Sukses

Batuk di Malam Hari, Atasi dengan Cara Ini

Sering batuk di malam hari dan tidur jadi terganggu? Jangan panik, lakukan cara ini untuk mengatasi keluhan itu!

Klikdokter.com, Jakarta Batuk di malam hari adalah salah satu masalah kesehatan yang sering ditemukan di kalangan masyarakat. Meski terlihat sepele, keluhan ini bisa menganggu tidur. Akibatnya penderita jadi terjaga sepanjang malam sehingga keesokan harinya badan terasa lemas, produktivitas pun terganggu.

Nah, bagi orang-orang yang ingin terbebas dari keluhan batuk di malam hari, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi keluhan tersebut:

1. Minum segelas teh hangat

Segelas teh hangat terbukti mampu meredakan batuk. Untuk menambah rasa dan manfaat, Anda bisa menambahkan satu sendok lemon, madu, atau daun min ke dalam teh tersebut. Kombinasi ini bisa mengurangi rangsangan batuk pada tenggorokan Anda.

2. Tinggikan posisi kepala saat tidur

Salah satu penyebab batuk pada malam hari adalah Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD. Ini adalah kondisi di mana asam lambung kembali ke arah kerongkongan dan bisa menyebabkan gejala-gejala, seperti nyeri ulu hati, rasa pahit di ujung lidah, perut terasa begah, dada terasa terbakar, dan batuk.

Apabila batuk yang dialami berhubungan dengan GERD, tinggikan kepala Anda saat tidur dengan memberikan dua atau tiga bantal tambahan. Tindakan ini mampu mengurangi kemungkinan naiknya asam lambung ke kerongkongan, sehingga risiko terjadinya batuk di malam hari bisa diminimalkan.

3. Siapkan obat dan segelas air hangat

Jika Anda sering mengalami batuk di malam hari, jangan lupa untuk menyiapkan air hangat dan obat batuk di samping tempat tidur. Jika di pertengahan tidur Anda mengalami batuk, jangan sungkan untuk langsung minum air hangat yang telah disiapkan. Jika memungkinkan, minum juga obat batuk agar keluhan bisa segera reda dan Anda bisa kembali tidur dengan nyenyak.

4. Hindari makanan berminyak

Jika Anda sedang batuk, hindari segala jenis makanan yang digoreng. Faktanya, minyak yang terkandung pada makanan yang digoreng dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan memperburuk gejala batuk yang Anda alami.

5. Jaga kebersihan kamar

Batuk di malam hari bisa terjadi akibat alergi. Kondisi ini biasanya terjadi jika Anda terpapar oleh alergen, seperti tungau, debu, bulu hewan, dan lainnya.

Oleh karena itu, agar batuk di malam hari tidak terjadi dan mengganggu tidur, pastikan Anda menjaga kebersihan kamar dan tempat tidur dengan saksama. Jika perlu, letakkan humidifier di dalam kamar Anda, agar kelembapan udara di tempat tersebut bisa senantiasa terjaga.

Batuk pada malam hari dapat disebabkan oleh banyak hal. Agar keluhan bisa diselesaikan secara tuntas, Anda perlu mencari penyebab batuk tersebut. Beberapa penyebab batuk yang paling umum adalah reaksi alergi, asma, GERD dan infeksi.

Jika Anda tidak mengetahui dengan pasti tentang penyebab batuk di malam hari, jangan sungkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Dengan ini, dokter bisa menentukan diagnosis dan obat-obatan yang paling baik untuk mengatasi keluhan yang Anda alami. Jangan tinggal diam, karena batuk di malam hari bisa menganggu tidur dan menurunkan produktivitas Anda esok harinya.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar