Sukses

Cuci Muka dengan Air Zamzam Bikin Kulit Wajah Kinclong?

Banyak yang bilang, cuci muka pakai air zamzam bisa membuat kulit wajah lebih kinclong. Apakah pendapat ini terbukti secara medis?

Klikdokter.com, Jakarta Kulit wajah yang cerah mungkin menjadi keinginan sebagian besar wanita. Pasalnya, tanpa pulasan make up berlebihan, wajah yang cerah sudah menampilkan pesona tersendiri. Tak heran, beragam cara rela digunakan untuk mendapatkan kondisi tersebut. Salah satu yang disebut efektif adalah cuci muka dengan air zamzam.

Bukan kabar baru, mencuci wajah dengan air zamzam bisa bikin kulit cerah adalah kabar yang telah ada sejak dahulu. Lantas, dari kacamata medis, apakah hal ini mungkin terjadi?

Mengenal air zamzam

Kemunculan air zamzam sangat unik. Dilansir dari berbagai sumber, ada cerita yang mengatakan bahwa air tersebut muncul di tengah padang pasir gersang. Uniknya lagi, pancaran air zamzam tidak pernah berhenti meski sudah ribuan tahun lamanya.

Setelah diteliti secara ilmiah, air zamzam ternyata mengandung kalsium dan garam magnesium yang tinggi. Air ajaib ini juga mengandung florin alami yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Bahkan, sebuah studi yang dilakukan oleh laboratorium di Amerika menunjukkan, terdapat 30 elemen dalam air zamzam.

Banyaknya elemen yang terkandung memiliki neutron untuk membangkitkan energi. Alhasil, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa air ajaib tersebut terbukti membawa kebaikan untuk kesehatan. 

Kalau sudah begitu, bagaimana dengan manfaat air zamzam bagi kondisi kulit? Apakah air tersebut mampu membuat kulit wajah menjadi lebih cerah? Terkait hal ini, dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter belum sepenuhnya setuju. Sebab, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa air zamzam dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah.

“Air zamzam memang mengandung banyak mineral. Tetapi, kalau spesifik untuk kulit, sepertinya itu belum bisa dibuktikan. Selama ini, sebagian orang memang menggunakannya untuk melindungi kulit dari sengatan panas,” jelas dr. Dery. 

Saat wajah sering terbasuh air zamzam, hal tersebut memang lebih memberikan perlindungan terhadap sinar matahari. Nah, saat wajah terhindar dari panasnya sinar matahari, otomatis kulit tidak menjadi kusam.

Selain itu, air zamzam juga dipercaya membantu meregenerasi sel kulit mati. Ketika sel kulit mati dibersihkan dari wajah menggunakan percikan air zamzam, secara otomatis wajah menjadi lebih lembut dan cerah.

Manfaat air zamzam yang telah dibuktikan

Dilansir sebuah sumber, merasakan manfaat dari membasuh wajah dengan air zamzam rupanya pernah dialami  oleh salah satu selebritas Tanah Air, Laudya Cynthia Bella. Beberapa tahun silam, kulit wanita berhijab ini pernah terbakar oleh sinar matahari selama di Makkah. Dia pun tak lupa untuk mengaplikasikan tabir surya dengan SPF 100 setiap saat, agar kulitnya tak menghitam.

Namun, karena penggunaannya berlebihan, kulit wanita yang sering disapa Bella itu justru bermasalah. Ya, kulitnya kemerahan dan terasa seperti terbakar. Alhasil, untuk mengobati kondisi itu tanpa bantuan dokter, Bella memanfaatkan air zamzam.

Selama di Makkah, ia menjadikan air zamzam sebagai toner dengan cara menuangkannya ke kapas untuk ditempelkan pada wajah. Setelah rutin melakukan treatment rumahan itu, Bella mengaku kulit wajahnya kembali seperti semula.

Mencuci wajah dengan air zamzam agar bisa bikin kulit kinclong memang belum sepenuhnya terbukti. Namun, tak ada salahnya jika Anda ingin rutin cuci wajah menggunakan air tersebut. Karena pada dasarnya, air zamzam memang sangat baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, tak heran bila air zamzam selalu menjadi buah tangan favorit ketika seseorang mengunjungi Tanah Suci.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar