Sukses

Tips Melatih Balita agar Disiplin Makan

Terkadang, orang tua frustrasi ketika balita susah makan. Ikuti cara berikut untuk melatih balita agar lebih disiplin makan.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi balita makan merupakan salah satu aktivitas penunjang masa pertumbuhan dan perkembangannya. Hanya saja, mengajarkan dan melatih balita untuk dapat menguasai kemampuan makan yang baik tidaklah mudah, terutama agar balita disiplin makan.

Banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh orang tua. Mulai dari si Kecil yang kurang tertarik dengan menu makanan, atau bahkan karena terlalu asyik bermain dan tak ingin diganggu.

Sering kali, orang tua merasa frustrasi ketika anak balita mulai malas makan. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir. Situasi ini tergolong wajar karena keinginan makan anak sering kali mengikuti kebutuhannya.

Namun demikian sebagai orang tua, Anda dapat tetap perlu memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Sehingga jika si Kecil sulit makan, Anda perlu tips yang tepat agar balita Anda bisa lebih disiplin makan.

Ikuti cara ini agar balita makan tepat waktu

Biasanya, orang beranggapan bahwa balita yang terlihat berisi adalah balita yang sehat. Padahal, sumber makanan yang menyebabkan berat badan anak tampak baik juga harus diperhatikan.

Misalnya, apakah anak cenderung makan makanan dengan kadar gula tinggi? Atau, anak cenderung makan makanan dengan kalori tinggi tapi miskin nutrisi? Pastikan Anda hanya memberikan makanan yang bernutrisi.

Nah lakukan kiat-kiat berikut untuk melatih balita agar lebih disiplin makan:

1. Tetapkan jadwal makan yang tetap

Agar anak dapat bersemangat makan, Anda perlu menetapkan rutinitas untuknya. Jadi, tetapkanlah jadwal yang rutin dan teratur untuk waktu makan balita. Hal ini juga membantu ia terbiasa dengan rasa lapar di waktu-waktu tersebut.

2. Hindari memberikan gawai saat makan

Dewasa ini, banyak sekali orang tua yang membiarkan anaknya menonton gawai saat makan. Tujuannya agar si Kecil bisa tenang. Padahal, cara ini sebenarnya tidak baik.

Biasakan anak untuk tidak melakukan aktivitas lainnya – seperti main gawai atau menonton TV – saat makan agar anak dapat menikmati makan, serta belajar menyendok, menyuap, dan mengunyah dengan baik.

3. Latih balita untuk makan sendiri

Melatih balita makan sendiri akan membantunya untuk lebih fokus dan menikmati makan. Belajar menyendok, menyuap, dan mengunyah berkontribusi positif terhadap perkembangan motorik balita.

4. Beri contoh cara makan yang baik

Balita akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Untuk itu, makan bersama keluarga merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan. Anak dapat belajar melihat orang tuanya makan dengan baik dan mencontohnya, sehingga ia dapat lebih menikmati aktivitas makan.

5. Biarkan si Kecil memilih menunya

Perbolehkanlah anak untuk dapat memilih makanan yang ingin ia makan. Tentu saja, orang tua perlu memastikan bahwa pilihan yang disediakan merupakan  pilihan yang sehat untuk anak.

Selain berbagai tips di atas, sebenarnya ada banyak sekali berbagai cara kreatif lain yang dapat dilakukan oleh orang tua. Misalnya dengan mengajak si Kecil memilih warna atau motif alat makannya sendiri, atau dengan membuat penyajian makanan dengan kreatif untuk menarik perhatiannya.

Memang tak mudah bagi orang tua untuk melatih balita agar disiplin makan. Yang terpenting jangan putus asa, ya. Tetap semangat untuk mencoba berbagai cara di atas. Jika balita masih susah makan, konsultasikan pada dokter anak untuk mendapatkan solusi terbaik.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar