Sukses

Tips Menjaga Stamina Meski Punya Aktivitas Padat

Ingin menjaga stamina meski aktivitas selalu padat? Ini hal penting yang mesti Anda perhatikan.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki aktivitas yang padat menuntut Anda untuk senantiasa menjaga stamina. Jika tidak, tubuh akan lebih mudah kelelahan sehingga produktivitas bisa menurun. Lebih buruk lagi, aktivitas padat yang tidak dibarengi dengan stamina tinggi juga bikin penyakit lebih mudah menyerang.

Lantas, harus bagaimana? Tenang, tidak perlu panik. Anda hanya perlu melakukan tips berikut ini untuk menjaga stamina, agar aktivitas yang padat bisa sepenuhnya terlaksana.

Pola makan sehat

Padatnya aktivitas sering membuat orang lupa untuk makan. Kalaupun ingat, yang dikonsumsi biasanya makanan tidak sehat seperti junk food. Bukannya sehat dan berstamina, pola makan seperti itu malah membuat tubuh Anda lebih cepat drop. Alhasil, aktivitas bisa saja mengalami gangguan.

Untuk itu, Anda yang ingin menjaga stamina supaya semua aktivitas bisa terlaksana wajib menghindari perilaku tersebut. Akan lebih baik bila Anda selalu menyempatkan diri mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Jangan lupa untuk makan tepat waktu, ya!

Aktif bergerak

Meski memiliki aktivitas yang sangat padat, Anda mesti tetap aktif bergerak alias berolahraga. Sama halnya menjaga pola makan sehat, olahraga secara rutin dan teratur juga penting untuk menjaga stamina dan kesehatan organ tubuh agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Tak hanya itu, berolahraga secara rutin dan teratur juga bisa menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit metabolik. Mulai dari diabetes melitus, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan penyakit jantung maupun stroke. 

Jadi, usahakan untuk berolahraga secara minimal 30 menit setiap hari. Jika tidak ada waktu untuk berolahraga di luar rumah, pelajarilah gerakan-gerakan sederhana yang dapat dilakukan setiap hari di tempat kerja.

Cukup tidur

Banyak orang mengorbankan waktu tidur, agar pekerjaan bisa cepat selesai. Padahal, kurang tidur akan menyebabkan stamina dan konsentrasi menurun sehingga malah akan menurunkan produktivitas Anda. 

Perlu Anda ketahui, tubuh melakukan proses regenerasi saat Anda tidur. Jika waktu tidur Anda kurang, proses tersebut tidak berlangsung dengan optimal sehingga fungsi organ tubuh juga tidak akan maksimal. Sebagai akibatnya, Anda tidak akan memiliki cukup stamina untuk menjalani aktivitas yang padat.

Itulah sebabnya, sepadat apa pun aktivitas, berusahalah agar bisa tidur selama 6–8 jam setiap hari. Agar kualitas tidur benar-benar optimal, atur suasana kamar agar jauh dari cahaya (gelap) dan terasa sejuk. 

Tak hanya membantu menjaga stamina, tips di atas juga turut menjaga kesehatan tubuh Anda luar dan dalam apabila dilakukan secara berkelanjutan. Jika Anda menemukan kendala dalam menjaga stamina, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar