Sukses

Hal-hal tentang Hepatitis yang Anda Perlu Tahu

Masyarakat biasanya mengenal hepatitis hanya sebatas penyakit kuning. Namun, ada beberapa hal tentang hepatitis yang perlu Anda tahu.

Klikdokter.com, Jakarta Hepatitis adalah penyakit infeksi pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Orang awam pada umumnya mengenal hepatitis sebagai penyakit kuning. Akan tetapi, sebenarnya masih banyak hal lain yang perlu Anda tahun terkait penyakit yang menyerang organ hati ini. 

Organ hati atau liver terletak di sebelah kanan atas perut Anda. Hati memiliki beberapa fungsi penting yang memengaruhi metabolisme tubuh. Beberapa fungsi itu mencakup produksi empedu sebagai penyaring zat racun dari tubuh, ekskresi bilirubin (produk sel darah merah yang rusak), kolesterol, hormon, dan proses pemecahan karbohidrat, lemak, dan protein aktivasi enzim tubuh. 

Hal yang perlu Anda tahu terkait hepatitis

Beberapa hal terkait hepatitis di bawah ini mungkin belum Anda ketahui. Apa saja hal tersebut? Yuk, ikuti penjelasan berikut. 

  1. Penyebabnya bukan hanya virus

Hepatitis adalah suatu kondisi peradangan hati yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Namun bukan hanya virus, ada kemungkinan hepatitis disebabkan oleh hepatitis autoimun dan hepatitis yang terjadi sebagai akibat dari penggunaan obat-obatan, alkohol, ataupun zat toksik lain.

  1. Ada 5 jenis hepatitis

    Ada lima jenis hepatitis yang disebabkan oleh infeksi virus pada hati, yaitu A, B, C, D, dan E.  Hepatitis A selalu muncul dalam keadaan akut jangka pendek, sedangkan hepatitis B, C, dan D kemungkinan besar akan menjadi berkelanjutan dan menjadi kronis. Hepatitis E biasanya akut, tetapi bisa sangat berbahaya pada wanita hamil. 

    • Hepatitis A 

     

    Hepatitis A disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A (HAV). Jenis hepatitis ini paling umum ditularkan dengan mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi oleh feses atau kotoran dari orang yang terinfeksi hepatitis A. 

     

    • Hepatitis B

     

    Hepatitis B ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh yang menular, seperti darah, cairan vagina, atau sperma yang mengandung virus hepatitis B (HBV). Penggunaan narkoba suntik, berhubungan seks dengan pasangan yang terinfeksi, atau berbagi pisau cukur dengan orang yang terinfeksi meningkatkan risiko terjangkitnya virus hepatitis B.  Diperkirakan, 1,2 juta orang di Amerika Serikat dan 350 juta orang di seluruh dunia hidup dengan penyakit kronis ini. 

     

    • Hepatitis C

     

    Hepatitis C berasal dari virus hepatitis C (HCV). Hepatitis C ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh yang terinfeksi, biasanya melalui penggunaan narkoba suntikan dan kontak seksual. HCV adalah salah satu infeksi virus yang ditularkan melalui darah yang paling umum di Amerika Serikat. 

     

    • Hepatitis D 

     

    Hepatitis D (delta hepatitis) adalah penyakit hati serius yang disebabkan oleh virus hepatitis D (HDV). HDV ditularkan melalui kontak langsung dengan darah yang terinfeksi. Hepatitis D adalah bentuk hepatitis yang langka yang biasanya hanya terjadi bersamaan dengan infeksi hepatitis B. Virus hepatitis D tidak dapat berkembang biak tanpa kehadiran hepatitis B. 

     

    • Hepatitis E 

     

    Hepatitis E adalah penyakit yang ditularkan melalui air yang disebabkan oleh virus hepatitis E (HEV). Hepatitis E terutama ditemukan di daerah dengan sanitasi buruk dan biasanya hasil dari menelan kotoran yang mencemari pasokan air.  Kasus hepatitis E telah dilaporkan banyak terjadi di Timur Tengah, Asia, Amerika Tengah, dan Afrika.

     

  1. Tidak selalu menunjukkan gejala

    Tidak semua hepatitis menunjukkan gejala spesifik. Penderita infeksi hepatitis yang kronis, seperti hepatitis B dan C, mungkin tidak mendapatkan gejala akut pada awalnya. Namun, gejala akut timbul ketika kerusakan memengaruhi fungsi hati yang menyebabkan gejala lebih buruk. 

    Tanda dan gejala hepatitis akut muncul dengan cepat, seperti:

    • Demam
    • Gejala kelelahan seperti flu
    • Nyeri otot
    • Urine berwarna gelap dan pekat seperti teh
    • Nyeri perut kanan atas
    • Mual, muntah, hingga kehilangan selera makan
    • Penurunan berat badan drastis tanpa sebab
    • Kulit, jari-jari, kuku, dan mata tampak kuning.
  1. Penyakit hepatitis bisa dicegah

Agar terhindar dari penyakit hepatitis, Anda disarankan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menghindari seks bebas, dan penggunaan minuman beralkohol. Selain itu, Anda bisa mendapatkan vaksin pencegah hepatitis A dan B yang bisa didapatkan di berbagai fasilitas kesehatan atau rumah sakit.

Dalam rangka Hari Hepatitis Sedunia, pemahaman tentang penyakit ini memang harus diperkuat. Karena hingga saat ini, hepatitis menjadi salah satu penyakit yang terus mendapatkan perhatian dunia karena penderitanya semakin meningkat. Dengan mengetahui fakta-fakta di atas, Anda dapat semakin mengenali penyakit ini. Terapkan juga hidup bersih dan sehat demi mencegah penularan hepatitis. 

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar