Sukses

Mengungkap Manfaat Bawang Hitam untuk Penderita Diabetes

Bawang hitam disebut-sebut mampu memberikan banyak manfaat untuk penderita diabetes. Berikut fakta medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta Bawang hitam mungkin termasuk nama yang baru Anda dengar. Padahal bawang olahan dari bawang putih ini sudah lama dimanfaatkan, terutama karena manfaat sehatnya. Sebagian penderita diabetes bahkan disebut mulai kerap memanfaatkan bawang ini.

Jika ditinjau dari sisi medis, bagaimana manfaat bawang hitam ini bagi penderita diabetes?

Diabetes, penyakit kronis yang menimbulkan komplikasi

Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang sangat umum ditemui pada masyarakat masa kini. Kondisi ini berkaitan dengan adanya masalah kesehatan lain, seperti obesitas dan kolesterol tinggi. Jika tidak tertangani, diabetes dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang merugikan kesehatan.

Diabetes, terutama diabetes mellitus tipe 2, biasanya dikaitkan dengan resistensi insulin―hormon yang berfungsi mengatur sel-sel tubuh untuk menyimpan gula agar tidak beredar dalam darah. Pada resistensi insulin, sel-sel tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif menyimpan gula. Sebagai akibatnya, kadar gula darah akan melonjak tinggi.

Kemudian, kadar gula darah tinggi menyebabkan berbagai masalah kesehatan terkait dengan diabetes. Misalnya, masalah pada pembuluh darah kecil (mikrovaskular) seperti kerusakan mata (retinopati), kerusakan ginjal (nefropati), impotensi, dan lainnya. Di samping itu, kadar gula darah tinggi akibat diabetes juga dapat menimbulkan kerusakan pembuluh darah besar (makrovaskular), yang komplikasinya berupa serangan jantung atau stroke.

Oleh karena itu, tantangan terbesar penderita diabetes adalah menjaga kadar gula darah tetap stabil. Masalahnya, hal tersebut baru bisa dicapai dengan adanya “kerja sama” dari berbagai faktor, misalnya konsumsi obat-obatan, kontrol kesehatan secara rutin, dan penerapan gaya hidup sehat. 

Di antara faktor-faktor tersebut, perubahan gaya hidup adalah salah satu yang penting dalam menunjang kesehatan penderita diabetes. Mereka yang mengalami kondisi tersebut disarankan untuk rutin berolahraga dan menurunkan berat jika kegemukan. 

Tak cukup dengan itu, penderita diabetes juga wajib menjaga pola makan dengan selalu mengonsumsi makanan segar dan penuh gizi seperti buah, sayur, sumber protein tanpa lemak, whole grain, serta lemak baik. Makanan tinggi kalori dengan nilai gizi sedikit seperti dessert atau gorengan wajib dihindari. 

Terkait pola makan, banyak bahan makanan yang diyakini bermanfaat bagi penderita diabetes. Salah satunya adalah bawang hitam. 

Bawang hitam untuk diabetes

Bawang hitam merupakan hasil fermentasi dari bawang putih pada suhu tinggi (60–90 derajat Celcius) dan kelembapan tinggi (80–90%) yang terkontrol. Bawang jenis ini memiliki kandungan zat yang sedikit berbeda dengan bawang putih.

Contohnya, bawang hitam memiliki zat S-Allycysteine (SAC) dalam konsentrasi yang tinggi. Zat ini disebut memiliki sifat anti-diabetes dan membantu penyerapan allicin (zat yang banyak ditemukan pada bawang putih) pada tubuh. Allicin itu sendiri dipercaya bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, misalnya membantu menjaga kadar gula darah tetap normal lantaran memiliki kemampuan untuk mendukung produksi hormon insulin.

Suatu studi menggunakan hewan di Korea menemukan bahwa penambahan ekstrak bawang hitam bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Tidak hanya itu, penelitian tersebut juga mendapati bahwa bawang hitam mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Manfaat tersebut diduga karena bawang putih mengandung SAC dan kandungan antioksidan yang tinggi. Memang, bawang hitam kaya akan antioksidan, bahkan dipercaya mengandung kadar antioksidan dua kali lipat dibandingkan dengan bawang putih. Adanya zat antioksidan pada suatu bahan makanan diduga berkaitan dengan penurunan risiko diabetes dan membantu mencegah terjadinya komplikasi akibat penyakit tersebut. 

Dari beberapa studi, terlihat bahwa bawang hitam bisa memberikan manfaat yang signifikan untuk penderita diabetes. Namun, perlu diingat bahwa bawang hitam tidak serta-merta menggantikan pengobatan dari dokter dan perubahan gaya hidup sehat untuk mengontrol kadar gula darah tetap normal. 

Dengan kata lain, penderita diabetes yang ingin mendapatkan efek terbaik bawang hitam, konsumsinya perlu dikombinasikan dengan minum obat antidiabetes sesuai dosis yang dianjurkan dokter. Selain itu juga harus menerapkan gaya hidup dan makan sehat, serta berolahraga secara teratur. 

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar