adalah untuk mengingatkan pentingnya memiliki teman, tempat Anda bisa bercerita, berkeluh kesah, meminta pendapat, bercanda, atau saling bertukar pikiran.

Tak hanya memberikan kenyamanan, tetapi persahabatan juga dapat bermanfaat besar bagi kesehatan tubuh, baik secara fisik, mental, maupun emosional. Memiliki teman yang baik dapat memberikan dukungan saat menghadapi situasi yang sulit sekaligus berbagi kebahagiaan. Adanya kehadiran teman juga dapat mencegah perasaan kesepian.

Manfaat persahabatan bagi kesehatan

Berikut ini adalah bukti dari penelitian bahwa persahabatan yang baik akan mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kalau Anda jarang sakit, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena Anda dikelilingi oleh teman-teman yang baik. Bahkan, menurut suatu studi, tubuh mereka cenderung lebih cepat tanggap pada keadaan khusus seperti proses penyembuhan luka dan memiliki risiko mengalami penyakit yang lebih rendah.

  1. Bikin panjang umur

Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal kesehatan “PLoS Medicine” tahun 2010, Anda yang memiliki hubungan pertemanan yang kuat lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dunia lebih cepat dibandingkan dengan orang-orang yang terisolasi.

Lewat penelitian tersebut, efek ikatan sosial ini terhadap masa hidup ini dikatakan dua kali lebih kuat dari olahraga, dan setara dengan berhenti merokok.

  1. Menjaga pikiran tetap tajam

Punya teman yang membuat Anda merasa berharga bisa menjadi salah kunci penting demi kesehatan yang lebih baik. Sebuah penelitian di Belanda yang dipublikasikan di “Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry” tahun 2012 menyebutkan bahwa risiko demensia meningkat pada dewasa lebih tua yang kesepian.

Menurut tim peneliti, fakta bahwa perasaan kesepian—bukan sendirian—dihubungkan dengan gejala awal demensia bukan karena situasi yang objektif, melainkan persepsi tidak adanya keterikatan sosial yang dapat meningkatkan risiko penurunan kognitif. Meski begitu, penelitian ini tidak benar-benar menyimpulkan apakah kesepian adalah penyebab demensia.

  1. Mengurangi stres

Para peneliti percaya bahwa persahabatan mempunyai peran pada cara tubuh memproses keadaan stres. Saat Anda menghabiskan waktu dengan teman untuk bercerita, produksi hormon stres, yakni kortisol, dalam tubuh akan berkurang, sehingga dapat memberikan efek yang menenangkan.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Teman-teman yang suportif akan memunculkan atau menambah rasa percaya diri dengan dukungan dan nasihat positifnya ketika Anda menghadapi tantangan.

  1. Meningkatkan kebahagiaan

Penelitian-penelitian yang ada menunjukkan bahwa bersosialisasi dengan teman-teman yang dalam keadaan senang akan menjadikan mood Anda menjadi lebih baik.

Selain itu, para ahli juga menyimpulkan bahwa Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dengan membangun persahabatan.

  1. Meningkatkan taraf kesehatan secara keseluruhan

Persahabatan yang baik dipercaya dapat membantu mendukung kebiasaan yang sehat, karena sahabat akan menyemangati seseorang untuk mengubah kebiasaan yang tidak sehat menjadi sehat.

Kebiasaan yang lebih sehat mencakup menerapkan pola makan yang sehat dan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Pengaruh dari teman yang baik dalam hal menerapkan gaya hidup sehat dipercaya dapat menurunkan risiko berbagai kondisi kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, obesitas, dan depresi.

Percayalah, kehadiran teman-teman yang tulus dan suportif tak hanya membuat hari-hari Anda lebih berwarna, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Jika Anda belum mempunyai lingkungan persahabatan atau pertemanan yang sehat, carilah komunitas, event, acara networking, atau mulai kegemaran baru supaya Anda bertemu orang-orang yang baru.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar