Sukses

Benarkah Tanaman dalam Ruangan Bisa Membersihkan Udara?

Katanya, salah satu cara untuk membersihkan udara adalah dengan meletakkan banyak tanaman dalam ruangan. Sudah tepatkah hal ini?

Klikdokter.com, Jakarta Membersihkan udara yang kotor di dalam ruangan mutlak diperlukan. Pasalnya udara ruangan yang bersih baik di rumah maupun di kantor bisa memacu semangat penghuninya untuk lebih produktif. Meletakkan tanaman dalam ruangan bisa menjadi salah satu cara yang dipilih untuk membersihkan udara dalam ruangan.

Menurut dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A kepada KlikDokter, pada dasarnya Anda juga bisa membersihkan udara di dalam rumah dengan beragam cara lainnya. Membangun sirkulasi udara yang baik dan melarang adanya asap rokok di rumah, juga bisa dilakukan.

Nah, jika membersihkan udara di rumah dilakukan dengan meletakkan tanaman di dalam ruangan, apakah cara ini efektif?

Tumbuhan menghasilkan oksigen

Pada dasarnya keberadaan tumbuhan memang diperlukan di dalam kehidupan manusia. Melalui proses fotosintesis, tumbuhan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen segar dan menghilangkan racun dari udara yang Anda hirup.

Ada satu percobaan terkenal dari NASA yang diterbitkan pada tahun 1989. Mereka sedang mencari cara, bagaimana agar udara di space station (stasiun luar angkasa) dapat terdetoksifikasi. Lalu, mulailah mereka dengan meletakkan tanaman hidup yang ditanam dalam pot.

Percobaan tersebut mengungkapkan bahwa tanaman dalam ruangan ternyata memang dapat membersihkan udara dari senyawa formaldehyde dan benzene (keduanya tidak baik bila terhirup manusia). Tak berperan sendirian, mikroorganisme tanah pada tanaman pot ternyata ikut andil dalam membersihkan udara di dalam ruangan. 

Kabar baiknya lagi, semakin besar dan semakin subur tanaman hidup yang dimiliki di dalam rumah, semakin baik pula kualitas udara yang dihasilkan. Bill Wolverton, mantan ilmuwan dari NASA yang melakukan penelitian tersebut mengatakan, sebenarnya tidak ada patokan pasti mengenai jumlah tanaman pot yang mesti diletakkan di dalam.

Namun, berdasarkan pengalamannya, setidaknya Anda bisa meletakkan dua tanaman ukuran sedang. Untuk jenis tanaman, Anda juga bisa memilih pakis boston atau golden pothos.

1 dari 2 halaman

Kiat pelihara pakis boston

Nama kedua tanaman tersebut memang terdengar asing. Tetapi percayalah, setelah Anda browsing dan menemukan gambarnya, Anda pernah melihat setidaknya satu kali di suatu tempat.

Bagi Anda yang ingin memelihara tanaman pakis boston, ada hal yang harus Anda ketahui. Meski menjadi salah satu tanaman yang paling efektif untuk menghilangkan polutan di udara, sayangnya pakis boston cukup sulit untuk tumbuh di dalam ruangan.

Ini sangat berbeda dengan golden pothos. Tanaman yang umumnya diletakkan dalam pot gantung ini akan lebih mudah hidup di dalam ruangan ketimbang pakis boston.

Selain mengandalkan tanaman hidup, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan udara di dalam ruangan adalah dengan memperlancar sirkulasi udara seperti yang disinggung oleh dr. Caessar di atas. Mengapa hal ini perlu juga dilakukan?

Sebab, meletakkan tanaman di dalam ruangan untuk membersihkan udara hanya efektif bila ruangan yang dimiliki berukuran kecil. Jika ruangan yang dimiliki besar dan luas, beberapa tanaman saja tentu tidak akan cukup untuk memfilter udara Anda. Anda pun tetap harus membuka jendela, pintu, serta ventilasi untuk membersihkan udara di dalam ruangan rumah.

Memelihara tanaman dalam ruangan juga memiliki manfaat selain membersihkan udara, yakni menghilangkan stres dengan menenangkan sistem saraf simpatik. Alhasil, suasana hati akan jauh lebih baik. Meski begitu, hati-hati bila ada anggota keluarga yang memiliki alergi pada tanaman berbunga di dalam pot. Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, serbuk sari bunga juga dapat menjadi pencetus alergi. Jadi, pastikan Anda tidak menggunakan tanaman yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan, ya.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar