Sukses

Inilah yang Dapat Dilakukan untuk Meredakan Nyeri Sendi

Nyeri sendi, terutama pada lutut, bisa membuat tidak nyaman, bahkan dapat membatasi pergerakan tubuh. Inilah cara untuk meredakannya.

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri sendi adalah gangguan yang tak boleh disepelekan. Sebab, sendi merupakan penghubung antar tulang, sehingga nyeri sendi pun dapat membatasi pergerakan tubuh Anda, seperti berjalan, naik turun tangga, mengangkat barang, dan sebagainya. Lalu, bagaimana cara meredakannya?

Di antara banyak sendi yang terdapat di tubuh, bisa dibilang nyeri sendi paling sering terjadi pada lutut karena merupakan sendi yang penopang berat badan tubuh. Nyeri lutut juga dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit dan cedera.

Cara meredakan dan menghindari nyeri sendi

Saat mengalami nyeri sendi, terutama di sendi lutut, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan dan menghindarinya, antara lain:

1. Melakukan metode RICE

Metode RICE adalah salah satu tindakan darurat yang dapat dilakukan jika terjadi nyeri sendi. RICE terdiri dari Rest (istirahat), Ice (kompres), Compress (membalut sendi), dan Elevated (meninggikan bagian yang mengalami nyeri).

Metode ini tak hanya dapat dilakukan untuk nyeri sendi lutut, tapi pada sendi bagian tubuh lainnya. Selain itu, metode ini juga dapat dilakukan pada cedera ringan.

2. Lakukan olahraga

Olahraga, terutama kardio, dapat memperkuat otot yang menopang sendi seperti lutut dan juga dapat meningkatkan fleksibilitas sendi. Selain kardio, olahraga lain seperti mengangkat beban dan peregangan juga baik untuk kesehatan sendi.

Saat sedang mengalami nyeri sendi, khususnya sendi lutut, hindari melakukan olahraga yang memberikan tekanan pada sendi lutut. Misalnya berlari, melompat, squatting, lunges, dan sebagainya.

3. Hindari risiko jatuh

Nyeri sendi dapat membatasi pergerakan Anda, sehingga meningkatkan risiko jatuh. Apabila sampai terjatuh di posisi yang salah, hal itu justru dapat menambah parah kondisi nyeri sendi Anda.

Ketika terjadi nyeri sendi di lutut, lebih baik gunakan alat bantu jalan, minta tolong orang lain untuk membopong Anda, atau berpegangan dengan lingkungan sekitar jika Anda ingin berjalan.

4. Menurunkan berat badan

Sebagian besar orang yang mengalami nyeri sendi pada lutut adalah mereka yang memiliki berat badan berlebih, bahkan obesitas. Akibatnya, beban pada lutut menjadi lebih berat, sehingga mudah mengalami nyeri.

Studi membuktikan bahwa dengan mengurangi berat badan, maka dapat secara signifikan mengurangi gejala nyeri sendi pada lutut.

5. Hindari beristirahat terlalu banyak

Jika sedang mengalami serangan nyeri sendi, sebaiknya Anda beristirahat sejenak untuk menghindari risiko jatuh. Namun, jangan terlalu banyak karena justru dapat membuat otot lemah dan sendi semakin kaku.

Akibatnya, hal itu justru dapat memperparah nyeri sendi. Anda bisa memilih untuk melakukan pergerakan atau olahraga yang aman untuk sendi.

6. Lakukan terapi tradisional

Akupuntur adalah salah satu terapi tradisional dari China. Cara yang digunakan adalah dengan jarum kecil dan dimasukkan ke titik-titik tertentu pada tubuh. Metode ini disebut dapat mengurangi berbagai rasa nyeri sendi.

7. Gunakan sepatu yang tepat

Khusus untuk nyeri sendi pada lutut. Ternyata, penggunaan sepatu juga berpengaruh pada tekanan terhadap sendi lutut Anda. Pilih sol yang empuk karena dapat mengurangi tekanan.

8. Kompres dingin dan hangat

Pada awal cedera, sekitar 48-72 jam pertama, gunakan kompres dingin pada sendi untuk mengurangi bengkak dan meringankan rasa nyeri. Gunakan kompres dingin tersebut selama 15-20 menit dalam 3-4 kali sehari.

Setelah lewat dari tiga hari, gunakan kompres hangat pada sendi untuk meningkatkan sirkulasi dan peredaran darah. Hal ini dapat meningkatkan fleksibilitas dan memperbaiki jaringan yang rusak.

9. Cari bantuan medis

Jika nyeri sendi baru pertama kali terjadi, tapi kondisi sangat parah, atau nyeri sendi sudah lama terjadi, namun tidak kunjung membaik, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Ada banyak penyakit yang menyebabkan nyeri sendi dan membutuhkan pengobatan medis untuk mencegah kerusakan sendi yang lebih parah.

Satu hal lagi yang dapat Anda lakukan untuk meredakan nyeri sendi adalah dengan mengonsumsi suplemen khusus, seperti H2 Green Lipped Mussel dari H2 Health & Happiness. Suplemen ini dapat membantu mengatasi bengkak dan nyeri pada sendi. Kandungan Glycosaminoglycan dalam H2 Green Lipped Mussel dapat membantu melubrikasi sendi serta melindungi tulang rawan, terutama pada pasien Osteoarthritis (OA) ataupun orang dengan gangguan sendi lainnya.

Dengan mengonsumsi 1-2 kapsul per hari, H2 Green Lipped Mussel juga dapat memperkuat efek anti peradangan dan mencegah kerusakan tulang rawan. Selain itu, H2 Green Lipped Mussel juga aman untuk dikonsumsi jangka lama karena tidak meningkatkan kadar gula darah.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan dan mengatasi nyeri sendi. Bila nyeri sendi terus berlanjut, jangan lupa untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi agar Anda bisa mendapatkan perawatan tepat.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar