Sukses

Ini Alasan Mengapa Anda Tak Boleh Tidur Memakai Lensa Kontak

Lensa kontak mungkin sangat membantu keseharian Anda. Namun, jangan lupa melepasnya ketika tidur, karena bisa berbahaya bagi mata.

Klikdokter.com, Jakarta Lensa kontak merupakan pilihan untuk mengoreksi penglihatan bagi mereka yang merasa tidak nyaman menggunakan kacamata. Tanpa gagang yang diselipkan di telinga dan tanpa rasa mengganjal di puncak hidung, lensa kontak bisa menjadi alternatif yang sangat baik.

Tapi, perlu diingat bahwa penggunaan lensa kontak membutuhkan perawatan yang tidak sembarangan. Ketelatenan dalam menggunakan lensa kontak akan menentukan kenyamanan dan kesehatan mata Anda.

Termasuk saat tidur, jangan lupa untuk melepas jenis lensa kontak harian. Sebab, terdapat risiko yang bisa mengenai indra penglihatan Anda.

Beda jenis lensa kontak, beda pemakaiannya

Lensa kontak adalah lensa yang diposisikan pada permukaan kornea mata, dan ditujukan untuk mengoreksi berbagai gangguan ketajaman penglihatan. Contoh gangguan penglihatan yang bisa dikoreksi lensa kontak adalah rabun jauh, rabun dekat, astigmatisme (silinder), serta rabun dekat akibat penuaan.

Saat ini, berbagai jenis lensa kontak dapat ditemui di pasaran. Bahan pembuatannya pun bermacam-macam. Ada yang bersifat sebagai lensa lunak (soft lens), lensa silikon hydrogel, lensa yang dapat ditembus oleh gas, lensa kontak hybrid, serta lensa yang terbuat dari PMMA (polymethyl methacrylate).

Lensa lunak merupakan jenis lensa kontak yang paling populer. Hal ini dikarenakan lensa lunak sangat tipis dan mudah terbentuk mengikuti permukaan depan mata (kornea). Maka, lensa kontak jenis ini dengan mudah membuat penggunanya merasa nyaman dan tidak ada rasa mengganjal.

Lama pemakaian lensa kontak juga semakin bervariasi. Selain jenis lensa kontak yang bersifat sekali pakai, ada lensa kontak harian yang bisa dilepas dan dibersihkan setiap malam. Selain itu, ada pula jenis lensa yang bisa digunakan lebih lama (extended wear).

Meskipun harganya lebih mahal dan lebih jarang tersedia di pasaran, keuntungan dari lensa kontak extended wear adalah pengguna bisa tidur malam hari dengan menggunakannya.

Namun, jangan sekali-sekali Anda menyamaratakan cara penggunaan bagi seluruh jenis lensa kontak. Jenis lensa kontak harian sangat tidak disarankan untuk dibawa tidur.

1 dari 2 halaman

Bahaya tidur dengan lensa kontak

Lensa kontak jenis harian harus dilepas dan dibersihkan setiap harinya. Ketika tidur, jangan sampai lupa untuk melepasnya. Sebab, risiko untuk terkena penyakit radang kornea mata atau keratitis akan meningkat. Ketahuilah, jenis radang ini begitu berat dan bisa menyebabkan kebutaan.

Keratitis merupakan kondisi terjadinya peradangan pada lapisan terdepan dari mata, yaitu kornea. Dalam proses penerimaan cahaya, kornea merupakan bagian yang sangat penting untuk ketajaman penglihatan.

Keratitis sangat mudah terjadi ketika lensa kontak tidak higienis. Saat lensa kontak dihinggapi kuman, dan kuman berpindah ke kornea, tentu risiko infeksi dan radang akan sangat meningkat.

Kuman-kuman yang paling sering menyebabkan keratitis akibat lensa kontak berupa bakteri, virus, jamur, dan parasit (khususnya parasit jenis akantamuba).

Semakin jarang Anda melepas lensa kontak untuk dibersihkan, tentunya kadar higienisnya akan semakin berkurang.

Ditambah pula ketika tidur, mekanisme pembersihan kotoran dan kuman lewat berkedip serta produksi air mata yang mengandung fungsi antikuman akan berkurang. Akibatnya, dapat timbul berbagai gejala sebagai berikut:

  • Mata merah
  • Nyeri pada mata
  • Penglihatan kabur
  • Mata berair terus-menerus
  • Banyak belekan
  • Merasa silau
  • Terasa seperti ada yang mengganjal saat berkedip.

Keratitis termasuk salah satu bentuk infeksi berat yang dapat menyebabkan komplikasi serius. Kehilangan penglihatan secara permanen bisa terjadi bila kondisi ini tak segea diatasi.

Tips membersihkan lensa kontak

Demi menjaga kualitas lensa kontak – karena bisa berimbas pada mata – terapkan cara perawatan lensa yang baik dan sesuai dengan jenisnya. Ketika Anda menggunakan lensa kontak yang bersifat harian, jangan lupa melepaskannya pada malam hari untuk dibersihkan.

Bersihkanlah lensa kontak dengan cairan pembersih khusus seperti disinfektan lensa kontak. Jangan gunakan sembarang air, misalnya air keran. Pastikan juga kebersihan tangan Anda dengan mencuci tangan secara saksama, sebelum membilas lensa kontak.

Memakai lensa kontak harian pada saat tidur di malam hari sangat tidak disarankan. Lensa kontak jenis ini hanya untuk digunakan selama Anda terjaga dan harus segera dilepaskan ketika akan tidur. Hal ini demi menghindarkan organ penglihatan Anda dari peradangan berat pada kornea – seperti keratitis – yang bisa mengganggu kesehatan mata Anda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar