Sukses

Nunung Ditangkap Polisi Akibat Sabu, Ini 4 Tips Hindari Narkoba

Lakukan tips hindari narkoba berikut, agar tak seperti Nunung yang ditangkap polisi akibat sabu yang katanya bisa tingkatkan stamina.

Klikdokter.com, Jakarta Komedian Nunung ditangkap polisi terkait narkoba jenis sabu pada Jumat (19/7) silam. Kabar ini tentu menggegerkan masyarakat, khususnya para penggemarnya. Tips hindari narkoba berikut ini diharapkan bisa membantu Anda dan keluarga agar terlindung dari barang terlarang tersebut.

Pakai narkoba untuk tingkatkan stamina

Dilansir Liputan6.com, dikatakan oleh Nunung bahwa ia  memakai narkoba jenis sabu untuk meningkatkan stamina di tengah padatnya aktivitas.

"Nunung mengaku menggunakan sabu sudah sejak 20 tahun lalu. Bahkan suaminya sekitar 24 tahun yang lalu," kata Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak di Polda Metro Jaya, Minggu (21/7) lalu.

Jean Calvijn Simanjuntak juga mengungkapkan bahwa demi staminanya, komedian kelahiran Surakarta 55 tahun ini mengonsumsi sabu setiap pagi hari.

Pengakuan Nunung yang memakai narkoba untuk tingkatkan stamina sebenarnya bukan hal baru. Hampir setiap pemakai narkoba biasanya mengajukan alasan tersebut saat ditangkap polisi.

Tips sehat agar tak terjerat narkoba

Ya, alasan bahwa memakai narkoba – dalam hal ini sabu – dapat meningkatkan stamina saat menghadapi padatnya aktivitas sering diutarakan oleh para pecandu zat terlarang tersebut.

Padahal siapa pun tentu ingin memiliki stamina yang prima. Namun mendapatkan fisik yang sehat dan stamina yang kuat tidak perlu dibangun dengan mengonsumsi sabu. Ada banyak cara yang lebih sehat yang bisa dilakukan.

Berikut beberapa tips sehat yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan stamina prima tanpa harus pakai narkoba:

1. Istirahat cukup

Seseorang biasanya mengonsumsi narkoba karena pengaruh pergaulan. Selain itu juga adanya keinginan untuk lebih segar, karena biasanya mudah lelah akibat jadwal yang padat. Jadi, banyak  yang beralasan memakai narkoba karena butuh stimulan.

“Sebenarnya salah satu mengatasi kelelahan adalah cukup istirahat. Karena bagaimanapun porsi istirahat 7-8 jam itu dibutuhkan oleh tubuh karena sel-sel tubuh punya batas kerja. Kalau dipakai berlebihan, jadi mudah lelah," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

2. Penuhi nutrisi

Jika ingin tubuh tetap sehat, setiap orang butuh mencukupi nutrisi mereka, terutama protein. Kalau aktivitas banyak, butuh protein juga yang banyak. Selain itu, kebutuhan vitamin juga harus tercukupi dengan mengonsumsi cukup buah dan sayur setiap hari.

3. Olahraga

Olahraga memang bisa membuat tubuh Anda sehat dan fit. Menurut dr. Dyan Mega, olahraga itu penting dilakukan agar aliran darah ke otak itu lancar dan tidak mudah tersumbat.

“Untuk membuat tubuh segar, oksigen di otak itu harus cukup. Olahraga 30 menit per hari sudah lebih dari cukup membuat aliran darah di otak menjadi lancar," kata dr. Dyan Mega.

4. Menghindari stres

Pemakai narkoba sering beralasan bahwa mereka memakai zat tersebut karena stres.  Biasanya, ini sebagai pelarian mereka karena narkoba dianggap bisa membantu mereka menemukan jalan keluar. Padahal, itu salah besar. Dan menghindari stres sebenarnya bisa diatasi dengan menyalurkan hobi. Jika diperlukan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau psikolog mengenai kondisi tersebut.

Hebohnya kasus komedian Nunung yang ditangkap polisi karena terkait kepemilikan dan konsumsi sabu perlu jadi pembelajaran semua pihak. Beberapa tips hindari narkoba di atas bisa Anda pakai untuk melindungi diri dan keluarga dari ancaman zat terlarang tersebut.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar