Kehamilan

6 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Tamara Anastasia, 21 Jul 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh berolahraga? Buktinya, yoga untuk ibu hamil bisa memberi enam manfaat ini!

6 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Yoga adalah salah satu olahraga yang relatif aman dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kebugarannya. Selain dapat meningkatkan kebugaran, yoga untuk ibu hamil juga dapat membantu tubuh lebih siap menghadapi persalinan yang akan dijalani.

Menurut dr. Citra Roseno kepada KlikDokter, yoga dapat dilakukan oleh ibu hamil saat usia kandungannya sudah menyentuh usia 14 minggu. Dalam usia itu, rata-rata ibu hamil sudah lebih kuat dan keluhan muntah-muntah mulai berkurang.

Apabila sudah terbiasa mengikuti kelas yoga ketika belum hamil, Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mengikuti kelas yoga. Ya, Anda bisa melakukan yoga sendiri di rumah. Tentunya dengan memperhatikan gerakan dan posisi yoga yang aman.

“Teknik yoga yang harus dihindari misalnya gerakan memutar. Anda bisa mengonsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dulu sebelum mulai yoga,” dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter mengingatkan.

Manfaat yoga untuk ibu hamil

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil dapat membuat mood berubah-ubah. Saat Anda merasa cemas, takut, dan sakit, tubuh ibu hamil juga menghasilkan adrenalin dan sedikit oksitosin. Berlatih yoga mampu membuat Anda lebih tahan terhadap rasa sakit dan tidak mudah stres. 

Lantas, manfaat apa lagi yang bisa didapatkan ibu ketika melakukan yoga saat hamil? Dilansir dari Parents, berikut penjelasannya:

Mendukung perubahan pada tubuh ibu hamil

“Tubuh selalu berubah, termasuk pada ibu hamil. Yang berbeda, ibu hamil lebih cepat mengalami perubahan ketimbang wanita yang tidak hamil,” ujar Jane Austin, seorang guru yoga di San Francisco dan pendiri sekolah prenatal Mama Tree.

Menurut Austin, ibu hamil butuh bantuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Bantuan tersebut salah satunya bisa diberikan melalui yoga. 

Yoga dapat meregangkan otot-otot ibu hamil agar terasa lebih santai saat perut semakin membesar. Selain itu, yoga juga memperkuat tubuh ibu hamil, khususnya tubuh bagian bawah.

Bantu lancarkan persalinan

Prioritas utama dalam kelas yoga bagi ibu hamil adalah memudahkan ibu hamil saat persalinan nanti. “Saat ibu hamil merasa takut, otot-otot di sekujur tubuh akan terasa lebih tegang. Hal ini buat ibu jadi lebih sulit untuk mengeluarkan bayinya,” tutur Jane. 

Yoga membantu ibu agar lebih tenang saat menjelang maupun menjalani proses persalinan. Saat tenang, otot-otot yang terdapat pada tubuh ibu pun akan menjadi lebih relaks. 

Membantu tidur lebih baik

Sulit tidur atau insomnia mungkin merupakan gangguan tidur yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Bahkan keluhan ibu hamil sulit tidur akan bertambah seiring naiknya usia kehamilan.

Kurang tidur juga dapat memengaruhi kehamilan dan kelahiran. Lama-kelamaan, gangguan tidur akan berefek buruk pada kehamilan, seperti durasi persalinan yang lebih lama dan meningkatnya kemungkinan kelahiran caesar.

Dengan latihan yoga teratur, Anda mendapatkan tidur lebih berkualitas. Peneliti Universitas Harvard melihat efek dari 8 minggu latihan yoga reguler di antara 20 peserta yang menderita insomnia kronis.

Para peserta membuat catatan harian tidur, lalu para peneliti menganalisisnya. Hasilnya, mereka menemukan peningkatan efisiensi tidur, durasi tidur, dan waktu tidur. 

Membantu Anda memiliki kehamilan yang sehat

Sebuah studi pada 2012 menunjukan bahwa ibu yang melakukan yoga secara rutin, akan lebih mungkin memiliki bayi yang sehat dalam kandungan. Berlatih yoga juga bisa mengurangi risiko bayi lahir prematur.

Meningkatkan hubungan dengan pasangan

Stres pada masa kehamilan adalah hal yang sering terjadi. Di sisi lain, perbedaan pendapat dengan pasangan juga mungkin terjadi di antara Anda. Nah, pasangan yang berlatih yoga bersama dapat meningkatkan ikatan dan keintiman.

Namun, berlatih yoga sendiri juga dapat membantu Anda merasa tenang dan lebih terhubung dengan diri sendiri. Anda menjadi kurang emosional dan reaktif selama masa-masa ini.

Punya teman baru 

Saat mengikuti kelas prenatal yoga, Anda akan dipertemukan dengan banyak ibu hamil lainnya. Selain menambah teman baru, Anda juga bisa saling bertukar pengalaman dan pengetahuan baru seputar kehamilan.

Keenam manfaat yoga untuk ibu hamil di atas tentu patut Anda pertimbangkan. Anda mulai bisa melakukannya sendiri di rumah bila sudah mengetahui teknik dan cara yang benar. Kalau belum, Anda bisa mengikuti kelas prenatal yoga. Pastikan kelas yoga khusus untuk ibu hamil yang Anda ikuti memiliki instruktur yang sudah tersertifikasi.

Bila punya pertanyaan lain seputar topik lainnya, gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter.

[HNS/ RVS]

YogaOlahragaManfaat YogaYoga untuk ibu hamilIbu HamilHamil

Konsultasi Dokter Terkait