Sukses

Benarkah Radang Tenggorokan Ciri-ciri Amandel?

Nyeri akibat radang tenggorokan bisa terasa mengganggu. Mungkinkah kondisi ini ciri-ciri amandel?

Klikdokter.com, Jakarta Gatal di tenggorokan, nyeri dan sulit menelan, dan demam adalah gejala umum radang tenggorokan. Namun tahukah Anda, ternyata keluhan-keluhan tersebut juga merupakan ciri-ciri amandel yang meradang?

Radang tenggorokan dan radang amandel alias tonsilitis memang menyebabkan keluhan yang mirip, sehingga banyak penderita yang sering salah kira. Bahkan, istilah radang tenggorokan sering dipakai masyarakat untuk menggambarkan adanya rasa nyeri di tenggorokan.

"Salah satu ciri-ciri amandel menyerupai radang tenggorokan. Jadi, gejalanya bisa susah menelan, kemerahan, rasa kering di tenggorokan. Nah, mirip kan?," kata dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, memberikan pencerahan.

"Namun jangan sampai tertukar juga, bisa jadi radang tenggorokan itu bukan amandelnya yang meradang, tetapi dinding tenggorokan. Jika itu yang dialami, itu namanya faringitis. Ciri-cirinya sama, yaitu sakit saat menelan, terapinya juga sama. Tapi keduanya adalah dua hal yang berbeda. Biang keroknya bisa di amandelnya atau dinding tenggorokannya,” jelas dr. Dyan.

“Kalau ditanya apakah radang tenggorokan adalah ciri-ciri amandel, bisa dibilang demikian,” tambahnya.

Gejala serupa, beda cara mengatasinya

Tenggorokan dibagi menjadi tiga bagian, yakni faring, laring, dan amandel. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti yang juga dari KlikDokter, peradangan pada masing-masing bagian tersebut memberikan gejala yang serupa tapi tak sama, begitu juga cara mengatasinya.

  1. Faring

Terletak di bagian tenggorokan paling luar (di belakang langit-langit mulut). Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, peradangan pada faring disebut sebagai faringitis.

"Anda bisa merasakan nyeri atau sensasi panas di tenggorokan, terasa sakit dan sulit menelan, ada lendir di tenggorokan, serta bau mulut. Faringitis umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Karenanya, keluhan ini biasanya dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari tanpa obat-obatan. Dengan catatan, penderitanya mengonsumsi makanan sehat, istirahat cukup, dan banyak minum air putih," ujar dr. Astrid.

Faringitis juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Kondisi ini adalah bentuk infeksi sekunder akibat infeksi virus yang tidak tuntas.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Laring

Laring terletak setelah faring. Di bagian ini terdapat pita suara yang memproduksi suara dan dilewati oleh udara. Fungsi laring sangat penting, yaitu menyaring udara ke trakea sekaligus menjadi penghalau benda asing masuk.

Peradangan pada laring disebut laringitis. Keluhan yang muncul biasanya suara serak, batuk-batuk, dan terasa nyeri saat berbicara. Selain itu, laringitis juga umumnya menyebabkan keluhan napas mendengkur.

"Penyebabnya karena  kebiasaan berteriak dan terlalu banyak berbicara, adanya pajanan kimiawi berbahaya seperti asap rokok, serta infeksi virus dan bakteri,” kata dr. Astrid.

Pada kasus laringitis yang disebabkan oleh infeksi virus, penderita hanya perlu isitirahat cukup dan mengonsumsi makanan bergizi agar daya tahan tubuh terjaga. Namun untuk laringitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri, dr. Astrid mengatakan bahwa penderita mesti minum antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

  1. Amandel

Amandel terletak di kedua sisi lidah. Radang amandel sangat mudah terlihat, yaitu amandel terlihat membesar menutupi tenggorokan.

"Keluhannya biasanya kesulitan dan sakit saat menelan, tenggorokan terasa berlendir, sakit kepala, demam atau mengigil, dan bau mulut. Pada anak-anak, gejala umumnya bisa meliputi mual, muntah, dan sakit perut," ungkap dr. Astrid.

Umumnya, tonsilitis yang disebabkan oleh infeksi virus tidak butuh pengobatan khusus, hanya perlu beristirahat, banyak minum air putih, dan makan sehat. Namun apabila penyebabnya adalah serangan bakteri, penderita butuh bantuan dokter untuk untuk bisa diperiksa dan ditangani dengan pengobatan yang tepat sasaran.

Mudahnya, untuk membedakan antara radang tenggorokan atau radang amandel, Anda disarankan untuk menjulurkan lidah dan lihat ujung mulut. Jika bagian sekitar tenggorok memerah atau ada pembengkakan di sisi kanan dan kiri rongga mulut. Perbedaan mendasar antara dua kondisi tersebut ada di pembengkakan tersebut. Kondisi terparah adalah jika sampai muncul lingkar putih di sekitar rongga mulut (yang merupakan bakteri dan jamur), dan itu harus segera dibersihkan. Jika tidak, penyakit sulit dikendalikan.

Memang benar bahwa keluhan umum yang diketahui sebagai gejala radang tenggorokan bisa merupakan ciri-ciri amandel. Namun, sebenarnya keduanya adalah dua hal yang berbeda, begitu pula penanganannya. Coba cek apakah ada pembengkakan di kedua sisi rongga mulut. Jika bisa jadi itu adalah radang amandel. Segera konsultasikan diri ke dokter agar bisa ditangani hingga tuntas.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar