Sukses

Menikmati Manfaat Telur Ikan untuk Kesehatan

Manfaat ikan untuk kesehatan tidak perlu Anda ragukan. Tapi manfaat telur ikan bagaimana ya? Adakah gunanya untuk kesehatan?

Klikdokter.com, Jakarta Jika Anda suka makan ikan, kali ini Anda harus coba telur ikan. Karena tanpa Anda sadari manfaat telur ikan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Terutama bagi Anda penggemar sushi, telur ikan tentu sudah tidak asing lagi. Butiran-butiran kecil berwarna oranye atau cokelat gelap ini kerap dijadikan penghias dan teman bersantap sushi, yang diletakkan di atas sushi tersebut.

Meskipun ukurannya kecil, ternyata telur ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Telur ikan yang biasa disajikan bersama sushi dapat diambil dari berbagai jenis ikan, seperti salmon, herring, sturgeon, dan capelin. Warna telur ikan pun dapat berbea-beda, tergantung dari jenis ikannya.

Nah, lalu apa saja sih manfaat telur ikan untuk kesehatan?

Telur ikan kaya nutrisi

Telur ikan baik untuk dikonsumsi, termasuk bagi Anda yang sedang berdiet, karena mengandung rendah kalori, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, telur ikan juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti protein, vitamin C, vitamin E, vitamin B2, vitamin B12, asam folat, fosfor, selenium, dan asam lemak omega-3.

Sekitar 30 gram telur ikan mengandung 6 gram protein. Jumlah tersebut kurang lebih sama dengan telur ayam berukuran besar (50 gram). Selain itu, telur ikan juga mengandung beberapa antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan selenium yang dapat bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh. Protein dan selenium juga berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Vitamin B12 adalah vitamin penting untuk menjaga kesehatan saraf dan otak, serta membantu pembentukan energi. Selain itu, vitamin B12 juga penting untuk membantu pembentukan DNA dan sel darah merah.

Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak baik yang dapat berfungsi sebagai antiinflamasi, mencegah pengentalan darah, menurunkan kolesterol dan lemak jahat di tubuh, serta membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang merupakan dua jenis asam lemak omega-3 juga berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan otak anak. Tiga puluh gram telur ikan salmon mengandung lebih dari 1000 miligram asam lemak omega-3, 400 mg EPA, dan 500 mg DHA.

Telur ikan salmon mengandung astaxanthin, antioksidan kuat yang memberikan warna oranye cerah pada telur ikan salmon. Astaxanthin diketahui dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, termasuk yang disebabkan oleh matahari. Selain itu, dalam telur ikan juga terkandung vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang, sendi, gigi, dan sistem kekebalan tubuh. Meskipun vitamin D dapat diperoleh di matahari – yang sangat berlimpah di negara tropis seperti Indonesia – banyak orang yang justru menghindari matahari karena takut kulitnya menghitam atau menua.

Pemakaian tabir surya pun dapat mencegah sinar matahari menembus kulit dan mengaktifkan pembentukan vitamin D. Oleh karena itu, asupan vitamin D dari makanan menjadi sangat penting.

Ada batasannya

Meskipun demikian, semua makanan yang dikonsumsi berlebihan tetaplah tidak baik, meskpun makanan tersebut diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan. Tiga puluh gram telur ikan mengandung 165 mg kolesterol, di mana “jatah” konsumsi kolesterol sehari yang dianjurkan adalah 300 mg.

Selain itu, telur ikan juga mengandung sodium yang cukup tinggi, karena dalam pemrosesannya, telur ikan terlebih dahulu direndam di dalam air garam. Tiga puluh gram telur ikan mengandung 420 mg sodium, di mana batas maksimal asupan garam harian adalah 2300 mg.

Mereka yang memiliki alergi terhadap makanan laut juga harus berhati-hati sebelum menyantap telur ikan, meskipun memang jika seseorang alergi terhadap ikan, belum tentu ia juga akan alergi terhadap telur ikan.

Nah, itu dia berbagai manfaat dari telur ikan bagi kesehatan. Bagaimana, ingin segera makan sushi sekarang? Pastikan agar Anda mengonsumsi telur ikan yang segar dan Anda sendiri tidak punya alergi terhadap telur ikan.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar