Sukses

Cara Mengatasi Nyeri di Ulu Hati Akibat Asam Lambung Naik

Penyakit asam lambung dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati. Ketahui solusinya agar Anda dapat mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Asam lambung naik atau dalam bahasa medis disebut Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan salah satu penyakit sistem pencernaan yang cukup sering terjadi.GERD pun dapat menyebabkan nyeri ulu hati yang dapat sangat mengganggu aktivitas Anda. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui solusi dalam mengatasinya.

GERD sendiri merupakan penyakit yang disebabkan naiknya asam lambung dari lambung ke esofagus atau kerongkongan. Hal ini, jika terjadi secara kronis dapat berbahaya karena asam lambung dapat menyebabkan iritasi pada kerongkongan.

Nyeri ulu hati sebagai salah satu gejala asam lambung naik

Ketika asam lambung naik, salah satu gejala yang paling sering dirasakan penderitanya adalah nyeri ulu hati. Rasa nyeri ini bahkan dapat semakin terasa memburuk saat penderita mengonsumsi makanan.

Biasanya, gejala ini berlangsung selama sekitar dua jam. Akan tetapi, nyeri ulu hati tidak hanya bisa terjadi pada penderita GERD. Saat menderita penyakit gastritis atau mag, Anda pun dapat merasakan nyeri ulu hati.

Selain nyeri ulu hati, masih ada beberapa gejala lain yang dapat dirasakan oleh penderita GERD, antara lain:

  • Rasa terbakar pada dada (heartburn) dan menjalar ke kerongkongan

Gejala heartburn dan terasa menjalar ke kerongkongan merupakan gejala khas GERD. Gejala ini dapat berlangsung selama dua jam dan posisi berbaring dapat membuat gejala ini semakin berat.

  • Mual dan muntah

Gejala mual dan muntah dapat terjadi akibat meningkatnya produksi asam lambung hingga berlebih.

  • Rasa asam atau pahit pada mulut

Penyakit GERD yang sudah cukup parah dapat membuat asam lambung naik sampai ke mulut. Terkadang,sisa makanan juga ikut naik bersama asam lambung. Akibatnya, penderita dapat merasakan rasa asam dan pahit pada mulut.

  • Batuk kering

Saat asam lambung naik hingga ke kerongkongan,bisa sajaterjadi iritasi. Hal ini kemudian dapat menyebabkan gejala batuk kering.

  • Nyeri tenggorokan

Asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan bisamenimbulkan rasa nyeri di tenggorokan.

  • Suara serak

Asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan pada jangka waktu lama juga dapat menyebabkan suara serak. Hal ini disebabkan oleh iritasi yang juga terjadi pada tenggorokan dan pita suara.

1 dari 2 halaman

Solusi mengatasi asam lambung naik dan gejalanya

Ada begitu banyak gejala asam lambung naik yang tentu membuat penderitanya tidak nyaman. Berikut adalah solusi untuk mencegah dan mengatasinya:

  • Hindari makanan pemicu asam lambung

Penderita GERD sudah memiliki kelainan pada katup antara lambung dan kerongkongan. Sehingga, jika mengonsumsi makanan pemicu asam lambung naik, maka hal itu akan sangat mudah terjadi.

Oleh sebab itu, penderita GERD sebaiknya menghindari makanan pemicu asam lambung.Contohnya kopi, cokelat, soda, alkohol, daging, serta makanan asam, pedas dan berlemak.

  • Memperhatikan posisi tubuh

Posisi tubuh setelah makan juga berpengaruh pada penderita GERD. Hindari berbaring setelah makan karena asam lambung beserta makanannya dapat kembali ke kerongkongan dengan mudah.

Anda disarankan untuk tetap dalam posisi tegak, minimal dua sampai tiga jam setelah makan. Gaya gravitasi akan dapat membantu menghindari risiko naiknya asam lambung.

  • Menurunkan berat badan

Salah satu risiko penyebab GERD adalah obesitas. Lemak berlebih pada perut dapat menyebabkan timbulnya tekanan, sehingga mendorong asam lambung ke kerongkongan.

  • Menerapkan cara makan small frequent feeding

Small frequent feeding adalah cara makan dengan porsi sedikit, namun sering. Hal ini dapat mencegah arus balik asam lambung dan makanan.

Makan terlalu banyak bisa menimbulkan adanya tekanan pada katup antara lambung dan kerongkongan, sehingga mudah menyebabkan asam lambung naik.

  • Mengonsumsi obat-obatan dari dokter

Jika gejala GERD sudah sangat mengganggu, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter. Anda mungkin membutuhkan obat-obatan yang dapat menurunkan produksi asam lambung.

Selain obat-obatan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen H2 Zativa dari H2 Health & Happiness untuk mengatasi asam lambung naik dan nyeri ulu hati. H2 Zativa memiliki kandungan herbal natural yang dapat menurunkan sekresi asam lambung, sehingga dapat juga mencegah mag dan mengurangi peradangan oleh H. Pylori.

H2 Zativa juga memiliki kemampuan kerja triple action yang dapat memberi manfaat kesehatan, yaitu:

  • Anti flatulen untuk menghilangkan kembung
  • Mucosa Protection untuk melindungi lambung dengan membentuk lapisan mukosa dinding lambung
  • Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Suplemen ini dapat Anda konsumsi sebanyak 1-2 kapsul per hari, sekitar 1 jam sebelum makan. Namun, hati-hati untuk Anda yang sedang menjalani proses kehamilan pada trimester akhir. Anda tidak dapat menggunakan suplemen ini karena dapat mengganggu kontraksi rahim.

Gejala asam lambung naik atau GERD memang beragam dan menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderita, terutama nyeri ulu hati. Oleh sebab itu, Anda bisa mengikuti tips di atas untuk mencegah dan mengatasi asam lambung naik.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar