Sukses

5 Manfaat Sehat Meletakkan Tanaman di Dalam Ruangan

Daripada menaruh banyak barang yang tak terlalu berguna, yuk letakkan tanaman di dalam ruangan. Ada manfaat sehatnya, lo!

Klikdokter.com, Jakarta Semakin minimnya lahan di perkotaan membuat semakin jarang orang memiliki taman terbuka di rumah mereka. Padahal, Anda bisa menyiasatinya dengan meletakkan tanaman di dalam ruangan. Tanaman yang dipilih pun bisa beragam. Mulai dari kaktus dan sukulen-sukulen kecil, bunga anthurium, pachira atau money plant, bambu rejeki, hingga lidah mertua. 

Tak cuma mempercantik rumah, meletakkan tanaman di dalam ruangan juga memiliki manfaat buat kesehatan, lo. Lantas, apa saja manfaat sehat yang dimaksud?

  • Udara ruangan jadi lebih segar

Penelitian sudah menunjukkan bahwa menaruh tanaman di dalam ruangan membantu menghilangkan racun dan polutan di udara, seperti formaldehyde dan benzene. Dalam kurun waktu 12 jam, tanaman bromeliad pun mampu menghilangkan lebih dari 80 persen dari enam senyawa organik berbahaya dan 94 persen aseton (senyawa yang biasanya terdapat dalam penghapus cat kuku).

Meski begitu, kemampuan pemurnian udara itu bergantung pada ukuran tanaman, ukuran ruang, serta jumlah racun di dalam udara. Jika ruangan Anda luas, tetapi tanaman yang Anda letakkan terlalu kecil, efeknya tidak akan terlalu terasa. 

  • Meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stres

Tanaman hias rupanya dapat memberi manfaat sehat bagi mental Anda. Hal itu dibuktikan melalui penelitian yang melibatkan 28 pabrik baru di Norwegia. 

Setelah mereka memanfaatkan banyak tanaman, mereka melaporkan adanya peningkatan kesejahteraan yang lebih besar setelah empat minggu kemudian. Para pegawai seakan-akan berada “di rumah” sehingga dapat bekerja secara optimal tanpa merasa tertekan atau stres berlebih. 

Sementara itu, menanam tanaman dan merawatnya secara aktif di dalam ruangan memberikan Anda kesempatan untuk melupakan hal-hal yang menyusahkan dan membuat stres. Semakin telaten Anda merawat tanaman tersebut, tanaman akan tumbuh dengan lebih subur. Nah, makin subur tanaman yang dipelihara, dia akan lebih maksimal dalam memberikan manfaat baik buat Anda. 

Jika Anda termasuk pemula dan belum telaten dalam merawat tanaman, cobalah pilih jenis sukulen terlebih dulu. Sukulen cocok tumbuh di ruangan yang banyak jendela dan mendapat banyak cahaya. Namun, bila ruangan Anda memiliki tingkat cahaya sedang, coba letakkan tanaman philodendron

  • Meningkatkan produktivitas Anda

Meletakkan tanaman di meja kerja bisa memberikan dorongan pada otak untuk lebih produktif. Itu dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh University of Exeter. Menurut mereka, produktivitas karyawan meningkat 15 persen setelah ada tanaman di meja kerja. 

Tumbuhan itu sendiri sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Mereka memberikan sebuah koneksi sehingga pekerja menjadi lebih tenang dan fokus bekerja.

  • Dapat menjadi terapi hortikultura

Terapi hortikultura adalah praktik menggunakan tanaman dalam sebuah pemulihan yang terorganisasi. Tujuannya, untuk membantu orang-orang mengatasi masalah psikologis, seperti PTSD, hilangnya keterampilan fisik tertentu, hingga membantu mereka yang kesulitan dalam memecahkan masalah. 

Soal kemampuannya dalam mengembalikan keterampilan fisik, hal itu disetujui oleh dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc, MSc dari KlikDokter. Menurutnya, merawat tanaman adalah kegiatan yang tepat untuk melatih keterampilan otot dan motorik halus. 

  • Merasakan adanya kepuasan batin 

Merawat tanaman sejak berupa bibit atau tunas kecil hingga kini tumbuh besar bisa meningkatkan kualitas hidup serta memberikan kepuasan batin. Setiap kali seseorang berhasil memelihara sesuatu, pasti ada rasa bangga tersendiri yang akhirnya bisa membawa perubahan positif di dalam hidupnya. Jadi, berusahalah untuk setelaten mungkin! Sebab, ketika ada rasa bangga dan bahagia, kesehatan fisik pun akan terpengaruh.

Tak hanya sekadar “pemanis”, meletakkan tanaman di dalam ruangan juga berefek positif pada kesehatan fisik dan mental Anda. Bila Anda tertarik untuk mencobanya, mulailah dengan tanaman yang kecil dan mudah dirawat dulu. Setelah berhasil, baru tingkatkan ke tanaman yang lebih besar. Yang terpenting, Anda sabar dan telaten. 

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar