Sukses

5 Masalah Kesehatan Anak yang Sering Muncul

Sistem kekebalan tubuh anak amat rentan. Ketahui berbagai jenis masalah kesehatan yang kerap menimpa si Kecil.

Klikdokter.com, Jakarta Sistem kekebalan tubuh anak berbeda dengan orang dewasa. Sebab, pada masa anak-anak, sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna, sehingga menyebabkan mereka mudah kena masalah kesehatan dan jatuh sakit.

Padahal, masa anak-anak merupakan masa ketika anak perlu bebas bereksplorasi dengan lingkungan dan berbagai hal dalam proses belajarnya.

Dalam proses eksplorasi tersebut, anak-anak pasti menggunakan tangan dan tubuhnya untuk menyentuh berbagai macam benda dan lingkungan sekitarnya. Hal ini tentu saja meningkatkan risiko untuk anak terpapar dengan berbagai sumber penyakit.

Nah, berikut ini adalah masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak, dan sebenarnya dapat dicegah dengan mudah.

  1. Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)

Batuk dan pilek – disertai demam atau tidak – merupakan keluhan kesehatan yang sering dialami oleh anak. Kebanyakan penyebarannya melalui droplet yang keluar dari hidung atau mulut anak lain yang sedang sakit melalui batuk atau bersin. Penularan penyakit ini sangat mudah dan cepat.

Selain itu, jika anak tidak terbiasa cuci tangan sebelum memegang hidung dan mulut, ia lebih mudah tertular batuk dan pilek. Hal ini terjadi karena bermain bersama dengan anak lain yang sedang sakit.

  1. Diare

Diare yang dialami anak ditandai dengan meningkatnya frekuensi buang air besar, atau buang air besar yang konsistensinya cair. Penyakit anak ini dapat disertai dengan muntah, demam, sakit perut, dan terkadang tidak terkendali, sehingga menyebabkan dehidrasi.

Diare paling sering terjadi pada anak, apalagi jika setelah bermain dan bereksplorasi, anak tidak mencuci tangan sebelum makan. Atau, pada anak yang lebih kecil, diare dapat terjadi karena anak senang memasukkan mainan atau berbagai benda ke dalam mulut. Jika terkena diare, anak biasanya tidak ingin makan atau minum, sehingga dapat membuat kondisinya semakin lemah.

  1. Konstipasi

Gangguan pencernaan merupakan masalah kesehatan yang sering dialami anak selain gangguan pernapasan. Selain diare dan muntah, anak juga sering mengalami konstipasi atau sulit buang air besar.

Hal ini biasanya sering terjadi karena anak tidak mau makan sayur, buah atau makanan berserat lainnya. Konstipasi ini pada akhirnya dapat membuat anak gelisah karena rasa tidak nyaman pada perut dan kembung.

  1. Ruam pada kulit

Kemerahan pada kulit juga merupakan masalah yang sering muncul pada anak. Tanda-tanda kemerahan pada kulit anak bisa muncul karena masalah popok, biang keringat, hingga infeksi virus.

  1. Trauma

Meskipun tampak sepele, trauma merupakan masalah psikis yang bisa dialami anak-anak yang sedang gemar mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Terjatuh dan luka, benjol, dan memar merupakan contoh trauma yang bisa membuat orang tua khawatir membiarkan anak-anaknya mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.

Tips agar anak tak mudah sakit

Anak-anak memang rentan mengalami sakit. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mencegah datangnya penyakit atau meringankan gejala yang muncul. Sebisa mungkin, Lengkapi anak dengan nutrisi yang cukup dan seimbang untuk menunjang pembentukan kekebalan tubuhnya.

Biasakan anak untuk cuci tangan sebelum makan, setelah bermain atau memegang gawai. Anak juga perlu  mencuci tangan sebelum menyentuh mulut dan hidung, setelah dari kamar mandi, dan setelah memegang hewan peliharaan.

Untuk menghindari trauma, gunakan alat pelindung seperti pelindung lutut, helm pelindung kepala, dan pelindung siku. Alat perlindungan ini penting dipakai anak saat mencoba permainan yang rentan menimbulkan trauma seperti bermain sepeda.

Daya tahan tubuh anak masih belum berkembang sempurna. Akibatnya anak jadi rentan mengalami masalah kesehatan. Sebagai orang tua, Anda tidak perlu ragu untuk berkonsultasi ke dokter bila terdapat masalah kesehatan yang terjadi pada anak agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai. Dalam rangka Hari Anak Nasional, kesehatan anak memang seharusnya menjadi hal yang tidak boleh diabaikan.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar