Kesehatan Umum

Efektifkah Menghilangkan Varises dengan Akupunktur?

dr. Theresia Yunita, 08 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada yang mengatakan, akupunktur dapat menghilangkan varises. Bagaimana efektivitasnya?

Efektifkah Menghilangkan Varises dengan Akupunktur?

Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang umumnya terjadi pada bagian kaki. Hal ini bermula dari lemahnya katup pada pembuluh darah vena sehingga aliran darah ke jantung terganggu. Akibatnya, darah menumpuk di vena dan timbul varises. 

Ada beragam faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami varises, di antaranya berjenis kelamin wanita, faktor keturunan, usia, dan obesitas. Aktivitas seperti berdiri terlalu lama, kehamilan, dan lainnya juga dapat meningkatkan risiko terkena varises. 

Kebanyakan orang dengan varises tidak mengalami komplikasi serius. Meski begitu, kemunculan varises pada kaki memang bisa mengganggu penampilan.

Nah, sebagian kalangan berpendapat cara menghilangkan varises bisa melalui metode akupunktur. Pasalnya pengobatan tradisional asal Tiongkok ini dinilai bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah yang terhambat dan jadi penyebab varises.

Lalu, apakah benar akupuntur bisa mengatasi varises?

Apakah Varises Bisa Diobati dengan Akupunktur?

Kiat Jitu Hilangkan Varises di Kaki (Seasontime/Shutterstock)

Metode tusuk jarum alias akupunktur memang dapat memperlancar peredaran darah. Namun, hal ini hanya berlaku pada kasus varises yang masih ringan atau yang belum terlalu menonjol ke permukaan.

Ketika varises sudah banyak dan terlalu menonjol, maka akupuntur tidak bisa menghilangkan varises. Perlu tindakan medis lain untuk mengatasi hal tersebut. 

Akupunktur juga belum tentu efektif dalam mencegah timbulnya varises, karena kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam faktor seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa akupunktur dapat mencegah varises ataupun mengobati varises dengan hasil yang menjanjikan. 

Artikel lainnya: Cara Alami Mengatasi Varises

Penderita Varises Tetap Boleh Akupunktur?

Terapi Akupunktur Untuk PCOS, Efektifkah? (Borkin-Vadim/Shutterstock)

Penderita varises tetap boleh menjalani akupuntur, asalkan terapi ini dikombinasikan dengan terapi medis utama yang direkomendasikan dokter. Sebab jika hanya bergantung pada akupuntur saja dan tidak menjalani pengobatan yang tepat sesuai anjuran dokter, bisa jadi varises malah bertambah parah. 

Sebaiknya, kamu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan tindakan akupunktur. Jika diperbolehkan, carilah klinik atau dokter akupunktur yang terpercaya. Hindari tempat akupuntur yang tidak memiliki lisensi. 

Pastikan jarum yang digunakan steril dan baru untuk mencegah penularan infeksi ataupun penyakit lainnya. 

Adapun tindakan yang sudah terbukti dapat mengatasi masalah varises adalah dengan pemakaian stoking khusus varises. Ini adalah stoking kompresi yang tekanannya mesti diukur oleh dokter bedah vaskular terlebih dahulu sehingga arus darah bisa kembali normal.

Artikel lainnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Varises di Usia Muda

Varises juga bisa diatasi dengan konsumsi obat, skleroterapi, dan pembedahan. 

Sebetulnya dengan mengubah gaya hidup, kamu dapat #JagaSehatmu dan mencegah varises sejak dini. Misalnya kamu mulai mengurangi frekuensi penggunaan sepatu hak tinggi dan tidak berdiri terlalu lama.

Jadi, dapat disimpulkan, akupunktur memang sangat mungkin digunakan untuk menghilangkan varises yang masih ringan. Makin cepat diatasi, maka kemungkinan varises untuk hilang akan makin besar. Namun, jika kondisi varises sudah parah, dibutuhkan tindakan medis dari dokter.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai cara hingga titik terapi akupuntur untuk mengatasi varises, konsultasikan langsung lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

AkupunkturVarises

Konsultasi Dokter Terkait